Sunday, November 27, 2016

PENULISAN TANGGAL PADA SURAT DINAS

3.2.2 Tanggal Surat

Langsung saja kita ke postingan,
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan tanggal surat.

Penulisan tanggal pada surat dinas
1.Bagian tanggal surat ditulis dua kali kaitan mesin ketik dari garis pemisah kepala surat dengan bagian surat lainya.

2. Kata tanggal tidak perlu ditulis

3. Nama tempat instansi tidak ditulis karena sudah tercantum pada kepala surat.
4. Angka tahun ditulis lengkap
Bilamana surat dibuat pada tanggal lima belas Maret tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh tujuh, tanggal surat ditulis 15 Maret 1997. Mengapa angka tahun harus ditulis lengkap? Jawaban dari pertanyaan itu ialah bahwa nanati akan ada tahun 2097. Agar anak cucu kita mengetahui bahwa surat itu dibuat pada tahun 1997 bukan tahun 2097 angaka tahun surat harus ditulis lengkap.

5. Nama bulan ditulis dengan huruf.
Nama bulan yang ada adalah Januari, Februari, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember. Bersasarkan konvensi, itulah nama-nama bulan. Penulisan harus cermat, terutama untuk nama bulan Februari dan November. Untuk nama kedua bulan itu, jangan digunakan kata Pebruari dan Nopember karena kedua kata itu bukan bentuk baku. Mengapa samapai ada kata Februari dan Pebruari serta November dan Nopember? Ceritanya sebagai berikut. Kita telah mengetahui bahwa kakek nenek kita umumnya belum berpendidikan tinggi. Oleh sebab itu, mereka belum dapat menggucapkan bunyi-bunyi (fenom) yang mereka anggapa masih bunyi asing, yaitu /f/ dan /v/. Kedua bunyi itu mereka ganti dengan bunyi miliknya, yaitu /p/. Karena kita sudah terpelajar dan bunyi /f/ dan /v/ milik kita, kedua bunyi itu harus kita gunakan. Artinya kita tidak perlu mengganti kedua bunyi itu seperti nenek dan kakek kita.

6. Penulisan bulan jangan di singkat.
Penulisan bulan Januari menjadi Jan. Dan Juni menjadi Jun. Merupakan hal yang salah. Penyingkatan seperti itu tidak boleh di kembangkan penggunaannya.
7. Pada akhir baris tidak dibubuhkan tanda titik.
8. Spasinya tidak dijarang-jarangkan.
9. Tidak perlu membubuhkan garis bawah.
10. Huruf awal nama buland ditulis dengan huruf kapital.

Contoh-contohnya seperti tersaji di bawah ini.
15) 18 Maret 1997
16) 10 Juli 1997
17) 22 November 1997

Sampai saat ini masih ditemukan penulisan bagian tanggal surat yang salah. Contoh-contohnya seperti berikut
18) *Tanggal 18 Maret 1992
19) *10 Juli ‘89
20) *17-05-1990
21) *18 A g u s t u s 1997

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan tanggal pada surat, semoga bermanfaat. Lihat postingan sebelumnya tentang KOP Surat.

Friday, November 25, 2016

KOP SURAT DINAS

Pada kesempatan ini, saya akan posting untuk mengisi blog tasadmin, yaitu tentang KOP SURAT atau Kepala Surat. Berikut ini tentang kop surat, langsung saja..

3.2.1 Kepala Surat

Kepala Surat disebut pula kop surat. Jenis, warna, dan besar kecilnya huruf yang digunakan untuk menulis kata-kata pada kepala surat biasanya sudah diatur oleh yang berwenang dengan aturan tertentu. Untuk itu, aturan-aturan semacam itu wajib dipatuhi. Karena kop surat umummnya telah tercetak pada kertas surat dan kliesnya juga perlu ada, pembuatannya harus dipikirkan dengan sebaik-baiknya. Salah satu segi yang perlu dipikirkan adalah bahasanya.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun kepala surat.

1. Kepala surat sebaiknya disusun secara lengkap (lambang, nama instansi, alamat, nomor telepon,  nomor kotak pos, nomor faksimile (jika ada), alamat kawat (jika ada).

2. Nama instansi ditulis dengan huruf kapital (sesuai dengan aturan yang ada).

3. Huruf awal alamat, kotak pos, alamat kawat (jika ada), faksimile, dan telepon ditulis dengan huruf kapital kecuali kata tugas, misalnya dan dan dalam.

4. Nama instansi, kata jalan, kata telepon, kata faksimile, dan kata kotak pos jangan disingkat. Kata jalan misalnya jangan disingkat Jln. Atau Jl., atau Jaln.

5. Jangan digunakan bentuk p.o. bos atau post office box untuk menuliskan kotak pos dan jangan digunakan bentuk cable address untuk menuliskan alamat kawat.

6. Kata telepon dan kotak pos (dan yang lain) diikuti nomor tanpa diikuti tanda titik dua (:) sedangkan angka yang mengikutinya tidak dipisahkan oleh tanda titik (.) setiap tiga angka.

7. Dalam alamat jangan disisipkan sarana yang dimiliki kantor, misalnua telepon.

Berkaitan dengan butir (5), (6), dan (7), munculah pertanyaan mengapa seperti itu.
Berkenaan dengan butir (5), bentuk-bentuk p.o. box atau post office box dan cable address disarankan untuk tidak digunakan kerena bentuk-bentuk itu merupakan kata asing yang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia.
Berkaitan dengan butir (6), penulisan kata telepon dan kotak pos tidak diikuti tanda titik dua (:) karena angka yang mengikutinya bukan rincian. Angka-angka itu (dalam hal ini nomor telepon dan kotak pos) tidak dipisahkan dengan tanda titik setiap tiga angka karena angka-angka itu bukan merupakan jumah.
Berkaitan dengan butir (7) penjelasannya sebagai berikut. Sampai saat ini masih banyak ditemukan penulisan alamat dalam kop surat yang belum benar. Contohnya seperti berikut.

