Tuesday, November 8, 2016

Aplikasi Piagam Juara Kelas Format Excel

Assalmualaikum Wr Wb.

Pada kesempatan ini akan kami share aplikasi piagam penghargaan juara kelas berformat excel. Sebelumnya telah diposting tentang beberapa aplikasi berbasis excel. Kali ini adalah aplikasi piagam penghargaan. Aplikasi piagam juara kelas ini digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan piagam dengan jumlah yang banyak. Piagam juara kelas bisa dibuatkan sekolah untuk diberikan kepada siswa yang memperoleh juara kelas ataupun peringkat, sehingga dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Dengan memberikan piagam penghargaan ini bisa menjadkan bentuk reward kepada peserta didik, dan menambah motivasi semangat peserta didik

Aplikasi ini kami susun terinspirasi dari aplikasi yang sebelumnya telah ada, Anda bisa mencarinya melalui google, telah banyak blog yang mensharenya. Dari itu kami mencoba menyusun dengan gaya tersendiri namun sebenarnya kata-kata nya masih sama dari aplikasi tersebut. Mungkin nanti ada saran dari Anda agar kata-kata dalam piagam menjadi lebih baik, atau bisa Anda ganti sendiri sesuai kebutuhan dan selera.

Aplikasi cetak piagam juara kelas yang telah selesai kami susun menggunakan program microsoft excel 2007 terdiri dari beberapa sheet. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007 aplikasi ini dapat dibuka menggunakan microsoft excel 2010. Adapun sheet yang terdapat dalam aplikasi secara umum adalah sebagai berikut

Sheet Menu Utama Piagam Format Excel

Pada sheet menu utama kita mengisikan data utama yaitu data kop surat, data kepala sekolah, dan data tahun pelajaran. Pada sheet ini jerdapat tombol link menjutu sheet lain.
aplikasi piagam penghargaan berbasis excel

Sheet Wali Kelas
Di sheet wali kelas kita isikan data wali kelas, karena piagam ini akan ditanda tangani oleh kepala sekolah dan wali kelas. Pada sheet ini juga harus mengisi data kelas karena data ini menjadi sumber data pada sheet berikutnya yaitu data siswa yang memperoleh penghargaan.
data sheet piagam

Sheet Data Siswa
Pada sheet data siswa ini kita isikan data siswa yang memperoleh juara kelas, tersedia peringkat pertama, kedua, dan ketiga, serta nilai rata-rata siswa..
sheet data siswa untuk piagam

Sheet piagam
Pada sheet piagam adalah sheet untuk menampilkan piagam yang akan kita cetak. Disini telah dibuatkan 7 template variasi yang kesemuanya itu tidak diberi password sehingga Anda bisa mengeditnya sesuai selera atau sesuai kebutuhan. Dan berikut ini tampilan sederhana template piagam penghargaan untuk siswa juara kelas.

Template Piagam 1 (dasar)
template piagam exel 1
Template Piagam 2 (Hijau)




template piagam exel 2

Template Piagam 3 (Orange)
template piagam exel 3

Template Piagam 4 (Batik)

template piagam exel 4
Template Piagam 5 (colour full )
template piagam exel 5
Template Piagam 6 (gold)
template piagam exel 6
Template Piagam 7 (wateer)
template piagam exel 7



Untuk mencetaknya menggunakan kertas ukuran A4 dengan orientasi landscape.

Rumus yang digunakan dalam aplikasi.
Aplikasi ini menggunakan fungsi rumus vlookup. Selain itu ada sedikit fungsi macro yang ditambahkan untuk mempermudah pencetakan tombol print. Tombol Anak panah atau spin button, menu, dan print tidak akan ikut tercetak. Ditambahkan juga macro untuk otomatis menyimpan data ketika di close, sehingga kita tidak perlu mengklik tombol simpan, namun tentu saja sebelum menggunakan aplikasi terlebih daulu kita mengkatifkan/ mengenable macronya.
template piagam exel 7



Untuk lebih jelasnya bisa melihat video yang telah kami upluad melalui link yotube ini.


Kritik dan saran
Aplikasi ini masih sederhana dan masih banyak kekurangan, terutama dari sisi desain yang masih sangat simple. Kritik dan saran dari Anda kami harapkan agar aplikasi ini menjadi lebih baik dan bisa digunakan untuk mencetak piagam penghargaan.

