Thursday, June 30, 2016

Aplikasi Administrasi UTS UAS UKK Excel

Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.
Pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang aplikasi administrasi UTS UAS UKK. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat adminstrasi Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Apabila kita sudah membuat administrasi UTS menggunakan aplikasi ini. Maka untuk selanjutnya kita bisa mudah membuat administrasi UAS, UKK, untuk tahun pelajaran yang sama, karena kita telah mamasukan nama siswanya. Dengan aplikasi ini kita hanya memilih administrasi apa yang akan dibuat, maka selanjutnya akan otomatis terisi jenis adminstrasinya.

Aplikasi ini dibuat menggunakan microsoft excel 2007 dan menggunakan rumus formula yang simple atau yang sering digunakan sehingga bisa dijalankan pada microsoft excel 2007, excel 2010, maupun excel 2013. File ini juga cukup ringan. Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari beberapa sheet yang dimana masing sheet tersebut dibuat per halaman berdasar file word administrasi UTS, UAS, dan UKK. Namun untuk SK Panitia tidak saya masukan ke sheet excel karena untuk SK lebih rapi di buat menggunakan Word, dan juga di tempat saya File SK ada folder tersendiri karena merupakan hal yang penting, dan supaya mudah dicari.
aplikasi administrasi format excel uts uas ukk
Tampilan Sheet Menu

Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari berberapa sheet. Dimana pada sheet menu merupakan sheet untuk data utama, seperti data sekolah, nama kepala sekolah, memilih jenis administrasi, tahun pelajaran, dan tanggal pembuatan administrasi. Data ini nantinya sumber data untuk sheet lainnya yang akan terisi secara otoatis, ada Sheet Daftar Isi, Sheet Tata Tertib Pengawas, Sheet Tata Tertib Peserta, Sheet Jadwal, Sheet Daftar Pengawas, Sheet Rekap Peserta, Sheet Daftar Peserta, Sheet Denah Lokasi, Sheet Tempat Duduk, Sheet Kode Bel, Sheet Daftar Hadir, Sheet Daftar yang tidak mengikuti, Sheet Cover.
Namun tidak semuanya otomatis, misal kita harus masih menentukan jadwal.

Download Aplikasi UTS - UAS - UKK Format Excel

Untuk mendownload aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini, silahkan kunjungi link berikut:
Link Download

Untuk melihat Videonya  penggunaan aplikasi melalui link youtube berikut:
Link Video https://youtu.be/ZmztBDGEJSg

Aplikasi ini masih banyak kekurangan, kritik dan saran kami terima dengan baik.
Sekian postingan ini, semoga bermanfaat

Tuesday, June 28, 2016

Kebijakan Dapodik Data Peserta Didik Tahun 2016

Sambil menunggu berbuka puasa, tidur memang ibadah, apalagi melakukan kegiatan tambah ibadah, tentunya bukan kegiatan maksiat loh ya.. Oke langsung saja, ke postingan yang intinya tentang cara penerbitan NISN mulai Tahun Pelajaran 2016/2017. Saya kan ketik kan Surat dari Kemdikbud Nomor : 31966/A/LL/2016 Tanggal 27 Juni 2016 Perihal Kebijakan Pengelolaan Data Perserta Didik.
kebijakan data peserta didik dapodik 2016

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
u.p. Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK-Datadik)
di seluruh Indonesia

Berdasarkan Permendikbud Nomor: 79 Tahun 2015 tentang Dapodik dan memperhatikan perkembangan pengelolaan data Peserta Didik dalam pemberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) telah melakukan koordinasi dengan pengelola Dapo-Dikdasmen dan Dapo-PAUD_Dikmas serta Unit Kerja terkait lainya dengan hasil kesepakatan sebagai berikut:

1. Seluruh Data Peserta Didik (PD) yang belum memiliki NISN dan telah mengisikan data ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen pada tahun 2015, akan secara otomatis diberikan NISN;

2. Peneribitan NISN akan dilakukan oleh PDSPK di setiap tahun ajaran baru dengan ketentuan:

a. bagi PD tingkat 1 SD, tingkat 7 SMP, dan tingka 10 SMA/SMK dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen oleh Operator Sekolah;
b. bagi PD baru di sekolah TK Kelompok A dan B akan diberikan NISN dengan catatan datanya telah diisikan ke dalam Aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh Operator Sekolah;
c. bagi PD jentang kesetaraan Paket A, B, dan C akan diberikan NISN dengan catatan bahwa datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-PUD-Dikmas oleh Operator Sekolah

3. Waktu pengisian data Peserta Didik baru ke dalam aplikasi Dapodik diatur sebagai berikut:
a. untuk Dapo-Dikdasmen dapat dimasukan sebelum akhir Bulan September pada tahun ajaran yang sama;
b. untuk Dapo-PAUD-Dikdas dapat dimasukan sebelum akhir Bulan November pada tahun ajaran yang sama.

4. Apabila pengisiandata peserta didik baru tersebut, belum selesai dalam batas waktu serperti yang dimaksud pada butir 3 di atas, maka penomoran NISN akan diberikan pada tahun ajaran berikutnya;

5. Bagi peserta didik yang belum memiliki NISN dan/atau pindahan setelah waktu yang telah ditetapkan seperti dalam butir 3 dan 4 diatur sebagai berikut:
a. berasal dari sekolah di luar Kemendikbud, dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk pengajuan NISN peserta didik yang bersangkutan;
b. berasal dari sekolah Luar Negeri, dapat melengkapi dokumen melalui Sekretariat Ditjen Dikdasmen untuk mendapatkan Surat Keterangan Penyetaraan. Selanjutnya diajukan penerbitan NISN oleh Setdijen Dikdasmen dan PDSPK akan menerbitkan NISN bagi peserta didik yang bersangkutan.

6. Hasil pengelolaan data peserta didik dapat dilihat operator sekolah pada aplikasi VervalPD melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Saudara untuk dapat mensosialisasikan dan menginformasikan kepada seluruh Operator Sekolah yang ada di wilayah unit kerja Saudara.

Atas perhatian Saudara dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih

Sekretaris Jendral,

Didik Suhardi
NIP.*********************

Tembudan Yth:
1. Dirjen Dikdasmen;
2. Dirjen PAUD dan Dikmas
3. Kepala Balitbang

Itulah surat tentang Pengelolaan Data Peserta Didik yang dapat kami posting, semoga operator sekolah dapat bekerja dengan nyaman dan dapat bermanfaat. Semoga juga dengan data yang baik dapat meningkatkan Pendidikan di Negeri Indonesia. Dan semoga operator sekolah selalu sehat dan berkah.





Update Buku Panduan Verval NISN Tahun 2016

Download langsung



Source / Sumber:
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/dokumen/20160627013430_img-627082949.pdf

Monday, June 27, 2016

PERSIAPAN MENYONGSONG DAPODIK 2016 2.5.3

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah saudara... kita masih diberikan nikmat sehat...