1) *Jalan Cendana 9 Telepon: 2515 Yogyakarta
2) *Jalan I Dewa Nyman Oka 34, Telepon 562070 Yogyakarta 55224
3) * Jalan Wardani No. 2 Telp. 5359 Yogyakarta 55224


Berdasarkan konvensi, untuk alamat adalah (1) nama jalan, (2) nomor bangunan, (3) nama kota, dan (4) kode pos. Oleh sebab itu, sarana telepon sesungguhnya tidak termasuk ke dalam unsur alamat. Misalnya ada pertanyaan, Alamatmu di mana? Jawaban pertanyaan itu ialah bahwa alamat saya di Jalan I Dewa Nyoman Oka 36, Yogyakarta 55224, misalnya. Jika sebuah kantor mempunyai sarana telepon ditulis di belakang nomor kode pos dan dengan kode itu dipisahkan dengan tanda koma. Jadi, perbaikan kegita contoh alamat pada kop surat itu sebagai berikut:

4) Jalan Cendana 9, Yogyakarta 55166, Tepelon 2515
5) Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta 55244, Telepon 52070
6) Jalan Wardani 2, Yogyakarta 55224, Telepon 5359

Bagian kepala surat dengan bagian pembukaan (khusus tanggal surat dan nomor surat) dipisahkan dengan garis horizontal. Garis itu berfungsi sebagai pangkal pijakan penghitungan spasi waku pengetikan surat.
CONTOH KOP SURAT DINAS

Contoh kepala surat (7) dan (8) itu sudah baik karena tata tulisannya sudah benar. Seperti pada contoh (8), alamat instansi dan sarana telepon dapat ditulis dengan kapital. Huruf kapital yang digunakan untuk menulisakan alamat pada kop surat harus berukuran kecil.

Kata jalan pada contoh (9) jangan disingkat Jl., tetapi harus ditulis lengkap, yaitu jalan. Singkatan kata nomor, yaitu No. Tidak perlu ditulis karena hal itu merubakan mubazir. Orang sudah mengetahui bahwa angka yang mengikuti nama jalan pada alamat merupakan nomor urut bangunan yang ada si jalan itu. Penulisan nama kota Rembang dipisahakan dengan tanda koma.

Itullah sekilas tentang kop surat dinas, semoga bisa membuat kop surat dinas yang bagus dan benar. Baca juga postingan seblumnya tentang bagian-bagian surat. Semoga bermanfaat

Thursday, November 24, 2016

Rasio Minimal Jumlah Peserta Didik Terhadap Guru Syarat Tunjangan Profesi

Pada kesempatan ini akan kami share surat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 24 November 2016 nomor 36762/B/i.I/GT/2016 Hal: Rasio Minimal Jumlah Peserta Didik Terhadap Guru. Dan berikut ini gambar suratnya yang saya dapatkan di media sosial fb.

Selanjutya saya ketik ulang agar bisa dibaca dengan mudah sebagai berikut

Yth.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
di seluruh Indonesia

Sehubungan dengan ketentuan rasio minimal guru terhadap peserta didik berdasarkan Pasal 17 Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Terkait degan pembayaran Tunjangan Profesi, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut;

  1.  Ketentuan rasio dalam Pasal 17 ayat (1) merupakan perbandinan jumalh peserta didik pada setiap 1 (satu_ rombongan belajar dengan 1(satu) guru yang mengampu rombongan belajar tersebut pada setuiap satuan pendidikan.
  2. Ketentuan angka 1 di atas, bagi satuan pendidikan yang tidak memenuhi ketentuan rasio peserta didik terhadap guru sebagaimana dimaksut pada pasal 17 ayat (1) dan tidak mempunyai rombongan belajar paralel, tetap dapat dibayarkan tunjangan profesinya.
  3. Jika terdapat kelas paralel, maka masing-masing rombel harus memenuhi rasio peserta didik terhadap guru sebagaimana dimaksud pada pasal 17 ayat (1).
  4. Aturan pada angka 1, 2 dan 3 di atas, tidak berlaku bagi satuan pendidikan khusus dan satuan pendidikan layanan khusu, oleh karena itu guru pada satuan pendidikan tersebut berhak atas tunjangan profesi.

Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami sampaikan terimakasih.

Direktur Jendral,

Sumarna Surapranata
NIP 19590801 198503 1 002

Tembusan:
  1. Kepala BPK RI;
  2. Sesjen Kemendikbud;
  3. Irjen Kemendikbud;
  4. Direktur Jenderal Dikdasmen; dan
  5. Direktur teknis di lingkungan Ditjen GTK.

Itulah surat yang isinya tentang rasio peserta didik terhadap guru yang berkaitan dengan persyaratan  dibayarkanya Tunjangan Profesi Guru. Mohon maaf jika terdapat salah ketik, semoga bermanfaat.

BAGIAN - BAGIAN SURAT

Pada postingan sebelumnya adalah tentang pengertian suarat dinas, selanjutnya kita postingan bagian-bagian surat pada postingan kali ini. Langsung saja. →


3.2 Bagian-bagian Surat

Sebuah surat tertiri dari bagian-bagian surat. Penempatan bagian-bagian itu berhubungan dengan bentuk surat yang digunakan. Artinya, jika bagian-bagian surat itu diletakan pada margin kiri, terbentuklah bentuk lurus. Jika bagian-bagian surat itu tidak diletakan pada margin kiri, dapat berbentuk surat setengah lurus atau bentuk Indonesia baru.