Download aplikasi
Anda bisa langsung mendownload aplikasi tanpa ribet melalui link berikut
https://www.dropbox.com/s/zm4lrihfeizdslk/Aplikasi_Piagam_tasADMIN.exe

File size aplikasi cukup besar karena didalamnya terdapat beberapa gambar border.


Aplikasi ini berbasis excel, namun mengapa extensinya .exe ini karena telah dibuat seperti installer menggunakan winrar.

Sekian, yang bisa kami share, semoga bermanfaat. Anda bisa memberi dukungan dengan melihat link video berikut ini dan memberikan likenya https://youtu.be/YYktObtXmvs

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Saturday, November 5, 2016

PENATA USAHAAN DANA PENDIDIKAN BERBASIS AKRUAL

Pada kesempatan ini saya akan share materi sosialisasi pengelolaan dana pendidikan di sekolah berbasis akrual. File ini merupakan file power point yang saya dapatkan dari Bendahara BOS. Sekalian untuk belajar saya posting melalui blog ini. Mari kita lanjutkan.

PENATAUSAHAAN DANA PENDIDIKAN DI ERA AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL
Menindaklanjuti Rekomendasi BPK RI ................, Agustus 2016

GAMBARAN UMUM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL

gambaran umum akutansi berbasis akrual

LAPORAN KEUANGAN POKOK Berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010
Kelompok Laporan Pelaksanaan Anggaran
  • Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  • Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL)

Kelompok Laporan Finansial
  • Laporan Operasional (LO)
  • Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas (LAK)

Kelompok Catatan atas Laporan Keuangan
  • Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK
BASIS KAS
  • Basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar
  • Basis Kas diterapkan untuk pengakuan Pendapatan-LRA, Belanja, dan Pembiayaan

BASIS AKRUAL
  • Basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar
  • Basis akrual diterapkan untuk pengakuan Pendapatan-LO, Beban, Aset, Kewajiban, dan Ekuitas

PENDAPATAN-LO
  • Tidak selalu berdasarkan penerimaan kas
  • Penerbitan dokumen yang  telah menimbulkan hak bagi pemerintah dipakai  sebagai dasar untuk mengakui Pendapatan pada tahun berjalan dan pengakuan atas Piutangnya
BEBAN
  • Tidak selalu berdasarkan pengeluaran kas tetapi juga diakui pada saat timbulnya kewajiban, terjadinya konsumsi aset, dan terjadinya penurunan manfaat ekonomi dan potensi jasa

BASIS AKUNTANSI PADA LAPORAN KEUANGAN

Akrual
Laporan Operasional (LO)
Neraca
Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)

Kas
Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
Laporan Perubahan SAL (LPSAL)
Laporan Arus Kas (LAK)



HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN
Laporan Pelaksanaan Anggaran :
SAL/SiLPA (tahun berjalan) pada LRA akan dimasukkan ke dalam LPSAL untuk menambah saldo SAL/SiLPA (awal)
lra laporan realisasi anggaran

HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN
Laporan  Finansial :
Saldo Surplus/Defisit pada LO akan menambah/mengurangi saldo Ekuitas pada LPE
Saldo akhir Ekuitas pada LPE akan terbawa ke Neraca

neraca akrual

Bagaimana dengan penerapan akuntansi berbasis akrual di satuan pendidikan?
Mengingat Sekolah merupakan bagian dari Entitas Dinas Pendidkan yang memerlukan dana APBD, maka penatausahaan keuangan sekolah mengikuti ketentuan yang berlaku umum pada pengelolaan keuangan daerah.

Bagaimana dengan dana yang berasal dari Komite, DIPA Kementerian Pendidikan maupun dana Hibah seperti BOS?
Dana Komite maupun DIPA Kementerian baru menjadi Hak Sekolah/Pemda sepanjang telah dilakukan Serah Terima atas BMD yang berasal dari dana tersebut

Dana Hibah terutama BOS diberikan dalam bentuk uang, maka sejak menerima uang tersebut telah diakui dan dicatat sebagai penerimaan sekolah.