Pada kesempatan ini saya akan sedikit informasi tentang dapodik 2016.  Informasi dapodik 2016 telah tersebar melalui jejaring media sosial. Ini bagus sobat,.. jadi kita bisa tahu apa-apa yang harus kita lakukan untuk dapodik tahun 2016. Jangan sampai kita salah melakukan action. Untuk itu beriktu ini saya ikut posting.
logo database dapodik


_
Yth. Bapak/Ibu
1. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
2. Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
di seluruh Indonesia
_
Assalamu alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
_
Menindaklanjuti persiapan upgrade database dapodik dari versi 2.4.7 menjadi 2.5.3 yang kemudian diikuti dengan maintenance server dan perbaikan/penyesuaian aplikasi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator sekolah, di antaranya:

_
///Tanggal 24 – 30 Juni 2016
Mengingat batas waktu untuk perbaikan data dapodik untuk kebutuhan data Transaksi di Ditjen. GTK dan masa aktif periode genap tahun pelajaran 2015/2016 akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2016, maka kami berharap operator Sekolah melakukan sinkronisasi sebelum batas yaitu tanggal 30 juni 2016 Pukul 23.59 WIB.
Ingat shobat,,, jangan lupa centang keaktifan PTK sampai bulan Juni ya....
_
Kemudian kami mohonkan agar informasi batas pengiriman data seperti diatas disampaikan kepada teman teman operator lainnya mengingat pada aplikasi baru nantinya tanpa rilis aplikasi “updater” dan langsung menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen “Installer” serta menggunakan prefill baru.
Nah nanti pada aplikasi baru 2016 kita instal ulang shobat,,, aplikasi dapodiknya
_
///Tanggal 1 sd 17 Juli 2016
Upgrade Database Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen dari 2.4.7 menjadi 2.5.3. Sekolah diharapkan untuk menyiapkan Dokumen pendukung untuk entri data kelas I, VII atau X dan TIDAK DIIJINKAN melakukan proses sinkronisasi.
 Nah disini kita bisa menyiapkan dokumen termasuk membagikan formulir dapodik ke peserta dapodik, oh iya ini ada Formulir Dapodik Untuk Peserta Didik Format Excel, tapi jangan lupa diedit dahulu, dan tambah juga form entrykan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bila perlu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

_
///Tanggal 18 Juli 2016
Rilis Aplikasi baru Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen.
Pastikan Anda Mendownload file Installer terbaru ya shobat... Agar lebih yakin hanya mendownload di situs resminya ya...  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
_
Kami mengingatkan kembali bahwa kelulusan siswa kelas VI, IX dan XII Tahun 2015/2016 termasuk input data untuk siswa baru kelas I, VII dan X tahun 2016/2017 dilakukan setelah referensi tahun pelajaran 2016/2017 diaktifkan. 

Ini Shobat... penting jangan melakukan aksi input data dahulu di versi dapodik 2015.

Informasi pembukaan tahun pelajaran 2016/2017 secara teknis akan disampaikan melalui website resmi pendataan di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id atau http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu operator sekolah, Kami ucapkan terima kasih.
_
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah itulah yang bisa saya posting semoga bermanfaat.

Sunday, June 19, 2016

KUMPULAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 REVISI

Kurikulum 2013 atau yang sering disebut kurtilas, saat tulisan ini ditulis belum diberlakukan seluruhanya, hanya beberapa sekolah yang menerpakan kurikulum 2013. Dan tahun 2016 ini, Kemdikbud masih mengadakan pelatihan instruktur kurikulum 2013. Nantinya instruktur ini akan menjadi pembimbing di tiap daerah atau menyebarkan ilmunya tentang kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah direvisi, sebelumnya beredaar kabar namanya akan diganti menjadi kurlikulum nasional, namun nama kurikulum tetap yaitu Kurikulum 2013. Beberapa info terkait kuriulum 2013 yang telah direvisi saya dapatkan di jejaring sosial dan menjadi viral dan sudah di posting di beberapa blog, sebagai berikut.

logo kurtilas
logo kurikulum 2013
  Ini dari pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013 antara lain sebagai berikut :
  1. Nama Kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional tetapi menggunakan nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompetensi Inti ( KI ) tetap dicantumkankan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
  3. Jika ada 2 (dua) nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar (KD), maka yang diambil adalah  nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, dan portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama;
  4. Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan;
  5. Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih ramping hanya 3 (tiga) kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran;
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 (satu) dan penilaian akhir tahun untuk semester 2 (dua). Dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester;
  7. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yg digunakan, dan materi dibuat dlm bentuk lampiran berikut dgn rubrik penilaian (jika ada);
  8. Skala penilaian menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dlm bentuk predikat dan deskripsi;
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedi inilah yang dicantumkan dalam hasil;

 Demikian sekilas info.
Itulah beberapa info terkait Kurikulum 2013 Edisi Revisi, dan selanjutnya akan saya posting link download dokumen kurikulum 2013 melalui hasil pencarian di Internet. Karena beberapa guru maupun operator sekolah. Cara mendownload mudah kopikan alamat linknya ke webbrowser karena kami tidak langsung membuat link aktif.

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar ( SD )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoT0dMNTgzRlZTUVE

Panduan Penilaian  Untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoZTBGU1Y3UFhWeUU

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas ( SMA )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoMmVRbmRxTjFWSDA

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoekw3dldVbTlXQUU

Panduan Penyusunan RPP Kuriulum 2013
https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B4zhmdo4yiNlejVfbXhUYUlqazA
Pengertian RPP:
  • Rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013: 37)
  • Rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
  • Dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). (Kemdikbud, 2013: 9)

DOWNLOAD LENGKAP MATERI PELATIHAN KURIKULUM 2013


LINK DOWNLOAD

KLIK LANGSUNG UNTUK MENDOWNLOADNYA

kurtilas tahun 2016


SILABUS

  1. Silabus Tematik Terpadu_Versi120216
  2. Silabus PA Islam dan BP SD_versi 120216
  3. Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SD_versi 120216
  4. Silabus Katolik SD_VERSI 140216
  5. Silabus PA Hindu dan BP SD versi 120216
  6. Silabus Pendidikan Agama Buddha dan BP SD_versi 120216
  7. Silabus  Agama Khonghucu SD_Versi 120216
  8. Silabus PPKn SD versi 110216
  9. Silabus B-Indo SD_Versi120216
  10. Silabus Matematika SD_Versi 120216
  11. Silabus IPA SD_Versi 120216
  12. Silabus IPS SD_Versi 120216
  13. Silabus SBdP SD versi 120216
  14. Silabus PJOK SD_versi 120216 
  15. Silabus INTEGRASI KELAS VI KURTILAS

Semoga kedepannya halaman ini selalu di update,,, :)

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bisa sedikit mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam mencari dan mendownload dokumen kurikulum 2013 edisi revisi.

update postingan: 10/6/2016

PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013

Coba cari perangkat pembelajaran promes untuk kurilulum 2013. Dan berikut ini link downloadnya yang saya posting dari kelas 1 sampai kelas 6, silahkan langsung klik dan download,
program semeseter kurikulum 2013

1. Promes Kelas 1 Kurtilas
2. Promes Kelas 2 Kurtilas
3. Promes Kelas 3 Kurtilas
4. Promes Kelas 4 Kurtilas
5. Promes Kelas 5 Kurtilas
6. Promes Kelas 6 Kurtilas
- Promes Kelas 6 Semester 1 k13

PROGRAM TAHUNAN (PROTA) KURIKULUM 2013


program tahunan kurikulum 2013
Download link
1. Prota 1 Kurtilas
2. Prota 2 Kurtilas
3. Prota 3 Kurtilas
4. Prota 4 Kurtilas
5. Prota 5 Kurtilas
6. Prota 6 Kurtilas
- Prota Kelas 6 Semester 1 K13

download Daftar Kompetensi Dasar (KD) Perkelas

BUKU TEKS KURIKULUM 2013 GURU DAN SISWA REVISI DRAFT

Meskipun file ebook buku kurtilas ini masih draft buku ini bisa digunakan Nantinya juga sudah filnal tentunkan akan di posting dan dipajang di situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemdikbud.
buku bse kurikulum 2013 revisi