Surat terdiri atas beberapa bagian, yaitu (a) kepala surat; (b) pembukaan, yang meliputi nomor surat, lampiran, perihal atau hal, tanggal, alamat dalam, dan salam pembuka; (c) isi surat atau tubuh surat; dan (d) penutup, yang meliputi salam penutup, tanda tangan, nama terang, jabatan, tembusan, dan inisial (Sumantri, 1978:19 dan Sudaryono, 1983:31). Dari pembagian itu, diketahui bahwa bagian-bagian surat seperti berikut:
  1. Kepala Surat
  2. Tanggal Surat
  3. Nomor Surat
  4. Lampiran
  5. Hal atau Perihal Surat
  6. Alamat Tujuan
  7. Salam Pembuka
  8. Isi
  9. Salam Penutup
  10. Pengirim Surat
  11. Tembusan
  12. Inisial
Selanjutnya, bagian-bagian surat itu dibicarakan satu persatu di bawah ini. (Lihat Postingan Berikutnya) yaitu KOP Surat. Demikan postingan ini, semoga bisa menambah pengetahuan tentang bagian-bagian surat. Postingan ini saya ketik atau mengutip da buku tentang surat dinas

PENGERTIAN SURAT DINAS

3. PENGERTIAN SURAT DINAS DAN BAGIAN-BAGIANNYA


3.1 Pengertian Surat Dinas
Pembedaan surat menjadi surat dinas atau surat resmi atau surat jabatan, surat niaga atau surat perniagaan, surat pribadi atau surat keluarga berdasarkan isinya telah dilakukan oleh para ahli ( Ahmad, 1980:23), (Sumantri, 1978:10), (Panji, 1978:10), dan (Sudaryono, 1983:34).
Sebenarnya surat dinas berbeda dengan surat resmi, tetapi karena sebgaian besar surat dinas bersifat resmi, surat dinas disamakan dengan surat resmi (Sudaryono, 1983:34).  Arti kata dinas diantaranya ialah (1) jawatan, dan (2) (segala sesuatu) mengenai atu berhubungan dengan jawatan, bukan partikelir; sedangkan kata resmi di antaranya ialah sah dari pemerihtah atau dari yang berwajib; yang ditetapkan (diumumkan, disahkan) oleh pemerintah atau jawatan yang bersangkutan (Poerwadarminta, 1976:251). Dengan batasan itu dapat diketahui bahwa arti kata dinas tidak jauh berbeda dengan kata remsi. Hal itu dapat memperkuat pendapat bahwa surat dinas sama dengan surat resmi.
Sudaryono (1983:34) merumuskan bahwa yang dimaksud surat pribadi ialah sekalian surat yang berisi masalah pribadi penulis, baik yang ditujukan kepada keluarga maupun yang ditujukan kepada instansi tertentu; sedangkan yang dimaksud surat dinas adalah sekalian surat yang berisi masalah kedinasan atau pemerintahan. Yang dimaksud surat niaga adalah sekalian surat yang berisi masalah bisnis atau perniagaan. 

Dalam perkembangannya tampak bahwa penerbit surat dinas tidak hanya instansi pemerintah. Dari urusan kedinasan biasanya ditemukan surat izin untuk tidak dapat masuk kerja. Surat semacam itu tidak semata-mata mengutarakan masalah pribadi, tetapi lebih cenderung berisi masalah kedinasan sebab pembuat atau penerbit surat itu adalah seorang pegawai, masalah yang dikemukaan dalam surat itu berkaitan dengan pekerjaan, dan pengajuan izin semacam itu didasari undang-undang. Pembuat atau penerbitan surat itu bukan instansi pemerintah, tetapi perlu diingat bahwa sebuah surat dapat disebut dinas atau bukan surat dinas harus dilihat isinya bukan penerbitnya. Jadi seseorang kadang-kadang juga membuat surat dinas.

Ciri kedinasan sebuah surat tidak semata-mata ditentukan oleh isinya, tetapi juga bentuk surat dengan segala formalitasnya, misalnya kop surat, bagian surat, nomor surat, bahasa surat, dan cap dinas turut mendukung kedinasan sebuah surat.

Dengan uraian di atas, diketahui bahwa (1) surat dinas ialah surat yang berisi permasalahan kedinasan, (2) surat dinas sama dengan surat resmi, (3) Pembuat atau penerbit surat dinas dapat instansi pemerintah dan dapat pula perseorangan.

Sumber: Buku Surat Dinas

Tuesday, November 8, 2016

Aplikasi Piagam Juara Kelas Format Excel

Assalmualaikum Wr Wb.

Pada kesempatan ini akan kami share aplikasi piagam penghargaan juara kelas berformat excel. Sebelumnya telah diposting tentang beberapa aplikasi berbasis excel. Kali ini adalah aplikasi piagam penghargaan. Aplikasi piagam juara kelas ini digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan piagam dengan jumlah yang banyak. Piagam juara kelas bisa dibuatkan sekolah untuk diberikan kepada siswa yang memperoleh juara kelas ataupun peringkat, sehingga dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Dengan memberikan piagam penghargaan ini bisa menjadkan bentuk reward kepada peserta didik, dan menambah motivasi semangat peserta didik

Aplikasi ini kami susun terinspirasi dari aplikasi yang sebelumnya telah ada, Anda bisa mencarinya melalui google, telah banyak blog yang mensharenya. Dari itu kami mencoba menyusun dengan gaya tersendiri namun sebenarnya kata-kata nya masih sama dari aplikasi tersebut. Mungkin nanti ada saran dari Anda agar kata-kata dalam piagam menjadi lebih baik, atau bisa Anda ganti sendiri sesuai kebutuhan dan selera.

Aplikasi cetak piagam juara kelas yang telah selesai kami susun menggunakan program microsoft excel 2007 terdiri dari beberapa sheet. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007 aplikasi ini dapat dibuka menggunakan microsoft excel 2010. Adapun sheet yang terdapat dalam aplikasi secara umum adalah sebagai berikut

Sheet Menu Utama Piagam Format Excel

Pada sheet menu utama kita mengisikan data utama yaitu data kop surat, data kepala sekolah, dan data tahun pelajaran. Pada sheet ini jerdapat tombol link menjutu sheet lain.
aplikasi piagam penghargaan berbasis excel

Sheet Wali Kelas
Di sheet wali kelas kita isikan data wali kelas, karena piagam ini akan ditanda tangani oleh kepala sekolah dan wali kelas. Pada sheet ini juga harus mengisi data kelas karena data ini menjadi sumber data pada sheet berikutnya yaitu data siswa yang memperoleh penghargaan.
data sheet piagam

Sheet Data Siswa
Pada sheet data siswa ini kita isikan data siswa yang memperoleh juara kelas, tersedia peringkat pertama, kedua, dan ketiga, serta nilai rata-rata siswa..
sheet data siswa untuk piagam

Sheet piagam
Pada sheet piagam adalah sheet untuk menampilkan piagam yang akan kita cetak. Disini telah dibuatkan 7 template variasi yang kesemuanya itu tidak diberi password sehingga Anda bisa mengeditnya sesuai selera atau sesuai kebutuhan. Dan berikut ini tampilan sederhana template piagam penghargaan untuk siswa juara kelas.