Apakah Pemerintah Daerah juga mengakui dan mencatat hal yang sama??
Mari kita cermati Fatwa dari Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) yang menjawab permintaan penjelasan Sekretaris Daerah Provinsi Bali atas  Penganggaran dan Pengakuan Dana BOS

 Fatwa dari Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP)
Dalam praktik tidak semua pendapatan dalam bentuk kas diterima pada RKUN/RKUD, terdapat pendapatan kas yang diterima oleh entitas selain Bendahara Umum Negara/Daerah (BUN/BUD), bahkan ada yang langsung digunakan oleh Satuan Kerja (Satker)/Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Beberapa praktik terkait dengan
penerimaan pendapatan yaitu:

3. Pendapatan kas diterima dan digunakan langsung oleh SKPD tanpa terlebih dahulu disetor ke RKUD serta tidak dilaporkan ke BUD.
Pada kondisi ini, pendapatan diterima langsung dan digunakan untuk operasional entitas penerima tanpa terlebih dahulu disetor ke RKUD dan tidak dilaporkan kepada BUD.
Contoh:Hibah langsung dana yang diterima oleh suatu satuan kerja yang menjadi bagian dari entitas pelaporan yang kemudian langsung digunakan tanpa disetorkan ke RKUN/RKUD.

Tujuan penyajian laporan keuangan pemerintah sebagaimana disebutkan dalam Paragraf 9 PSAP 01 huruf c dan e adalah: untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan untuk menunjukkan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, dengan:
  1. pada huruf c; menyediakan informasi mengenai sumber, alokasi, dan penggunaan sumber daya ekonomi;
  2. pada huruf e; menyediakan informasi mengenai cara entitas pelaporan mendanai aktivitas dan memenuhi kebutuhan kas.
Sejalan dengan tujuan pelaporan keuangan tersebut, maka seluruh pendapatan yang berbentuk kas wajib disajikan sebagai bagian sumber daya kas oleh entitas yang menggunakannya.


Pengakuan Pendapatan Hibah Basis  Akrual
(Bultek 13 Akuntansi Hibah)
Pengakuan pendapatan pada akuntansi berbasis akrual terjadi pada saat hak pemerintah  timbul yang akan menambah ekuitas dalam periode tahun anggaran berjalan serta tidak  perlu dibayar kembali.
Pendapatan hibah berbasis akrual diakui pada saat:
  1.  Pendapatan tersebut dapat diidentifikasi secara spesifik;
  2. Besar kemungkinan bahwa sumber daya tersebut dapat ditagih; dan
  3.  Jumlahnya dapat diestimasi secara andal
Pendapatan hibah pada akuntansi berbasis akrual disajikan di Laporan Operasional.
Selain disajikan di Laporan Operasional, pendapatan hibah juga tetap harus disajikan di  Laporan Realisasi Anggaran dengan menggunakan basis kas, hal tersebut karena  Laporan Realisasi Anggaran merupakan statutary report.


Pencatatan di LRA
Jurnal untuk mencatat realisasi pendapatan hibah di LRA pada Pemerintah Daerah pada saat Kas diterima adalah sebagai berikut:

DR     Akun Perantara             xxx.xxx
CR     Lain-lain Pendapatan
           Daerah yang Sah (Hibah) LRA         xxx.xxx


Pencatatan di Laporan Operasional
Jurnal pada saat pendapatan hibah telah diterima Kasnya:

    DR Kas di Kas Daerah             xxx.xxx
    CR Lain-lain Pendapatan Daerah
                   yang Sah (Hibah)-LO             xxx.xxx

Jurnal pada saat pendapatan hibah berupa barang telah diterima barangnya adalah sebagai berikut:

    DR Aset Tetap . Jenis Aset         xxx.xxx
    CR Lain-lain Pendapatan Daerah
                  yang Sah (Hibah)-LO            xxx.xxx

Pengukuran
Pendapatan hibah dalam bentuk kas dicatat sebesar nilai nominal hibah diterima atau menjadi hak. Sedangkan pendapatan hibah dalam bentuk barang/jasa dicatat sebesar nilai barang/jasa yang diserahkan berdasarkan berita acara serah terima, dan jika data tersebut tidak dapat diperoleh, maka dicatat berdasarkan nilai wajar.


Demikianlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini semoga bermanfaat.

Monday, October 3, 2016

Kepala Sekolah Pembelajar (KSP) Daring

Asslamaualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini akan saya coba posting tentang Kepala Sekolah Pembelajar. Informasi kepala sekolah ini saya dapat dari teman-teman di facebook dan dari beberapa bloger yang telah memposting informasi dan modul tentang kepala sekolah pembelajar. Sebelumnya telah ada program Guru Pembelajar sekarang ada Kepala Sekolah Pembelajar, yang nantinya akan muncul juga Pengawas Pembelajar , Laboran Pembelajar, dan Tenaga Administrasi belajar.

kepala sekolah pembelajar daring
http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/
Untuk web portal Kepala Sekolah Pembelajar bisa kita gunakan alamat http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ khusunya di link http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/ di website tersebut bisa kita download tentang informasi Kepala Sekolah Pembeljara (KSP) seperti alur, download, dan kontak.