 Dan berikut ini link downloadnya:

Kelas 1 Tema 1 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 1 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 2 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 2 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 3 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 3 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 4 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 4 Buku Siswa.pdf


Kelas 4 Tema 1 Buku Guru
Kelas 4 Tema 1 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 2 Buku Guru
Kelas 4 Tema 2 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 3 Buku Guru
Kelas 4 Tema 3 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 4 Buku Guru
Kelas 4 Tema 4 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 5 Buku Guru
Kelas 4 Tema 5 Buku Siswa

Source / Sumber / Upload by:
http://www.opssekolahkita.com/2016/01/download-administarsi-guru-panduan.html
www.google.co.id
http://www.kurikulum2013.net/2016/02/rpp-sd-kurikulum-2013-kelas-1-semua.html
http://www.kurikulum2013.net/2016/06/silabus-sd-revisi-2016-kurikulum-2013.html 
http://www.s3mlah.com/2015/09/download-program-tahunan-dan-program.html 
https://kurikulum2013sd.wordpress.com/category/aplikasi-penilaian-sd/


Kebanyakan file tersebut diatas di simpan di google drive, jika Anda masih belum familiran tentang google drive silahkankan kunjungi postingan tentang: Media Penyimpanan File Online Google Drive

UNTUK DOKUMEN PENENTUAN KKM LENGKAP, SILAHKAN MENUJU LINK BERIKUT:
http://tasadmin.blogspot.co.id/2016/06/aplikasi-untuk-menghitung-kkm-sd.html

oh iya,, like juga ya,, dengan tombol dibawah ini.. biar semangat update... :) makasih...

MEMBUAT SURAT PENGANTAR.

Kembali lagi dengan postingan di blog tasADMIN. Pada kesempatan ini saya akan memposting tentang surat pengantar dan contohnya. Pada postingan sebelumnya telah diposting tentang surat keterangan. Sebagai tenaga administrasi tentunya pernah membuat surat pengantar, contohnya surat pengantar laporan pertanggungjawaban keuangan atupun surat pengantar lainnya. Untuk Sekolah mungkin tidak banyak membuat surat pengantar, karena surat pengantar biasamya dibuat untuk menyampaikan surat edaran, ataupun surat keputusan dari lembaga atau instansi atasan seperti Bupati, Dinas, Kementrian, dll.
tulisan surat pengantar

Kata pengantar dibentuk dari kata dasar antar dan awalan peN-. Kata pengantar bermakna:
  1. Orang yang mengantarkan;
  2. Alat untuk mengantar;
  3. Pendahuluan umum secara ringkas sebagai pendaguluan (isi buku, ceramah)

Surat pengantar berfungsi mengantarkan sesuatu. Sesuatu yang diantarakan dapat berupa barang, buku, surat, dan berkas yang lain. Surat pengantar itu dan barang yang diantarkan seperti orang yang berjalan beriringan. Ada bentuk tertentu yang sangat lazim digunakan dalam surat pengantar (yang bukan berbentuk balngko). Bentuk tertentu itu adalah bersama ini atau bersama surat ini. Penggunaannya sebagai berikut.

1. Bersama surat ini kami kirimkan surat tugas atas nama Dra. Ratna Indriani yang Saudara kirimkan beberapa hari yang lalu.

2. Karena siswa-siswi Saudara banyak yang berminat memiliki Lembar Komunikasi, bersama ini kami kirimkan Lembar Komunikasi edisi terakhir.

3. Bersama ini kami sampaikan surat edaran Menteri Pendidkan dan Kebudayaan nomor 37/MPK/1993, tanggal 27 Februari 1993 tentang pekerjaan jasa cetak dokumen pendidikan.

4. Dengan hormat, bersama ini kami sampaikan fotokopi surat Kepala Biro Perlengkapan  Setjen Depedikbud tanggal 12 Juni 1992, nomor 31870/A4/F/1992 agar surat itu diketahui dan dipedomanii dalam pembuatan kebijaksanaan.

5. Berkaitan dengan surat dari Direktur Utama PT Ngestimulya tanggal 23 Mei 1993, nomor 10/NM/V/1992 dan surat dari Direktur Utama PT Bayu Adji Utama tanggal 25 Mei 1992 nomor 49/BA/1992, perihal penawaran perumahan, bersama ini kami sampaikan fotokopi brosur penawaran perumahan yang terletak di dusun Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul dan perumahan Naga Asri Permai di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Dalam contoh kalimat 1 dan 2, digunakan bentuk kami kirimkan dan dalam contoh kalimat 3,4,dan 5 digunakan bentuk kami sampaikan. Karena kata mengirimkan bermakna menyampaikan dan kata menyampaikan dapat bermakna mengirimkan, bentuk  kami kirimkan dan kami sampaikan merupakan sinonim, yaitu dua bentuk yang bermakna sama. Oleh sebab itu, kedua bentuk itu dapat digunakan.

Sesudah mengirimkan sesuatu, subjek surat (pengirim surat) lazim mempunyai harapan-harapan tertentu yang berkaitan dengan pengirimannya. Harapan-harapan semacam itu dapat dituangkan dalam kalimat pentutup surat pengantar seperti berikut ini.
  1. Semoga buku-buku itu dapat melengkapi perpustakaan Saudara.
  2. Mudah-mudahan buku-buku itu bermanfaat.
  3. Mudah-mudahan edaran itu dapat dipedomankan.
  4. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Dan berikut ini adalah contoh surat pengantar.
(belum tersedia)

Demikanlah tentang surat pengantar dengan contohnya, semoga dapat berguna. Terima kasih telah mengunjugi blog ini, semoga bermanfaaat.

Referensi / Source
Buku Bahasa Surat Dinas

Wednesday, June 15, 2016

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kab Purworejo Tahun 2016 Online

PPDB adalah singkatan dari Penerimaan Pesesta Didik Baru, sering disebut juga dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB). Pada tahun ajaran 2015 2016 hampir semua Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Purworejo melaksanakan PPBD secara transparan itu terlihat dari dipajangnya secara online dan realtime jurnal penerimaan peserta didik baru. Orang tua dan siswa bisa memantaunya dari manapun dengan menggunakan komputer, laptop, maupun smart phone.
ppdb online kab purworejo 2016
tampilan website ppdb
Untuk pertamakalinya PPDB di Kabupaten menggunakan sistem online yang saling terintegrasi dengan sekolah-sekolah yang menyelenggarakan PPDB Online ini. Pun sebelumnya untuk SMP di Kabupaten Purworejo dari tahun 2013 mengonlinekan jurnal PPDB secara baik dan tanpa berjalan dengan lancar. Untuk tahun 2016 di Kabupaten Purworejo menggunakan PPDB online menggunakan platform SIAPKU Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan yang diselenggarakan Telkom Indonesia untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Tata cara, junral, maupun jadwal PPDB Online Tahun 2016 Kabupaten Purworejo bisa dilihat langsung melaui alamat link portalnya di https://purworejo.siap-ppdb.com. Secara umum tata cara ppdb online ada 4 (empat) tahapan sebagai berikut:
  1. Calon siswa mengambil dan mengisi formulir pendaftaran;
  2. Calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran, operator melakukan entri data pendaftaran;
  3. Calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran;
  4. Calon siswa melihat secara onlin, kapan saja, dan dimana saja jurnal seleksi PPDB.
Oh iya saya akan sharingkan tambahan point bagi siswa yang berprestasi atau yang memperoleh kejuaraan lomba bidang Akademik maupun Non Akademik yang dikutip dari Juknis atau Pedoman PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Bonus nilai prestasi ini sebagai  penghargaan dan pembinaan prestasi calon peserta didik dan untuk motivasi juga. Bonus prestasi ini berlaku untuk semua jenjang. Dan berikut ini tabel bonus nilai prestasi.
bonus nilai siswa berprestasi