Template Piagam 1 (dasar)
template piagam exel 1
Template Piagam 2 (Hijau)




template piagam exel 2

Template Piagam 3 (Orange)
template piagam exel 3

Template Piagam 4 (Batik)

template piagam exel 4
Template Piagam 5 (colour full )
template piagam exel 5
Template Piagam 6 (gold)
template piagam exel 6
Template Piagam 7 (wateer)
template piagam exel 7



Untuk mencetaknya menggunakan kertas ukuran A4 dengan orientasi landscape.

Rumus yang digunakan dalam aplikasi.
Aplikasi ini menggunakan fungsi rumus vlookup. Selain itu ada sedikit fungsi macro yang ditambahkan untuk mempermudah pencetakan tombol print. Tombol Anak panah atau spin button, menu, dan print tidak akan ikut tercetak. Ditambahkan juga macro untuk otomatis menyimpan data ketika di close, sehingga kita tidak perlu mengklik tombol simpan, namun tentu saja sebelum menggunakan aplikasi terlebih daulu kita mengkatifkan/ mengenable macronya.
template piagam exel 7



Untuk lebih jelasnya bisa melihat video yang telah kami upluad melalui link yotube ini.


Kritik dan saran
Aplikasi ini masih sederhana dan masih banyak kekurangan, terutama dari sisi desain yang masih sangat simple. Kritik dan saran dari Anda kami harapkan agar aplikasi ini menjadi lebih baik dan bisa digunakan untuk mencetak piagam penghargaan.

Download aplikasi
Anda bisa langsung mendownload aplikasi tanpa ribet melalui link berikut
https://www.dropbox.com/s/zm4lrihfeizdslk/Aplikasi_Piagam_tasADMIN.exe

File size aplikasi cukup besar karena didalamnya terdapat beberapa gambar border.


Aplikasi ini berbasis excel, namun mengapa extensinya .exe ini karena telah dibuat seperti installer menggunakan winrar.

Sekian, yang bisa kami share, semoga bermanfaat. Anda bisa memberi dukungan dengan melihat link video berikut ini dan memberikan likenya https://youtu.be/YYktObtXmvs

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Saturday, November 5, 2016

PENATA USAHAAN DANA PENDIDIKAN BERBASIS AKRUAL

Pada kesempatan ini saya akan share materi sosialisasi pengelolaan dana pendidikan di sekolah berbasis akrual. File ini merupakan file power point yang saya dapatkan dari Bendahara BOS. Sekalian untuk belajar saya posting melalui blog ini. Mari kita lanjutkan.

PENATAUSAHAAN DANA PENDIDIKAN DI ERA AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL
Menindaklanjuti Rekomendasi BPK RI ................, Agustus 2016

GAMBARAN UMUM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL

gambaran umum akutansi berbasis akrual

LAPORAN KEUANGAN POKOK Berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010
Kelompok Laporan Pelaksanaan Anggaran
  • Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  • Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL)

Kelompok Laporan Finansial
  • Laporan Operasional (LO)
  • Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas (LAK)

Kelompok Catatan atas Laporan Keuangan
  • Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK
BASIS KAS
  • Basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar
  • Basis Kas diterapkan untuk pengakuan Pendapatan-LRA, Belanja, dan Pembiayaan

BASIS AKRUAL
  • Basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar
  • Basis akrual diterapkan untuk pengakuan Pendapatan-LO, Beban, Aset, Kewajiban, dan Ekuitas

PENDAPATAN-LO
  • Tidak selalu berdasarkan penerimaan kas
  • Penerbitan dokumen yang  telah menimbulkan hak bagi pemerintah dipakai  sebagai dasar untuk mengakui Pendapatan pada tahun berjalan dan pengakuan atas Piutangnya
BEBAN
  • Tidak selalu berdasarkan pengeluaran kas tetapi juga diakui pada saat timbulnya kewajiban, terjadinya konsumsi aset, dan terjadinya penurunan manfaat ekonomi dan potensi jasa

BASIS AKUNTANSI PADA LAPORAN KEUANGAN

Akrual
Laporan Operasional (LO)
Neraca
Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)

Kas
Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
Laporan Perubahan SAL (LPSAL)
Laporan Arus Kas (LAK)



HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN
Laporan Pelaksanaan Anggaran :
SAL/SiLPA (tahun berjalan) pada LRA akan dimasukkan ke dalam LPSAL untuk menambah saldo SAL/SiLPA (awal)
lra laporan realisasi anggaran

HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN
Laporan  Finansial :
Saldo Surplus/Defisit pada LO akan menambah/mengurangi saldo Ekuitas pada LPE
Saldo akhir Ekuitas pada LPE akan terbawa ke Neraca

neraca akrual

Bagaimana dengan penerapan akuntansi berbasis akrual di satuan pendidikan?
Mengingat Sekolah merupakan bagian dari Entitas Dinas Pendidkan yang memerlukan dana APBD, maka penatausahaan keuangan sekolah mengikuti ketentuan yang berlaku umum pada pengelolaan keuangan daerah.

Bagaimana dengan dana yang berasal dari Komite, DIPA Kementerian Pendidikan maupun dana Hibah seperti BOS?
Dana Komite maupun DIPA Kementerian baru menjadi Hak Sekolah/Pemda sepanjang telah dilakukan Serah Terima atas BMD yang berasal dari dana tersebut

Dana Hibah terutama BOS diberikan dalam bentuk uang, maka sejak menerima uang tersebut telah diakui dan dicatat sebagai penerimaan sekolah.

