Aplikasi SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) Excel

SPPD adalah singkatan dari Surat Perintah Perjaanan Dinas. Untuk mempermudah membuat SPPD bisa dibuat dengan cara mail marge pada Microsoft Word. Untuk Aplikasi yang akan saya sharingkan ini menggunakan microsoft excel. Rumus utama yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah rumus vlookup.

SPPD digunakan untuk kelengkapan surat pertanggungjawaban keuangan (SPJ). Biasanya SPPD juga dilampiri juga dengan laporan kegiatan. Untuk kelengkapan SPJ biasanya dibuatkan juga surat tugas. Surat tugas dibuat atau titerbitkan dahulu, stelah itu baru menerbitkan SPPD. Didalam  SPPD terdapat beberapa hal diantaranya pemberi perintah, yang diberi perintah, maksud perjalanan Dinas, dan waktunya.
aplikasi surat perintah perjalanan dinias sppd
tampilan menu aplikasi sppd

Dikutip dari website http://daonlontar.blogspot.co.id/2013/03/sppd-dan-kesejahteraan-pns.html. Berdasarkan Permenkeu No 45/PMK.02/2007 tentang Perjalanan Dinas Jabatan Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri & Pegawai Tidak Tetap jaraknya sekurang-kurangnya 5 (lima) km dari batas kota, dan untuk lebih jelasnya Anda bisa bisa membukanya di Peraturan Menteri Keuangan tersebut.

Selanjutnya saya akan tampilkan aplikasi SPPD yang telah saya susun menggunakan program aplikasi microsotf excel. Eh gambar sudah saya posting di atas. :) Meskipun sederhana, saya cukup cepat jika membuat SPPD. Misalnya pada suatu hari ada guru yang harus segera pergi untuk keperluan tugas, maka hanya dengan 5 menit sppd sudah siap di print out. Adapun file sppd excel ini terdiri dari beberapa sheet.

1. Sheet Menu: Disheet ini terdapat data sekolah, yang data ini akan digunakan untuk pembuatan kop surat. Selaiin itu terdapat link-link untuk menujut sheet lainnya, seperti sheet cetak, sheet data sppd, dan link ke blog :)

2. Sheet data sppd: Pada Sheet ini kita memasukan data sppd ke dalam tabel, data pegawai dimasukan pada tabel sendiri, sehingga apa bila kita memeilih pegawai pada tabel sppd maka otomatis pangkat dan golongan akan otomatis terisi. Di tabel ini juga kami gunakan tombol vba macro kalender, sehingga ketika kita hendak mengisi tanggal kita bisa langsung klik tombol tersebut.

3. Sheet cetak SPPD. Pada sheet cetak SPPD ini, kami mebuat blangko SPPD berserta Laporan Perjalanan dinas, tiap daerah bisa saja berbeda format, namun intinya tetap sama. Disini kita mengambil data dari tabel data SPPD. Rumus yang digunakan adalah rumus excel vlookup.

Tampilan Aplikasi

link: https://youtu.be/FCsZV2x3nv0

Fitur Aplikasi
  1. Ringan (file kecil  kurang lebih 100kb)
  2. Simpel Rumus unhide (bisa disesuaikan sendiri)
  3. Auto save seblum di close (macro)

Rumus yang digunakan
Rumus yang digunakan pada aplikasi ini utamanya adalah fungsing vlookup dari sebuah tabel data.


Download Aplikasi.
Untuk mendownload aplikasi SPPD excel ini bisa klik tautan http://deuniv.blogspot.co.id/2016/05/aplikasi-sppd-format-excel.html

Demikian postingan tentang aplikasi sederhana SPPD dengan format excel, kritik dan saran tetap kami harapkan, dan semoga bermanfaat.
Komentar Via Facebook

0 Response to "Aplikasi SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) Excel"

Post a Comment

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.