VIDEO

Demikianlah posingan tentang PPDB Online Kab. Puworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga dapat menjadikan lebih mudah dan dapat berjalan dengan lancar. Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

Tuesday, June 14, 2016

APLIKASI UNTUK MENGHITUNG KKM SD LENGKAP

KKM adalah singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM ini selain terdapat pada Kurikulum 2006 (KTSP) juga terdapat pada Kurikulum 2013. Namun untuk kurikulum 2013 cara penentuannya saya belum mengetahui. Karena untuk menentukan KKM tidaklah sembarangan, atau hanya asal. Penentuan harus dihitung dan dirapatkan bersama anatar KS, Guru, dan Tenaga Kependidikan, selaiin itu sekolah juga harus mempunyai bukti fisik akan penentuan KKM ini. Karena terkadan penyusunan KTSP dilakukan namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam penentuan KKM ini termasuk dokumen dan administrasinya. Untuk mermpermudah penentuan KKM ada aplikasi berformat excel yang saya temukan melalui mesin pencari google.
Aplikasi untuk menentukan KKM
Tampilan Aplikasi KKM

Melalui aplikasi kkm yang dibuat menggunakan excel ini, cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya tinggal memasukan angka rentang nilai pada kolom yaitu:
  1. Kompleksitas
  2. Sumber Daya Pendukung Pendidik
  3. Sumber Daya Dukung Sarana dan Prasarana
  4. Intake (Potensi Siswa)
Semua kolom tersebut diisi semua untuk per Kompetensi Dasar dalam satu pelajaran dimaksud. Penentuan KKM ini dilakukan per Mata Pelajaran. Setelah rentang nilai dimasukan per KD makan akan otomatis prosentase ketuntasan KD akan terhitung. Selanjutnya jumlah prosentase ketuntasan KD dibagi dengan jumlah KD yang ada. Dengan itu maka akan terhitung (ketemu bahasa jawane) KKM atau Kompetensi Ketuntusasan Minimal Mata Pelajaran Tersebut.

Dan berikut ini adalah contoh rentang nilai setiap kriteria kompleksitas, daya dukung, dan intake (potensi siswa)
  • Tinggi = 1 Rentang Nilai = 40 - 64
  • Sedang = 2 Rentang Nilai = 65 - 80
  • Rendah = 3 Rentang Nilai = 81 - 100
Selanjutnya saya akan tuliskan link download aplikasi KKM dari kelas I (satu) - VI (enam). Aplikasi ini berformat excel dan di simpan pada google drive.
  1. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas I (satu)
  2. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas II (satu) 
  3. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas III (satu)  
  4. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas IV (satu) 
  5. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas V (satu) 
  6. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas VI (enam
  7. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjasorkes) 1-6
  8. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Agama Islam (PAI ) 1-6
Itulah tentang aplikasi KKM yang dapat saya postkan pada kesempatan ini, mudah-mudahan ini dapat mempermudah dalam menyusun KKM pada Tingkat Satuan Pendidikan, yang nantinya KTSP dapat tersusun dengan tepat waktu dengan dokumen bukti fisik yang lengkap, sehingga jika suatu saat ditanyakan saat akrediatasi sekolah maupun kinerja kepala sekolah sudah siap. Jika link tersebut diatas tidak bisa dibuka Anda bisa memberitahukan kepada kami. Semoga bermanfaat.

APLIKASI PENENTUAN KKM SD KURIKULUM 2016

Berikut ini link downloadnya
Kelas 1, Kelas 2, Kelas 4, Kelas 5 Download
Kelas 3
Download KKM Kelas 6




Source / Sumber / Upload by:
http://kkgjaro.blogspot.co.id/2015/05/aplikasi-kkm-sekolah-dasar-terbaru.html?m=1 
http://www.gurusd.net/2015/12/download-kkm-kurikulum-2013-hasil.html

Monday, June 13, 2016

CARA PRINT BOLAK BALIK DOKUMEN

Terima kasih, sudah menyempatkan waktu untuk mengunjugi blog tasADMIN dengan judul postingan  Cara Print Bolak Balik Dokumen. Terkadang karena suatu maksud kita inginkan agar kita mencetak atau print dokumen dengan cara bolak balik. Alasan paling utama sepertinya untuk menghemat kertas hehe.. dengan alasan lain untuk save word. Save word atau go green, ini juga penting. Kertas yang kita gunakan berasal dari tumbuhan kayu. Dan saya pernah baca untuk satu lembar kertas itu dibutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu kita juga harus berhemat kertas.

Baiklah langsung saja kita sharing bagaimana cara ngeprint bolak - balik. Untuk artikel tentang kertas save word go grean bisa Anda buka sendiri melalui mesin pencari google.

Cara mencetak atau print bolak balik menggunakan printer canon, dan tipe printernya adalah  Canon MP250 series.


1. Siapkan atau buka dokumen yang akan dicetak (pasti dong.. hehe). Tekan tombol CTRL + P untuk menampilkan kotak dialog print. Kita pilih Propertis
CTRL P kotak dialog print.
tampilan kotak dialog print

2. Setalah itu masuk ke tab menu Quick Setup --- additoonal feature pilih Duplex Printing --- kemudian OK
Duplex Printing untuk print bolak balik

3. Setelah itu printer akan mencetak dokumen secara bolak balik. Yang perlu diketahui proses pintnya yaitu misal: Kita akan mencetak sepuluh lembar halaman, atau mencetak bolak balik dari halaman 1 sampai dengan 10. Printer akan mencetak 5 lembar (halaman 1, 3, 5, 7, dan 9) dahulu kemudian berhenti, pada saat itu kita ambil dan masukan lagi ke input kertas pada printer secara terbalik. Lalu berapa lama printer akan berhenti pada cetakan halaman 5 tersebut? Pada saat lima lembar halaman  selesai tercetak akan ada pemberitahuan dari printer, sebelum kita pilih atau jawab OK maka belum akan melanjutkan mencetak. Setelah di pilih OK maka printer akan melanjutkan mencetak halaman selanjutnya (halaman 2, 4, 6, 8, dan 10).

Itulah mudahnya mencetak atau print halaman bolak balik pada microsoft word menggunakan printer canon. Bila belum jelas dengan cara saya mencampaikan bagaimana printer mencetak langsung saja praktekan, intinya kita pilih dahulu duplex printing.

Sekian, ada kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat khususnya untuk operator sekolah, tenaga kependidikan, tenaga pendidik, dan pada umumnya untuk pembaca. Terima kasih atas perhatiannya.