Apakah Pemerintah Daerah juga mengakui dan mencatat hal yang sama??
Mari kita cermati Fatwa dari Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) yang menjawab permintaan penjelasan Sekretaris Daerah Provinsi Bali atas  Penganggaran dan Pengakuan Dana BOS

 Fatwa dari Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP)
Dalam praktik tidak semua pendapatan dalam bentuk kas diterima pada RKUN/RKUD, terdapat pendapatan kas yang diterima oleh entitas selain Bendahara Umum Negara/Daerah (BUN/BUD), bahkan ada yang langsung digunakan oleh Satuan Kerja (Satker)/Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Beberapa praktik terkait dengan
penerimaan pendapatan yaitu:

3. Pendapatan kas diterima dan digunakan langsung oleh SKPD tanpa terlebih dahulu disetor ke RKUD serta tidak dilaporkan ke BUD.
Pada kondisi ini, pendapatan diterima langsung dan digunakan untuk operasional entitas penerima tanpa terlebih dahulu disetor ke RKUD dan tidak dilaporkan kepada BUD.
Contoh:Hibah langsung dana yang diterima oleh suatu satuan kerja yang menjadi bagian dari entitas pelaporan yang kemudian langsung digunakan tanpa disetorkan ke RKUN/RKUD.

Tujuan penyajian laporan keuangan pemerintah sebagaimana disebutkan dalam Paragraf 9 PSAP 01 huruf c dan e adalah: untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan untuk menunjukkan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, dengan:
  1. pada huruf c; menyediakan informasi mengenai sumber, alokasi, dan penggunaan sumber daya ekonomi;
  2. pada huruf e; menyediakan informasi mengenai cara entitas pelaporan mendanai aktivitas dan memenuhi kebutuhan kas.
Sejalan dengan tujuan pelaporan keuangan tersebut, maka seluruh pendapatan yang berbentuk kas wajib disajikan sebagai bagian sumber daya kas oleh entitas yang menggunakannya.


Pengakuan Pendapatan Hibah Basis  Akrual
(Bultek 13 Akuntansi Hibah)
Pengakuan pendapatan pada akuntansi berbasis akrual terjadi pada saat hak pemerintah  timbul yang akan menambah ekuitas dalam periode tahun anggaran berjalan serta tidak  perlu dibayar kembali.
Pendapatan hibah berbasis akrual diakui pada saat:
  1.  Pendapatan tersebut dapat diidentifikasi secara spesifik;
  2. Besar kemungkinan bahwa sumber daya tersebut dapat ditagih; dan
  3.  Jumlahnya dapat diestimasi secara andal
Pendapatan hibah pada akuntansi berbasis akrual disajikan di Laporan Operasional.
Selain disajikan di Laporan Operasional, pendapatan hibah juga tetap harus disajikan di  Laporan Realisasi Anggaran dengan menggunakan basis kas, hal tersebut karena  Laporan Realisasi Anggaran merupakan statutary report.


Pencatatan di LRA
Jurnal untuk mencatat realisasi pendapatan hibah di LRA pada Pemerintah Daerah pada saat Kas diterima adalah sebagai berikut:

DR     Akun Perantara             xxx.xxx
CR     Lain-lain Pendapatan
           Daerah yang Sah (Hibah) LRA         xxx.xxx


Pencatatan di Laporan Operasional
Jurnal pada saat pendapatan hibah telah diterima Kasnya:

    DR Kas di Kas Daerah             xxx.xxx
    CR Lain-lain Pendapatan Daerah
                   yang Sah (Hibah)-LO             xxx.xxx

Jurnal pada saat pendapatan hibah berupa barang telah diterima barangnya adalah sebagai berikut:

    DR Aset Tetap . Jenis Aset         xxx.xxx
    CR Lain-lain Pendapatan Daerah
                  yang Sah (Hibah)-LO            xxx.xxx

Pengukuran
Pendapatan hibah dalam bentuk kas dicatat sebesar nilai nominal hibah diterima atau menjadi hak. Sedangkan pendapatan hibah dalam bentuk barang/jasa dicatat sebesar nilai barang/jasa yang diserahkan berdasarkan berita acara serah terima, dan jika data tersebut tidak dapat diperoleh, maka dicatat berdasarkan nilai wajar.


Demikianlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini semoga bermanfaat.

Monday, October 3, 2016

Kepala Sekolah Pembelajar (KSP) Daring

Asslamaualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini akan saya coba posting tentang Kepala Sekolah Pembelajar. Informasi kepala sekolah ini saya dapat dari teman-teman di facebook dan dari beberapa bloger yang telah memposting informasi dan modul tentang kepala sekolah pembelajar. Sebelumnya telah ada program Guru Pembelajar sekarang ada Kepala Sekolah Pembelajar, yang nantinya akan muncul juga Pengawas Pembelajar , Laboran Pembelajar, dan Tenaga Administrasi belajar.

kepala sekolah pembelajar daring
http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/
Untuk web portal Kepala Sekolah Pembelajar bisa kita gunakan alamat http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ khusunya di link http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/ di website tersebut bisa kita download tentang informasi Kepala Sekolah Pembeljara (KSP) seperti alur, download, dan kontak.

DOWNLOAD PEDOMAN DAN JUKNIS KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR


  1. Pedoman_Kepala Sekolah Pembelajar (KSP)_20160908
  2. Juknis  Tatap Muka (TM )
  3. Juknis_KSP Daring 080916
  4. Video Alur Kepala Sekolah Pembelajar
  5. Manual Penggunaan Kepala Sekolah Pembelajar
Selain pedoman Kepala Sekolah Pembelajar Saya akan cantumkan link download Modul Untuk Kepala Sekolah Pembelajar yang saya dapat dari salah satu web blog guru.
download modul kepala sekolah pembelajar ksp

DOWNLOAD MODUL LENGKAP KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR (KSP)

  1. Kelompok Modul 1: Pengelolaan Peserta Didik
  2. Kelompok Modul 2 : Pengelolaan Administrasi Sekolah
  3. Kelompok Modul 3 : Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Kelompok Modul 4 : Rencana Kerja Sekolah
  5. Kelompok Modul 5: Pengembangan Sekolah
  6. Kelompok Modul 6 : Pengelolaan Kurikulum
  7. Kelompok Modul 7: Peningkatan Kualitas Pembelajaran
  8. Kelompok Modul 8 : Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  9. Kelompok Modul 9 : Kewirausahaan
  10. Kelompok Modul 10 : Supervisi
Mengutip sedikit dari Misi Ditjen GTK
Mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang berkinerja baik.
Mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional dan sehatera
Mewujudkan penataan dan distribusi guru dan tenaga kependidikan yang meluas, merata dan berkeadilan.
Mewujudkan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan pelibatan publik


Demikanlah yang bisa saya posting pada kesempatan ini, semoga bermanfaat khususya untuk Kepala Sekolah dan Operator Kepala Sekolah Pembelajar, dan umumnya untuk pembaca sekalaian yuk mari kita terus belajar.