DOWNLOAD PEDOMAN DAN JUKNIS KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR


  1. Pedoman_Kepala Sekolah Pembelajar (KSP)_20160908
  2. Juknis  Tatap Muka (TM )
  3. Juknis_KSP Daring 080916
  4. Video Alur Kepala Sekolah Pembelajar
  5. Manual Penggunaan Kepala Sekolah Pembelajar
Selain pedoman Kepala Sekolah Pembelajar Saya akan cantumkan link download Modul Untuk Kepala Sekolah Pembelajar yang saya dapat dari salah satu web blog guru.
download modul kepala sekolah pembelajar ksp

DOWNLOAD MODUL LENGKAP KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR (KSP)

  1. Kelompok Modul 1: Pengelolaan Peserta Didik
  2. Kelompok Modul 2 : Pengelolaan Administrasi Sekolah
  3. Kelompok Modul 3 : Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Kelompok Modul 4 : Rencana Kerja Sekolah
  5. Kelompok Modul 5: Pengembangan Sekolah
  6. Kelompok Modul 6 : Pengelolaan Kurikulum
  7. Kelompok Modul 7: Peningkatan Kualitas Pembelajaran
  8. Kelompok Modul 8 : Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  9. Kelompok Modul 9 : Kewirausahaan
  10. Kelompok Modul 10 : Supervisi
Mengutip sedikit dari Misi Ditjen GTK
Mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang berkinerja baik.
Mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional dan sehatera
Mewujudkan penataan dan distribusi guru dan tenaga kependidikan yang meluas, merata dan berkeadilan.
Mewujudkan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan pelibatan publik


Demikanlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini, semoga bermanfaat khususya untuk Kepala Sekolah dan Operator Kepala Sekolah Pembelajar, dan umumnya untuk pembaca sekalaian yuk mari kita terus belajar.

Terima kasih, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber: 
http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/
http://www.gurusd.net/2016/10/modul-kepala-sekolah-pembelajar-untuk.html


Monday, July 18, 2016

Yuk Menyusun Aplikasi Penilaian Raport Kurikulum 2013 Revisi

Terima kasih, telah menyempatkan untuk membaca tulisan ini. Pada postingan ini saya ingin memposting keinginan saya untuk menyusun aplikasi penilian raport kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar (SD). Aplikasi yang ingin disusun adalah aplikasi yang berbasis microsoft excel.

Bedasarkan panduan penilaian yang diterbitkan Kemdikbud, juknis yang terakhir terbit adalah per Desember 2015. Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang komprehensif dan objektif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Panduan ini juga sekaligus pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akutabel dan informative.

Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang teknik-teknik penilaian, dilengkapi contoh serta langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor. Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih professional sehingga pada akhirnya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Sebulum melangkah lebih jauh tentang penyusunan aplikasi ini, saya sampaikan dulu bahwa saya operator sekolah yang tidak mengikuti pelatihan maupun sosialisasi tentang Kurikulum 2013.

1. Tujuan utama aplikasi raport kurtilas ini adalah pembuatan nilai diskripsi otomatis, namun saya masih belum bisa menuliskan rumus logika yang tepat hingga pada akhirnya nilai deksripsi muncul sebagai kalimat yang luwes, dari sisi isi, maupun penulisan yang sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti penggunakan tanda hubung (dan, serta) serta penggunakan tanda baca (titik, koma).
nilai ndeskripsi sikap spiritual kurtilas

Berikut ini isi tentang juknis penulisan deskripsi sikap.
Berikut adalah rambu-rambu rumusan deskripsi nilai sikap selama satu semester:

A. Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya:
... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu
bimbingan dalam hal ...

B. Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap peserta didikyang sangat baik danatau baik dan yang mulai atau sedang berkembang.

C. Apabila peserta didik tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap peserta didik tersebut diasumsikan BAIK.

D. Dengan ketentuan bahwa sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilaisikap peserta didikberdasarkan sikap peserta didik pada masa akhir semester. Oleh karena itu, sebelum deskripsi sikap akhir semester dirumuskan, guru muatan pelajaran dan guru kelas harus memeriksa jurnal secara keseluruhan hingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yang menunjukkan bahwa sikap peserta didik tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.