Sunday, June 12, 2016

Aplikasi Guru Pembelajar Daring Kemdikbud

Terima kasih telah membuka postingan ini, langsung saja saya akan menulis tentang Aplikasi Guru Pembelajar Daring. Portal halaman aplikasi website Guru Pembelajar Daring GP daring adalah http://gurupembelajar.kemdikbud.go.id/ . GP daring ini merupakan milik atau dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemdikbud), tentu saja.. karena berdomain kemdikbud.go.id. Pada halaman utama aplikasi GP daring ini dapat diperoleh beberapa informasi diantaranya:
link website aplikasi guru pembelajar daring
tampilan website guru pembelajar

1. Aplikasi Guru Pembelajar Daring ditujukan untuk Guru dan Kepala Sekolah. Disini belum ada keterangan tentang Tenaga Kependidikan Tenaga Administrasi Sekolah, harapan saya si juga biar ada dong.. hehe.

2. Guru Pemberlajar sepanjang hayat yang terus menerus berkonstribusi pada masyarakat dan lingkungannya

3. Aplikasi GPDaring maksudnya atau merupakan singkatan dari Guru Pembelajat moda Dalam Jaringan. Daring merupakan akronimnya  dalam Jaringan.

4. Aplikasi ini terkait dengan Uji Kompetansi Guru (UKG) tahun 2015. Dengan website ini diharapkan untuk meningkatkan kompetensi guru.

5. Aplikasi Guru Pembelajar Daring dibuat oleh seorang guru berprestasi, dan juga dibuat dalam bentuk aplikasi android .apk yang bisa didownload secara geratis di Google Play.
tampilan aplikasi guru pembelajar apk

6. Dengan GP daring ini guru-guru dibawah naungan Kemdikbud bisa saling bertukar ilmu pengetahuan, informasi, maupun pengalaman.

7. GP daring juga mempunyai komitmen anti korupsi
gambar ilustrasi tentang komitmen anti korupsi

8. GP daring untuk mendayagunakan TIK.  Untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, Mendikbud berharap banyak muncul solusi-solusi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

 Selanjutnya bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan fasilitas ini. Buku petunjuk atau manual penggunaan aplikasi guru pembelajar juga sudah lengkap tentang manual admin, manual pengampu dan mentor, manual peserta, aplikasi android guru pembelajar, modul dasar TIK dan V-cube Seminar Audience 2016. VCUBE adalah perusahaan telokomunikasi asal jepang yang fokus tentang layanan konfrensi web. Panduan vcube seminar, menjelaskan tentang alat-alat dan fungsinya untuk mengadakan konferensi website, seperti webcam dan lainnya. Semua panduan ini dapat anda download pada halaman http://konten.elearning.id/mod/forum/discuss.php?d=1707
panduan lengkap aplikasi guru pembelajar daring

Username dan Password Guru Pembelajar Daring

Untuk bisa mengkases aplikasi guru pembelajar daring tentunya kita harus login terlebih dahulu, namun disini tidak terdapat menu pendaftaran atau registrasi. Kemungkitan username dan password sudah disediakan dengan database yang telah dimiliki Kemdikbud, saat tulisan ini ditulis belum ada yang mengshare tentang username dan password. Berikut ini tampilan login guru aplikasi website guru pembelajar moda daring.
form login aplikasi guru pembelajar daring
Namun disana terdapat menu login as guest atau login sebagai tamu atau pengunjung. Dengan ini kita bisa login dan membuka aplikasi tersebut, namun tentu saja fiturnya tidak selengkap apabila kita telah mempunyai username.

buku modul aplikasi gp daring ukg
update 11/7/2016


Modul Guru Pembelajar Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Sebagai bahan materi pembelajaran dalam Aplikasi Guru Pembelajar Daring maupun tatap muka, memuat materi UKG kelas Tinggi


Demikianlah postingan di blog ini tentang Aplikasi Guru Pembelajar Moda Dalam Jaringan (Daring). Semoga aplikasi ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sekian, terima kasih

UPDATE Postingan tentang aplikasi, yang kebetulan viral di jejaring sosial
update postingan 28-8-2016

Beberapa hal (awal) yangg perlu dipahami terkait dengan "Program Guru Pembelajar"

1. Istilah Guru Pembelajar (GP) adalah sebutan utk kita sbg guru yg kemudian disebut sbg peserta.
Mengapa kita disebut sbg Guru Pembelajar? Karena pd prinsipnya pengembangan keprofesian harus berawal dr guru sendiri bukan dr luar guru/dinas.

2. Istilah Daring, kepanjangan dr Dalam Jaringan, sbg pengganti istilah online, jadi Daring = Online.

3. Istilah lain yaitu Luring= Luar Jaringan, sebagai pengganti istilah offline, jdi Luring = Off line.
Istilah lain adalah Surel, yaitu Surat Elektronik, sbg pengganti email. Jdi Surel = Email
Mhn utk mensosialisasikan istilah Daring, Luring, dan Surel sbg pengganti Online, Offline dan Email.


4. Setiap GP harus menyelesaikan modul yg setara dg 60 JP, 1 JP = 1 x 60 menit, yg dpt diselasaikn sekitar 1,5 bulan. 60 JP setara dg nilai 1 dlm Angka Kredit.


5. Ada 10 kompetensi yang harus dikuasai guru. Kompetensi yg "warna merah" yg hrs diselesaikan oleh guru utk "diklik" maka akan muncul modul yg hrs dikerjakan...
 

 6. Ketentuan 10 kompetensi yg "warna merah" adalah :
8-10 : mengikuti full Tatap Muka
6-7 : mengikuti Kombinasi, Daring dn Tatap Muka
3-5 : mengikuti Daring
0-2 : sbg pendamping
 

7. Star awal pelaksanaan Program GP dimulai, ketika P4TK sdh "selesai" dlm menyiapkan Guru Pengampu/IN/Mentor, (sekitar awal/akhir Agustus 2016).
Demikian info awal utk dipahami bersama. Trima kasih.


INFO PENTING......
Jumlah Modul di bawah KCM (Kriteria Capaian Minimal) 8 s.d 10 (Tatap Muka), 6 s.d 7 (Daring Kombinasi), 3 s.d 5 (Daring), 0 s.d 2 (Calon Instruktur)
Ket :  berdasarkan kuota tiap wilayah
KETERANGAN ISI MODUL:
1. KK-A : tentang Karakteristik Peserta Didik
2. ĶK-B : tentang Dasar Pembelajaran yang Mendidik
3. KK-C : tentang Pengembangan Kurikulum
4. KK-D : tentang Pembelajaran yang Mendidik
5. KK-E : tentang TIK Dalam Pembelajaran
6. KK-F : tentang Potensi Peserta Didik
7. KK-G : tentang Komunikasi yang Efektif
8. KK-H : tentang Penilaian Pembelajaran
9. KK-I : tentang Manfaat Penilaian: Dalam Pembelajaran
10. KK-J : tentang Refleksi Pembelajaran
 

PASSWORD DAN USERNAME GURU PEMBELAJAR
Bagi Guru-Guru buruan Registrasi Guru Pembelajar sebagai kelanjutan hasil UKG 2015...gunakan Nomor Peserta UKG 2015 sebagai User Saat Registrasi dan Paswordnya Tanggal lahir...setelah itu dibuatkan Akun Resmi GP dengan User 2015......@guruku.id dan paswor khusus setelah Registrasi..