Terima kasih, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber: 
http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/ksp/
http://www.gurusd.net/2016/10/modul-kepala-sekolah-pembelajar-untuk.html


Monday, July 18, 2016

Yuk Menyusun Aplikasi Penilaian Raport Kurikulum 2013 Revisi

Terima kasih, telah menyempatkan untuk membaca tulisan ini. Pada postingan ini saya ingin memposting keinginan saya untuk menyusun aplikasi penilian raport kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar (SD). Aplikasi yang ingin disusun adalah aplikasi yang berbasis microsoft excel.

Bedasarkan panduan penilaian yang diterbitkan Kemdikbud, juknis yang terakhir terbit adalah per Desember 2015. Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang komprehensif dan objektif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Panduan ini juga sekaligus pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akutabel dan informative.

Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang teknik-teknik penilaian, dilengkapi contoh serta langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor. Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih professional sehingga pada akhirnya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Sebulum melangkah lebih jauh tentang penyusunan aplikasi ini, saya sampaikan dulu bahwa saya operator sekolah yang tidak mengikuti pelatihan maupun sosialisasi tentang Kurikulum 2013.

1. Tujuan utama aplikasi raport kurtilas ini adalah pembuatan nilai diskripsi otomatis, namun saya masih belum bisa menuliskan rumus logika yang tepat hingga pada akhirnya nilai deksripsi muncul sebagai kalimat yang luwes, dari sisi isi, maupun penulisan yang sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti penggunakan tanda hubung (dan, serta) serta penggunakan tanda baca (titik, koma).
nilai ndeskripsi sikap spiritual kurtilas

Berikut ini isi tentang juknis penulisan deskripsi sikap.
Berikut adalah rambu-rambu rumusan deskripsi nilai sikap selama satu semester:

A. Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya:
... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu
bimbingan dalam hal ...

B. Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap peserta didikyang sangat baik danatau baik dan yang mulai atau sedang berkembang.

C. Apabila peserta didik tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap peserta didik tersebut diasumsikan BAIK.

D. Dengan ketentuan bahwa sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilaisikap peserta didikberdasarkan sikap peserta didik pada masa akhir semester. Oleh karena itu, sebelum deskripsi sikap akhir semester dirumuskan, guru muatan pelajaran dan guru kelas harus memeriksa jurnal secara keseluruhan hingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yang menunjukkan bahwa sikap peserta didik tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.

E. Apabila peserta didik memiliki catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan peserta didik tersebut belum menunjukkan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap peserta didik tersebut dirapatkan dalam forum dewan guru pada akhir semester.


Dari gambar contoh diatas Guru membuat deksripsi raport.
nilai deskripsi nilai sikap sosial kurikulum 2013

2. Ingin dibua aplikasi untuk masing-masing kelas sehingga supaya mudah digunakan. Tiap kelas terdiri dari beberapa tema yang terdapat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Sya butuh bantuan dari para guru untuk pemetaan KD dari KI-3 per subtema
pemetaan kd persubtema kurtilas


3. Deksripsi pengetahuan dan ketrampilan diambil dari KD nilai maksimum dan minimum Rentang nilai pengetahuan sebagai berikut.
Sangat baik : 86-100
Baik : 71-85
Cukup : 56-70
Perlu bimbingan : ≤ 55
menentukan niali diskripisi kurtilas


4. Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat template raportnya, yang nantiknya kita isikan data menggunakan rumus vlookup.

aplikasi penilaian kurikulum 2013 excel


Demikian keinginan saya untuk menyusun aplikasi raport kurtilas edisi revisi, bagi yang ingin ikut berpartisipasi silahkan inbok, Terima kasih atas perhatiaanya..

=====
HEHEE,, GUA LAGI GAGAL PAHAMM NICH...

SILAHKAN berpartisipasi,
cara menentukan deskripsi raport
dengan menjawab A, B, C, atu D

Kepada bapak Ibu Guru SD Pelaksana Kurikulum 2013 ataupun siapa saja yang berkenan berpartisipasi, kami mohon pencerahannya...

>>>sesuai panduan penilaian untuk SD Th 2015 tertulis sbb:

"Pada penilaian sikap diasumsikan bahwa setiap peserta didik memiliki perilaku
yang baik. Jika tidak dijumpai perilaku yang sangat baik atau kurang baik, maka nilai
sikap peserta didik tersebut adalah baik dan sesuai dengan indikator yang diharapkan.
Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dijumpai selama proses pembelajaran
dimasukkan ke dalam jurnal atau catatan guru."

Selanjutnya saya mau bertanya,
Pada contoh deskripsi panduan tersebut, siswa nomor 4 yaitu Lukito tidak ada catatan kompetensi sikap "Taat Beribadah" dan "Berdoa". untuk itu pada deskripsinya tidak ada penilaian (atau penyebutan) deskripsi untuk kompetensi "Taat Beribadah" dan "Berdoa".

A. Tidak masalah, karena sudah sesuai dengan bunyi juknis.

B. Seharusnya ditulis, karena asumsinya kompetensi sikap Taat "Beribadah" dan "Berdoa", adalah BAIK

C. Tidak Ikut Menjawab

D. Jawaban tersendiri (sebutkan)

SILAHKAN berpartisipasi, dengan menjawab A, B, C, atu D

Terima kasih, semoga bermanfaat


Thursday, June 30, 2016

Aplikasi Administrasi UTS UAS UKK Excel

Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.
Pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang aplikasi administrasi UTS UAS UKK. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat adminstrasi Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Apabila kita sudah membuat administrasi UTS menggunakan aplikasi ini. Maka untuk selanjutnya kita bisa mudah membuat administrasi UAS, UKK, untuk tahun pelajaran yang sama, karena kita telah mamasukan nama siswanya. Dengan aplikasi ini kita hanya memilih administrasi apa yang akan dibuat, maka selanjutnya akan otomatis terisi jenis adminstrasinya.