E. Apabila peserta didik memiliki catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan peserta didik tersebut belum menunjukkan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap peserta didik tersebut dirapatkan dalam forum dewan guru pada akhir semester.


Dari gambar contoh diatas Guru membuat deksripsi raport.
nilai deskripsi nilai sikap sosial kurikulum 2013

2. Ingin dibua aplikasi untuk masing-masing kelas sehingga supaya mudah digunakan. Tiap kelas terdiri dari beberapa tema yang terdapat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Sya butuh bantuan dari para guru untuk pemetaan KD dari KI-3 per subtema
pemetaan kd persubtema kurtilas


3. Deksripsi pengetahuan dan ketrampilan diambil dari KD nilai maksimum dan minimum Rentang nilai pengetahuan sebagai berikut.
Sangat baik : 86-100
Baik : 71-85
Cukup : 56-70
Perlu bimbingan : ≤ 55
menentukan niali diskripisi kurtilas


4. Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat template raportnya, yang nantiknya kita isikan data menggunakan rumus vlookup.

aplikasi penilaian kurikulum 2013 excel


Demikian keinginan saya untuk menyusun aplikasi raport kurtilas edisi revisi, bagi yang ingin ikut berpartisipasi silahkan inbok, Terima kasih atas perhatiaanya..

=====
HEHEE,, GUA LAGI GAGAL PAHAMM NICH...

SILAHKAN berpartisipasi,
cara menentukan deskripsi raport
dengan menjawab A, B, C, atu D

Kepada bapak Ibu Guru SD Pelaksana Kurikulum 2013 ataupun siapa saja yang berkenan berpartisipasi, kami mohon pencerahannya...

>>>sesuai panduan penilaian untuk SD Th 2015 tertulis sbb:

"Pada penilaian sikap diasumsikan bahwa setiap peserta didik memiliki perilaku
yang baik. Jika tidak dijumpai perilaku yang sangat baik atau kurang baik, maka nilai
sikap peserta didik tersebut adalah baik dan sesuai dengan indikator yang diharapkan.
Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dijumpai selama proses pembelajaran
dimasukkan ke dalam jurnal atau catatan guru."

Selanjutnya saya mau bertanya,
Pada contoh deskripsi panduan tersebut, siswa nomor 4 yaitu Lukito tidak ada catatan kompetensi sikap "Taat Beribadah" dan "Berdoa". untuk itu pada deskripsinya tidak ada penilaian (atau penyebutan) deskripsi untuk kompetensi "Taat Beribadah" dan "Berdoa".

A. Tidak masalah, karena sudah sesuai dengan bunyi juknis.

B. Seharusnya ditulis, karena asumsinya kompetensi sikap Taat "Beribadah" dan "Berdoa", adalah BAIK

C. Tidak Ikut Menjawab

D. Jawaban tersendiri (sebutkan)

SILAHKAN berpartisipasi, dengan menjawab A, B, C, atu D

Terima kasih, semoga bermanfaat


Thursday, June 30, 2016

Aplikasi Administrasi UTS UAS UKK Excel

Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.
Pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang aplikasi administrasi UTS UAS UKK. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat adminstrasi Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Apabila kita sudah membuat administrasi UTS menggunakan aplikasi ini. Maka untuk selanjutnya kita bisa mudah membuat administrasi UAS, UKK, untuk tahun pelajaran yang sama, karena kita telah mamasukan nama siswanya. Dengan aplikasi ini kita hanya memilih administrasi apa yang akan dibuat, maka selanjutnya akan otomatis terisi jenis adminstrasinya.

Aplikasi ini dibuat menggunakan microsoft excel 2007 dan menggunakan rumus formula yang simple atau yang sering digunakan sehingga bisa dijalankan pada microsoft excel 2007, excel 2010, maupun excel 2013. File ini juga cukup ringan. Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari beberapa sheet yang dimana masing sheet tersebut dibuat per halaman berdasar file word administrasi UTS, UAS, dan UKK. Namun untuk SK Panitia tidak saya masukan ke sheet excel karena untuk SK lebih rapi di buat menggunakan Word, dan juga di tempat saya File SK ada folder tersendiri karena merupakan hal yang penting, dan supaya mudah dicari.
aplikasi administrasi format excel uts uas ukk
Tampilan Sheet Menu

Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari berberapa sheet. Dimana pada sheet menu merupakan sheet untuk data utama, seperti data sekolah, nama kepala sekolah, memilih jenis administrasi, tahun pelajaran, dan tanggal pembuatan administrasi. Data ini nantinya sumber data untuk sheet lainnya yang akan terisi secara otoatis, ada Sheet Daftar Isi, Sheet Tata Tertib Pengawas, Sheet Tata Tertib Peserta, Sheet Jadwal, Sheet Daftar Pengawas, Sheet Rekap Peserta, Sheet Daftar Peserta, Sheet Denah Lokasi, Sheet Tempat Duduk, Sheet Kode Bel, Sheet Daftar Hadir, Sheet Daftar yang tidak mengikuti, Sheet Cover.
Namun tidak semuanya otomatis, misal kita harus masih menentukan jadwal.

Download Aplikasi UTS - UAS - UKK Format Excel

Untuk mendownload aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini, silahkan kunjungi link berikut:
Link Download

Untuk melihat Videonya  penggunaan aplikasi melalui link youtube berikut:
Link Video https://youtu.be/ZmztBDGEJSg

Aplikasi ini masih banyak kekurangan, kritik dan saran kami terima dengan baik.
Sekian postingan ini, semoga bermanfaat

Tuesday, June 28, 2016

Kebijakan Dapodik Data Peserta Didik Tahun 2016

Sambil menunggu berbuka puasa, tidur memang ibadah, apalagi melakukan kegiatan tambah ibadah, tentunya bukan kegiatan maksiat loh ya.. Oke langsung saja, ke postingan yang intinya tentang cara penerbitan NISN mulai Tahun Pelajaran 2016/2017. Saya kan ketik kan Surat dari Kemdikbud Nomor : 31966/A/LL/2016 Tanggal 27 Juni 2016 Perihal Kebijakan Pengelolaan Data Perserta Didik.
kebijakan data peserta didik dapodik 2016

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
u.p. Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK-Datadik)
di seluruh Indonesia

Berdasarkan Permendikbud Nomor: 79 Tahun 2015 tentang Dapodik dan memperhatikan perkembangan pengelolaan data Peserta Didik dalam pemberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) telah melakukan koordinasi dengan pengelola Dapo-Dikdasmen dan Dapo-PAUD_Dikmas serta Unit Kerja terkait lainya dengan hasil kesepakatan sebagai berikut:

1. Seluruh Data Peserta Didik (PD) yang belum memiliki NISN dan telah mengisikan data ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen pada tahun 2015, akan secara otomatis diberikan NISN;

2. Peneribitan NISN akan dilakukan oleh PDSPK di setiap tahun ajaran baru dengan ketentuan:

a. bagi PD tingkat 1 SD, tingkat 7 SMP, dan tingka 10 SMA/SMK dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen oleh Operator Sekolah;
b. bagi PD baru di sekolah TK Kelompok A dan B akan diberikan NISN dengan catatan datanya telah diisikan ke dalam Aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh Operator Sekolah;
c. bagi PD jentang kesetaraan Paket A, B, dan C akan diberikan NISN dengan catatan bahwa datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-PUD-Dikmas oleh Operator Sekolah

3. Waktu pengisian data Peserta Didik baru ke dalam aplikasi Dapodik diatur sebagai berikut:
a. untuk Dapo-Dikdasmen dapat dimasukan sebelum akhir Bulan September pada tahun ajaran yang sama;
b. untuk Dapo-PAUD-Dikdas dapat dimasukan sebelum akhir Bulan November pada tahun ajaran yang sama.

4. Apabila pengisiandata peserta didik baru tersebut, belum selesai dalam batas waktu serperti yang dimaksud pada butir 3 di atas, maka penomoran NISN akan diberikan pada tahun ajaran berikutnya;

5. Bagi peserta didik yang belum memiliki NISN dan/atau pindahan setelah waktu yang telah ditetapkan seperti dalam butir 3 dan 4 diatur sebagai berikut:
a. berasal dari sekolah di luar Kemendikbud, dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk pengajuan NISN peserta didik yang bersangkutan;
b. berasal dari sekolah Luar Negeri, dapat melengkapi dokumen melalui Sekretariat Ditjen Dikdasmen untuk mendapatkan Surat Keterangan Penyetaraan. Selanjutnya diajukan penerbitan NISN oleh Setdijen Dikdasmen dan PDSPK akan menerbitkan NISN bagi peserta didik yang bersangkutan.