Link Registrasi Peserta Guru Pembelajar http://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi


https://youtu.be/Tapj-q1Trlo

UPDATE
LINK DOWNLOAD MATERI @SINGGASANA HOTEL MAKASAR.
https://drive.google.com/drive/folders/0B4eZK1XIrjQibjIxS2Q5TUJmcGs



Sumber Source:
http://www.gurusd.net/2016/07/modul-guru-pembelajar-kelas-tinggi.html
http://konten.elearning.id/ 
www.facebokk.com 
https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=10205191705350693&id=1787358126&refid=8&_ft_=qid.6325514254150613219%3Amf_story_key.-3777132857865815215

CARA MENAMBAH UKURAN KERTAS F4 PADA PRINTER

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini untuk membaca postingan cara menambah ukuran kertas f4 pada microsoft word dengan printer HP LaserJet P1102.

Yang kami ketahui, pada umumnya kertas yang digunakan di Indonesia untuk mencetak dokumen adalah kertas tipe A4 dan F4.  Kertas A4 berukuran 210 x 297 mm atau 8,27 x 11,69 inci. Kertas F4 berukuran 215 x 330 mm atau 8,5 x 13 Inchi. Di Indonesia ukuran kertas A4 sering disebut Kwarto dan kertas F4 sering disebut kertas folio. Ada bermacam standar ukuran kertas internasional, namun yang sering digunakan adalah standar ISO.

Setiap printer pastilah ditemukan pengaturan kertas dengan ukuran A4, namun ukuran F4 munkin tidak ada pengaturannya dalam printer. Untuk itu diperlukan pengaturan lanjutan pada printer untuk kertas F4 agar kita bisa mencetak dengan baik menggunakan kertas tersebut. Pada tutorial kali ini saya akan contohkan seting kertas F4 pada printer HP Laser.

1. Kita buka Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers
Control Panel Devices and Printers
Tampilan printer yang tersinstal

2. Kemudian kita cari printer yang akan diseting, yaitu HP LaserJet tipe P1102 selanjutnya klik kanan --- pilih Printing Preferences
Klik Kanan Printing Preferences

3. Setelah itu kita masuk ke Paper/Quality --- Paper Options - Size is --- pilih Costum
Setting Paper Options

4. Kita lanut mengisikan nama pada Costom Paper Size - Name disisi F4 - Size Width = 215 mm dan Height = 330 mm. Selanjutnya Save dan Close. Lalu kita ok Pada kotak dialog Printing Preferences.
Costom Paper Size Kerta f4

5. Kita telah menambahkan ukuran kertas pada printer, lalu kita coba cek pada microsoft word apakah sudah ada pilihkan ukuran kertas f4. Sebelum kita ke page setup pastikan dahulu kita telah memilih printer laser tersebut untuk digunakan mencetak. Jika sudah kita ke Page Setup --- Paper --- lihat ukuran F4 sudah ada dalam pilihan, gambarnya sebagai berikut.
Pilihan Kertas F4 Microsoft Word
Video
Link youtube: https://youtu.be/hqgMlm3Em_E

Demikianlah cara menambah ukuran kertas F4 pada printer HP laser yang nantinya pilihan kertas akan muncul pada microsoft word, excel, maupun apikasi office yang lain. Semoga postingan singkat ini bisa dimengerti dan bermanfaat.

Saturday, June 11, 2016

APLIKASI CETAK AMPLOP SURAT EXCEL SIMPEL

Pada postingan ini, saya akan posting ulang tentan aplikasi amplop berbasis mirosoft excel. Sebelumnya tentang aplikasi ini telah saya posting di blog http://deuniv.blogspot.co.id/2016/03/aplikasi-ampop-ms-excel.html. Dan ternyata juga sudah banyak di share ulang oleh para blogger, Anda bisa mengeceknya melalui mesin pencari. Karena sedang membuat blog tasADMIN untuk menambah content sengaja kami posting dengan kata-kata yang agak berbeda.
Aplikasi Amplop Surat Excel
tampilan aplikasi amplop surat

Sebagai Operator Sekolah ataupun Tenaga Administrasi kita tentunya pernah membuat surat. Surat yang dibuat bisa surat keputusan, surat pengantar, surat keterangan, surat pemberitahuan, surat undangan, dan yang lainnya. Namun untuk surat yang menggunakan amplop yang umum adalah surat pemberitahuan dan surat undangan. Fungsi utama dari amplop surat adalah memang untuk membungkus surat. Ada banyak ukuran amplop yang tersia juga. Dengam Amplop yang baik tentunya akan menambah citra baik instansi tersebut, dan menjadikan suasana yang positif untuk penerima surat membua amplop.

Dengan menggunakan sofware aplikasi microsof excel kami membuat aplikasi amplop surat sederhana. Rumus yang digunakan untuk aplikasi ini adalah Vlookup. Jadi kita membuat tabel data surat yang dikirim. Setelah itu kita membuat sheet form untuk mencetak amplopnya. Dengan menggunakan rumus excel vlookup kita ambil data tabel tesebut. Sheet untuk data instansi juga dibuat, ini merupakan sumber data untuk kop surat. Sheet data menu utama juga disiapkan untuk tampilan aplikasi supaya lebih bagus.

Di file excel aplikasi amlpop surat ini, disematkan juga beberapa fungsi macro yaitu print. Sehingga ekstensi file ini saya buat menjadi .xlb (Microsoft Office Excel Binary Worksheet) Dengan format ini juga supaya aplikasi bisa dibuka melalui Excel 2007, Excel 2010, ataupun Excel 2013. Dalam penyusunannya aplikasi amplop ini menggunakan microsoft excel 2007.

Cara menggunakan aplikasi amplop surat berbasis excel

  1. File yang kami upload dalam bentuk .rar maka harus diekstrak dahulu.
  2. Aktifkan macro, jika ingin menggunakan tombol print pada aplikasi
  3. Isi data instansi dengan lengkap
  4. Isi data pengiriman surat 
  5. Setelah data diisi kita masuk ke sheet amplop, disini ada beberapa pilihan model amlop. Gunakan anak panah untuk mengganti data surat atau bisa langsung di ketik. 
    cetak amplop menggunakan excel
    sheet amplop

Download Aplikasi

Untuk mendownloadnya Anda cukup mengklik tautan/link yang kami tampilkan dibawah ini, maka akan langsung terdownload. Link Dowload Aplikasi Amplop Surat
 
Itulah tentang aplikasi amplop surat excel untuk mudah mencetak amplop dan sekaligus membuat data arsip pengiriman surat. Jika aplikasi kurang bagus, atau ada yang perlu diiubah, silahkan ubah sesuai keperluan, Sheet amplopnya tidak diberi password, jika menginginkan password VBAnya lansung saja contact admin di https://tasadmin.blogspot.com/p/contact.html. Semoga bermanfaat.

Friday, June 10, 2016

Membuat Website Menggunakan Google Site Mudah

Selamat malam, hehe karena belum bisa tidur saya akan sedikit sharing bagaimana cara membuat website dengan mudah menggunakan google site. Google Site merupakan aplikasi publik dari google yang dapat digunakan secara gratis. Dengan google site kita bisa membuat website untuk saling berbagi informasi, ataupun dokumen file. Di google site kita bisa mengupload file langsung pada sebuah halaman dan dapat langsung di download oleh pengunjung atau pemirsanya. Website yang dibuat nanti akan beralamat http://sites.google.com/site/namawebsite/ . Untuk bisa menggunakanya anda cukup menggunakan akun google Anda. Berikut ini akan saya coba sharingkan tahapan cara pembuatan website menggunakan google site.