Aplikasi ini dibuat menggunakan microsoft excel 2007 dan menggunakan rumus formula yang simple atau yang sering digunakan sehingga bisa dijalankan pada microsoft excel 2007, excel 2010, maupun excel 2013. File ini juga cukup ringan. Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari beberapa sheet yang dimana masing sheet tersebut dibuat per halaman berdasar file word administrasi UTS, UAS, dan UKK. Namun untuk SK Panitia tidak saya masukan ke sheet excel karena untuk SK lebih rapi di buat menggunakan Word, dan juga di tempat saya File SK ada folder tersendiri karena merupakan hal yang penting, dan supaya mudah dicari.
aplikasi administrasi format excel uts uas ukk
Tampilan Sheet Menu

Aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini terdiri dari berberapa sheet. Dimana pada sheet menu merupakan sheet untuk data utama, seperti data sekolah, nama kepala sekolah, memilih jenis administrasi, tahun pelajaran, dan tanggal pembuatan administrasi. Data ini nantinya sumber data untuk sheet lainnya yang akan terisi secara otoatis, ada Sheet Daftar Isi, Sheet Tata Tertib Pengawas, Sheet Tata Tertib Peserta, Sheet Jadwal, Sheet Daftar Pengawas, Sheet Rekap Peserta, Sheet Daftar Peserta, Sheet Denah Lokasi, Sheet Tempat Duduk, Sheet Kode Bel, Sheet Daftar Hadir, Sheet Daftar yang tidak mengikuti, Sheet Cover.
Namun tidak semuanya otomatis, misal kita harus masih menentukan jadwal.

Download Aplikasi UTS - UAS - UKK Format Excel

Untuk mendownload aplikasi administrasi UTS/UAS/UKK ini, silahkan kunjungi link berikut:
Link Download

Untuk melihat Videonya  penggunaan aplikasi melalui link youtube berikut:
Link Video https://youtu.be/ZmztBDGEJSg

Aplikasi ini masih banyak kekurangan, kritik dan saran kami terima dengan baik.
Sekian postingan ini, semoga bermanfaat

Tuesday, June 28, 2016

Kebijakan Dapodik Data Peserta Didik Tahun 2016

Sambil menunggu berbuka puasa, tidur memang ibadah, apalagi melakukan kegiatan tambah ibadah, tentunya bukan kegiatan maksiat loh ya.. Oke langsung saja, ke postingan yang intinya tentang cara penerbitan NISN mulai Tahun Pelajaran 2016/2017. Saya kan ketik kan Surat dari Kemdikbud Nomor : 31966/A/LL/2016 Tanggal 27 Juni 2016 Perihal Kebijakan Pengelolaan Data Perserta Didik.
kebijakan data peserta didik dapodik 2016

Yth. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
u.p. Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK-Datadik)
di seluruh Indonesia

Berdasarkan Permendikbud Nomor: 79 Tahun 2015 tentang Dapodik dan memperhatikan perkembangan pengelolaan data Peserta Didik dalam pemberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) telah melakukan koordinasi dengan pengelola Dapo-Dikdasmen dan Dapo-PAUD_Dikmas serta Unit Kerja terkait lainya dengan hasil kesepakatan sebagai berikut:

1. Seluruh Data Peserta Didik (PD) yang belum memiliki NISN dan telah mengisikan data ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen pada tahun 2015, akan secara otomatis diberikan NISN;

2. Peneribitan NISN akan dilakukan oleh PDSPK di setiap tahun ajaran baru dengan ketentuan:

a. bagi PD tingkat 1 SD, tingkat 7 SMP, dan tingka 10 SMA/SMK dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen oleh Operator Sekolah;
b. bagi PD baru di sekolah TK Kelompok A dan B akan diberikan NISN dengan catatan datanya telah diisikan ke dalam Aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh Operator Sekolah;
c. bagi PD jentang kesetaraan Paket A, B, dan C akan diberikan NISN dengan catatan bahwa datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-PUD-Dikmas oleh Operator Sekolah

3. Waktu pengisian data Peserta Didik baru ke dalam aplikasi Dapodik diatur sebagai berikut:
a. untuk Dapo-Dikdasmen dapat dimasukan sebelum akhir Bulan September pada tahun ajaran yang sama;
b. untuk Dapo-PAUD-Dikdas dapat dimasukan sebelum akhir Bulan November pada tahun ajaran yang sama.

4. Apabila pengisiandata peserta didik baru tersebut, belum selesai dalam batas waktu serperti yang dimaksud pada butir 3 di atas, maka penomoran NISN akan diberikan pada tahun ajaran berikutnya;

5. Bagi peserta didik yang belum memiliki NISN dan/atau pindahan setelah waktu yang telah ditetapkan seperti dalam butir 3 dan 4 diatur sebagai berikut:
a. berasal dari sekolah di luar Kemendikbud, dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk pengajuan NISN peserta didik yang bersangkutan;
b. berasal dari sekolah Luar Negeri, dapat melengkapi dokumen melalui Sekretariat Ditjen Dikdasmen untuk mendapatkan Surat Keterangan Penyetaraan. Selanjutnya diajukan penerbitan NISN oleh Setdijen Dikdasmen dan PDSPK akan menerbitkan NISN bagi peserta didik yang bersangkutan.

6. Hasil pengelolaan data peserta didik dapat dilihat operator sekolah pada aplikasi VervalPD melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Saudara untuk dapat mensosialisasikan dan menginformasikan kepada seluruh Operator Sekolah yang ada di wilayah unit kerja Saudara.

Atas perhatian Saudara dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih

Sekretaris Jendral,

Didik Suhardi
NIP.*********************

Tembudan Yth:
1. Dirjen Dikdasmen;
2. Dirjen PAUD dan Dikmas
3. Kepala Balitbang

Itulah surat tentang Pengelolaan Data Peserta Didik yang dapat kami posting, semoga operator sekolah dapat bekerja dengan nyaman dan dapat bermanfaat. Semoga juga dengan data yang baik dapat meningkatkan Pendidikan di Negeri Indonesia. Dan semoga operator sekolah selalu sehat dan berkah.