6. Hasil pengelolaan data peserta didik dapat dilihat operator sekolah pada aplikasi VervalPD melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Saudara untuk dapat mensosialisasikan dan menginformasikan kepada seluruh Operator Sekolah yang ada di wilayah unit kerja Saudara.

Atas perhatian Saudara dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih

Sekretaris Jendral,

Didik Suhardi
NIP.*********************

Tembudan Yth:
1. Dirjen Dikdasmen;
2. Dirjen PAUD dan Dikmas
3. Kepala Balitbang

Itulah surat tentang Pengelolaan Data Peserta Didik yang dapat kami posting, semoga operator sekolah dapat bekerja dengan nyaman dan dapat bermanfaat. Semoga juga dengan data yang baik dapat meningkatkan Pendidikan di Negeri Indonesia. Dan semoga operator sekolah selalu sehat dan berkah.





Update Buku Panduan Verval NISN Tahun 2016

Download langsung



Source / Sumber:
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/dokumen/20160627013430_img-627082949.pdf

Monday, June 27, 2016

PERSIAPAN MENYONGSONG DAPODIK 2016 2.5.3

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah saudara... kita masih diberikan nikmat sehat...

Pada kesempatan ini saya akan sedikit informasi tentang dapodik 2016.  Informasi dapodik 2016 telah tersebar melalui jejaring media sosial. Ini bagus sobat,.. jadi kita bisa tahu apa-apa yang harus kita lakukan untuk dapodik tahun 2016. Jangan sampai kita salah melakukan action. Untuk itu beriktu ini saya ikut posting.
logo database dapodik


_
Yth. Bapak/Ibu
1. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
2. Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
di seluruh Indonesia
_
Assalamu alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
_
Menindaklanjuti persiapan upgrade database dapodik dari versi 2.4.7 menjadi 2.5.3 yang kemudian diikuti dengan maintenance server dan perbaikan/penyesuaian aplikasi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator sekolah, di antaranya:

_
///Tanggal 24 – 30 Juni 2016
Mengingat batas waktu untuk perbaikan data dapodik untuk kebutuhan data Transaksi di Ditjen. GTK dan masa aktif periode genap tahun pelajaran 2015/2016 akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2016, maka kami berharap operator Sekolah melakukan sinkronisasi sebelum batas yaitu tanggal 30 juni 2016 Pukul 23.59 WIB.
Ingat shobat,,, jangan lupa centang keaktifan PTK sampai bulan Juni ya....
_
Kemudian kami mohonkan agar informasi batas pengiriman data seperti diatas disampaikan kepada teman teman operator lainnya mengingat pada aplikasi baru nantinya tanpa rilis aplikasi “updater” dan langsung menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen “Installer” serta menggunakan prefill baru.
Nah nanti pada aplikasi baru 2016 kita instal ulang shobat,,, aplikasi dapodiknya
_
///Tanggal 1 sd 17 Juli 2016
Upgrade Database Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen dari 2.4.7 menjadi 2.5.3. Sekolah diharapkan untuk menyiapkan Dokumen pendukung untuk entri data kelas I, VII atau X dan TIDAK DIIJINKAN melakukan proses sinkronisasi.
 Nah disini kita bisa menyiapkan dokumen termasuk membagikan formulir dapodik ke peserta dapodik, oh iya ini ada Formulir Dapodik Untuk Peserta Didik Format Excel, tapi jangan lupa diedit dahulu, dan tambah juga form entrykan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bila perlu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

_
///Tanggal 18 Juli 2016
Rilis Aplikasi baru Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen.
Pastikan Anda Mendownload file Installer terbaru ya shobat... Agar lebih yakin hanya mendownload di situs resminya ya...  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
_
Kami mengingatkan kembali bahwa kelulusan siswa kelas VI, IX dan XII Tahun 2015/2016 termasuk input data untuk siswa baru kelas I, VII dan X tahun 2016/2017 dilakukan setelah referensi tahun pelajaran 2016/2017 diaktifkan. 

Ini Shobat... penting jangan melakukan aksi input data dahulu di versi dapodik 2015.

Informasi pembukaan tahun pelajaran 2016/2017 secara teknis akan disampaikan melalui website resmi pendataan di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id atau http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu operator sekolah, Kami ucapkan terima kasih.
_
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah itulah yang bisa saya posting semoga bermanfaat.