1. Kunjungi alamat google site yaitu https://sites.google.com/ , bila sebelumnya sudah login maka akan otomatis terbuka.

2.  Selanjutnya kita pilih create, gambarnya sebagai berikut:
cara create site google
tampilan create site google
3. Kemudian kita pilih template yang akan kita gunakan, disini kita bisa memilih macam-macam template yang tersedia. Namun saya akan memilih blank template dahulu supaya nanti bisa diakses dengan cepat melalui koneksi yang tidak begitu cepat.
template blank site google
4. Kita lanjutkan untuk menentukan nama site dan alamat site, saya coba menggunakan berkastasadmin, mudah-mudahan bisa. Karena bisa saja nama tersebut telah terpakai. Untuk nama site dan alamat link site bisa berbeda.
menentukan nama site dan alamat site
5. Setelah itu kila lanjut memilih template site , telah disediakan berbagai macam tema template. Saya memilih blank template karena site ini akan saya gunakan khusus untuk mengupload file, dan supaya mudah diakses. Karena untuk artikel masih nyaman menggunakan blogspot.
pilihan template site
7. Kemudian kita isikan more options untuk deskripsi, tapi saya lewati. Langsung menuju konfirmasi im not robot. Terkadang beberapa kali salah kalau tergesa-gesa, dan juga menggunakan bahasa inggris jadi kardang kurang paham. Setelah tercentang klik create site.
im not a robot klik create site
8. Namun ternyata untuk alamat site berkastasamin tidak bisa, untuk itu saya coba menggunakan nama lain
dan akhirnya menggunakan alamat https://sites.google.com/site/berkasopsd/. Selelah itu kita coba untuk membuat lemari file pada halaman baru. Kita pilih menu create page
create page site google
9. Isikan nama halaman, lalu jenis halaman disini saya pilih file cabinet. Setelah itu kita pilih create
file cabine template
10. Akhirnya jadi juga halaman site nya,  https://sites.google.com/site/berkasopsd/dokumen kita bisa menambah / mengupolad file
cara upload file site google
tampilan website simple
11. Selanjutnya Anda bisa berkreasi sendiri, bisa juga menulis teks artikel, karena disediakan juga editor html.


Sekian cara membuat website dengan cepat via site google, berhubung sudah selesai dan ngantuk juga, hehe.. jika sobat sudah punya silahkan tulis alamatnya saya juga pingin lihat, mungkin saja jauh lebih keren. Karena bisa juga melalui google site ini dibuat media pembelajaran atau semacam e-learnig. Semoga postingan ini bermanfaat.

Thursday, June 9, 2016

NOMOR KIP TERISI OTOMATIS SAAT SINKRONISASI DAPODIK

Waktu-waktu ini saat ini ditulis memang lagi banyak yang membahas tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) salahsatunya tentang penulisan data dan kevalidannya. Postingan sebelumnya telah diposting bagaimana cara memasukan nomor KIP pada aplikasi dapodik. Namun ternyata Nomor KIP bisa otomatis masuk dan terisi ketika kita melakukan sinkronisasi ini, informasi ini bisa didapatkan di beberapa grup facebook dan ada Operator Sekolah yang mengatakannya. Untuk itu saya coba untuk mensinkronkan dapodik agar nomor KIP bisa masuk ke aplikasi dapodik lokal. Dan berikut ini screan shoot hasil sincronisasi dapodik yang dialkukan pada waktu pagi, hari Kamis, tanggal 9 bulan Juni tahun 2016.

1.Kita buka aplikasi dapodikdas, dan login bisa langsung mengetikan localhost pada browser yang sedang kita gunakan. Dan baiknya kita pastikan dahulu koneksi internetnya lancar.

2. Sebelum melakukan sinkronisadi prosedurnya harus kita validasi dahulu untuk melihat data apakah sudah valid. Setelah itu lakukan sincronisasi.

3. Ini merupakan tampilan awal ketika saya hendak melakukan sincronisasi.Di sini terlihat terakhir melakukan sinkronisasi 3 Juni 2016 saat itu  saya melakukan update Keaktifkan PTK untuk bulan Juni dan belum ada data KIP yang masuk ke lokal. Dan sekarang Tabel Data yang Mengalami Perubahan juga tidak ada, karena saya tidak melakukan perubahan data. Setelah itu lakukan SINKRONSIASI
sinkronisasi dapodikdas

4. Setelah menunggu beberapa saat sinkronisasi selesai dilakukan, dan saya tampilkan gambarnya dibawah. Disini terlihat pada tabel adat Perubahan Data Yang Masuk Ke Lokal Dapodik sebayak 10 (sepuluh) siswa sukses. Apakah data ini nomor KIP yang masuk otomatis? Untuk kita selanjutnya kita cek.
ketika berhasil sinkron data kip akan masuk ke dapodik
5. Kita cek data nomor KIP yang masuk dengan cara unduh data peserta didik, dan ternyata benar... nomor KIP telah masuk yang tadinya diisi nomor KPS telah berubah menjadi KIP. Jumlahnya juga ada 10 sesuai keterangan tabel sinkronisasi
Di dapodik KPS diganti KIP
KIP otomatis terisi di dapodik
Itulah cara mudah mengisi KIP di dapodik. Dan sebelum tulisan ini selesai di tulis di media sosial telah banyak info tentang sinkron KIP ini. Saya coba untuk merangkumnya dengan membuka wall facebook admin-admin dapodik dan senior-senior operator sekolah.
 Dari wall facebook Pak Yusuf Rohmat dapat di peroleh informasi sebagai berikut:
  1. Data penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) otomatis dimasukan ke aplikasi Dapodik. Data ini merupakan hasil matching (pencocokan) dari berbagai sumber yaitu Dapodik, TPN2K, dan Kemensos). Hasil dari macthing ini menjadi data SK (Surat Keputusan) yang memuat data ID Peserta Didik dan Nomor KIP. Nomor KIP akan masuk ke Dapodik Lokal secara otomatis menggantikan Nomor KPS.
  2. Dari 17,9 Juta Nomor KIP telah dimacthing (pencocokan) sudah berhasil 4.9 Juta Nomor KIP. Data ini akan di push / masukan ke Dapodik (Dapodikdas dan Dapodikmen), sisanya mengunggu.
  3. Bagi Peserta Didik yang sudah mendapatkan KIP dan ternyata belum masuk otomatis di dapodik, silahkan di masukan manual ke Alpikasi Dapodik. Jika terdapat kesalahan nama di kartu, tetap dimasukan. (baca postingan sebelumnya: cara memasukan KIP ke dapodik)
  4. Untuk SK SMK sudah dipublikasikan di web resmi ditpsmk http://pipsmk.ditpsmk.net/
  5. Untuk SK SMA bisa berkoordinasi dengan dinas kab/kota 
Baca juga: Aplikasi Surat Keterangan untuk Pencairan PIP
 Demikianlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat.

APLIKASI BERKAS PENCAIRAN DAN LAPORAN BSM PIP

BSM merupakan singkatan dari Bea Siswa Miskin, ada juga yang menyebutnya Bantuan Siswa Miskin. Pada tahun 2016 banyak disebut dengan Program Indonesia Pintar (PIP) dengan kartunya yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program ini dilakukan pemerintah tentunya untuk mengurangi siswa putus sekolah. Namun jika kita melihat di sekitar kita masih banyak yang tidak tepat sasaran, semoga kedepanya lebih baik lagi, baik dari perencanaan, dan realisasi termasuk didalamnya yang penting terkait dengan pendataan PIP agar tercipta data yang valid.

Terlepas dari itu, karena sesuai judul adalah tentang aplikasi berkas pencairan dan pelaporan BSM / PIP. Kita lansung saja ya... Sebagai operator sekolah tentunya akan juga membantu dalam pengusulan dan pelaporan BSM / PIP. Untuk menperlancar dan mempercepat pelaporan tersebut maka kiranya purlu dan bisa disusun aplikasi yang berbasis excel. Ditempat kami berkas / lampiran-lampiran untuk BSM/PIP cukup sederhana yaitu Surat Keterangan Kepala Sekolah dan Foto Copy KTP.

Sebelum melanjutkan ke aplikasi beberapa hal yang penting terkait BSM/PIP sekiranya sebagai berikut:

1. Data Penerima BSM menang bukan data yang langsung bersumber dari Dapodik akan tetapi dari Basis Data Terpadu. Namun pada awal pendataan (Dapodik) sekolah baiknya mendata yang mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan atau Kartu Indonesia Pintar (KIP). Akan lebih baik jika sekolah meminjam Kartu Aslinya sebentar dan menscannya kemudian hasil scan tersebut kita simpan. Sehingga kita punya data soft filenya. Dengan data soft file ini jika harus cepat mengumpulkan foto copy lagi, kita langsung saja print, tanpa repot meminta ke siswa atau orang tua.

2. Selain Kartu tersebut diatas, perlu juga kita scan KTP orang tua. Jika tidak ya kita simpan saja foto copya.

3. Bisa terjadi ada warga yang tidak mendapat kartu KPS atu KIP, padahal siswa tersebut layak untuk mendapatkannya. Sekolah tetap mencatatnya dan meminta Surat Keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Kelurahan. Sekolah ada kalanya diberi hak untuk mengusulkan.

Untuk aplikasi berbasis excel ini kita buat dengan rumus utama Vlookup. Nanti kita masukan data pada sebuah tabel. Dari data tabel tersebut kita ambil dengan rumus Vlookup ke format Surat Keterangan Kepala Sekolah. Selain surat keterangan untuk BSM/KIP kita juga bisa membuat daftar penerima. Ditempat kami surat keterangan ini dibuat setelah siswa yang menerima telah mendapatkan ID Bank atau akun virtual.

Tentang aplikasi BSM / PIP bukan pertama kalinya disusun, sudah lama ada Operator Sekolah yang membuatnya, aplikasi tersebut bisa di cari dan download secara cuma-cuma melalui search engine google.

Kami membuat agar sesuai dengan yang dibutuhkan ditempat kami saja supaya bisa lebih mempercepat, namun saat menyusun aplikasi juga butuh waktu juga ding... hehee..

Dan berikut ini tampilan aplikasinya...

1. Sheet Menu Aplikasi BSM

Di sheet ini terdapat data sekolah dan link ke sheet laiinya.
Sheet Menu Aplikasi BSM
tampilan menu aplikasi bsm

2. Sheet Data Aplikasi BSM

Pada sheet ini kita masukan data Siswa penerima BSM. Dengan tabel data ini merupakan sumber data untuk membuat surat keterangan. Dengan tabel ini kita juga lebih bisa mengumpulkan data denganlengkap karena memuat banyak data.
sheet data aplikasi BMS

3. Sheet Surat Keterangan
Pada sheet ini kita membuat format keterangan yang datanya kita ambil dari table data pada Sheet Data BSM. Format tiap daerah munkin berbeda. Berikut ini tampilannya....
Form Surat Keterangan BSM

Download Aplikasi
Anda bisa mendownload aplikasi ini secara geratis, download tanpa ribet. Dan Anda bisa mengeditnya sesuai selera karena aplikasi ini tidak terproteksi atau tidak diberi password. Link downloadnya: https://sites.google.com/site/tasfileops/aplikasi/Aplikasi%20BSM.rar?attredirects=0&d=1
============
update postingan 19/9/2016
masih ada beberapa kesalahan penempatan rumus lookup dalam mengambil data tabel.
link download belum tersedia,

Dan berikut ini adalah video cara membuat aplikasi menggunakan vlookup

Video selanjutnya
MEMBUA APLIKASI MENGGUNAKAN VLOOKUP PART 2

Kritik Dan Saran
Kritik dan saran dari pembaca kami harapakan untuk aplikasi yang lebih baik.

Demikian postingan pada kesempatan ini, terima kasih telah membaca dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat.

Wednesday, June 8, 2016

CARA MEMASUKAN NOMOR KIP ( KARTU INDONESIA PINTAR) DI DAPODIK

Saat ini Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) telah distribusikan oleh Kemdikbud dan banyak yang sudah diterima oleh penerimanya. Meskipun masih banyak ditemuka data-data yang kurang tepat, seperti penulisan nama dan yang laiinya. Data KIP itu memang tidak dari dapodik, tetapi merupakan Basis Data Terpadu dengan data yang dimiliki Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan  (TNP2K). Namun terlepas dari itu semua sebagai Operator Sekolah saya ditugasi untuk mengisikan nomor KIP ke dalam aplikasi dapodik, pun di aplikasi dapodi 2015/2016 belum ada kolom khusus. Baiklah langsung saja, saya tuliskan sebagai berikut:
cara entri kip di dapodik
form isian KIP


1. Buka aplikasi  bisa melalui shortcut pada dekstop atau menegetikan local host  http://localhost/ pada webbrowser. Sama saja.. :)

2. Login dapodikdas, untuk login cepat kita bisa menggunakan remember password pada webbrowser, namun ini dilakukan jika hanya benar-benar anda yang menggunakan komputer atau laptop tersebut.

3.  Selanjutnya kita ke tab menu Peserta didik, kemudia cari siswa, kita bisa menggunakan fasilitas Cari Siswa. Tuliskan Nama Siswa kemudian tekan enter
Tab menu Peserta didik Dapodik

4. Setelah memilih siswa kita klik menu Ubah
Menu Ubah Data Dapodik

5. Kemudian pada data siswa ada form isian mengenai KIP sebagai berikut:
Penerima KPS / KKS / PKH / KIP pilih Ya
Nomor KPS / KKS / PKH / KIP masukan nomor KIP (Kartu Indonesia Pintar). Ingat hanya entrykan KIP saja, jika sebelumnya kita entrykan Nomor KPS, hapus dan ganti. Jangan keliru nomor KIP terletak di pojok kanan.
Kewarganegaraan: Indonesia
Alasan layak PIP dipilih Pemengang PKH / KPS / KIP

Setelah itu simpan.
Form isian nomor KIP


6. Lanjutkan untuk mengisi nomor KIP yang lain. Harap lebih teliti, karena font yang digunakan untuk nomor KIP ini tidak menggunakan font yang jelas untuk membedakan antara O dan 0 (nol). Hehe ini si menurut saya... tapi yang jelas O itu bulat dan 0(nol) lebih lonjong.
nomor kartu indonesia pintar
letak nomor KIP

Akan lebih baik jika sekolah menscan kartunya, sehingga sekolah mempunyai data softfilenya. Sehingga ketika suatu saat diperlukan kita sudah siap.

Itulah cara mengentrykan nomor KIP pada aplikasi Dapodikdas. ( baca juga: daftar link yang sering dikunjungi Operator Sekolah ).  Semoga kedepanya data KIP lebih valid lagi dan tepat sasaran. Sehingga dapat benar-benar bermanfaat dan Program Indonesia Pintar sukses terlaksana.

Update...
Nomor KIP terisi Otomatis saat Sinkronisasi Dapodik