Update Buku Panduan Verval NISN Tahun 2016

Download langsung



Source / Sumber:
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/dokumen/20160627013430_img-627082949.pdf

Monday, June 27, 2016

PERSIAPAN MENYONGSONG DAPODIK 2016 2.5.3

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah saudara... kita masih diberikan nikmat sehat...

Pada kesempatan ini saya akan sedikit informasi tentang dapodik 2016.  Informasi dapodik 2016 telah tersebar melalui jejaring media sosial. Ini bagus sobat,.. jadi kita bisa tahu apa-apa yang harus kita lakukan untuk dapodik tahun 2016. Jangan sampai kita salah melakukan action. Untuk itu beriktu ini saya ikut posting.
logo database dapodik


_
Yth. Bapak/Ibu
1. Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
2. Operator Dapodik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
di seluruh Indonesia
_
Assalamu alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
_
Menindaklanjuti persiapan upgrade database dapodik dari versi 2.4.7 menjadi 2.5.3 yang kemudian diikuti dengan maintenance server dan perbaikan/penyesuaian aplikasi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator sekolah, di antaranya:

_
///Tanggal 24 – 30 Juni 2016
Mengingat batas waktu untuk perbaikan data dapodik untuk kebutuhan data Transaksi di Ditjen. GTK dan masa aktif periode genap tahun pelajaran 2015/2016 akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2016, maka kami berharap operator Sekolah melakukan sinkronisasi sebelum batas yaitu tanggal 30 juni 2016 Pukul 23.59 WIB.
Ingat shobat,,, jangan lupa centang keaktifan PTK sampai bulan Juni ya....
_
Kemudian kami mohonkan agar informasi batas pengiriman data seperti diatas disampaikan kepada teman teman operator lainnya mengingat pada aplikasi baru nantinya tanpa rilis aplikasi “updater” dan langsung menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen “Installer” serta menggunakan prefill baru.
Nah nanti pada aplikasi baru 2016 kita instal ulang shobat,,, aplikasi dapodiknya
_
///Tanggal 1 sd 17 Juli 2016
Upgrade Database Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen dari 2.4.7 menjadi 2.5.3. Sekolah diharapkan untuk menyiapkan Dokumen pendukung untuk entri data kelas I, VII atau X dan TIDAK DIIJINKAN melakukan proses sinkronisasi.
 Nah disini kita bisa menyiapkan dokumen termasuk membagikan formulir dapodik ke peserta dapodik, oh iya ini ada Formulir Dapodik Untuk Peserta Didik Format Excel, tapi jangan lupa diedit dahulu, dan tambah juga form entrykan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bila perlu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

_
///Tanggal 18 Juli 2016
Rilis Aplikasi baru Dapodik 2016 Ditjen Dikdasmen.
Pastikan Anda Mendownload file Installer terbaru ya shobat... Agar lebih yakin hanya mendownload di situs resminya ya...  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
_
Kami mengingatkan kembali bahwa kelulusan siswa kelas VI, IX dan XII Tahun 2015/2016 termasuk input data untuk siswa baru kelas I, VII dan X tahun 2016/2017 dilakukan setelah referensi tahun pelajaran 2016/2017 diaktifkan. 

Ini Shobat... penting jangan melakukan aksi input data dahulu di versi dapodik 2015.

Informasi pembukaan tahun pelajaran 2016/2017 secara teknis akan disampaikan melalui website resmi pendataan di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id atau http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu operator sekolah, Kami ucapkan terima kasih.
_
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah itulah yang bisa saya posting semoga bermanfaat.

Sunday, June 19, 2016

KUMPULAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 REVISI

Kurikulum 2013 atau yang sering disebut kurtilas, saat tulisan ini ditulis belum diberlakukan seluruhanya, hanya beberapa sekolah yang menerpakan kurikulum 2013. Dan tahun 2016 ini, Kemdikbud masih mengadakan pelatihan instruktur kurikulum 2013. Nantinya instruktur ini akan menjadi pembimbing di tiap daerah atau menyebarkan ilmunya tentang kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah direvisi, sebelumnya beredaar kabar namanya akan diganti menjadi kurlikulum nasional, namun nama kurikulum tetap yaitu Kurikulum 2013. Beberapa info terkait kuriulum 2013 yang telah direvisi saya dapatkan di jejaring sosial dan menjadi viral dan sudah di posting di beberapa blog, sebagai berikut.

logo kurtilas
logo kurikulum 2013
  Ini dari pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013 antara lain sebagai berikut :
  1. Nama Kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional tetapi menggunakan nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompetensi Inti ( KI ) tetap dicantumkankan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
  3. Jika ada 2 (dua) nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar (KD), maka yang diambil adalah  nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, dan portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama;
  4. Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan;
  5. Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih ramping hanya 3 (tiga) kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran;
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 (satu) dan penilaian akhir tahun untuk semester 2 (dua). Dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester;
  7. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yg digunakan, dan materi dibuat dlm bentuk lampiran berikut dgn rubrik penilaian (jika ada);
  8. Skala penilaian menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dlm bentuk predikat dan deskripsi;
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedi inilah yang dicantumkan dalam hasil;

 Demikian sekilas info.
Itulah beberapa info terkait Kurikulum 2013 Edisi Revisi, dan selanjutnya akan saya posting link download dokumen kurikulum 2013 melalui hasil pencarian di Internet. Karena beberapa guru maupun operator sekolah. Cara mendownload mudah kopikan alamat linknya ke webbrowser karena kami tidak langsung membuat link aktif.

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar ( SD )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoT0dMNTgzRlZTUVE

Panduan Penilaian  Untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoZTBGU1Y3UFhWeUU

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas ( SMA )
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoMmVRbmRxTjFWSDA

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
https://drive.google.com/open?id=0Bw5tgXbHP8zoekw3dldVbTlXQUU

Panduan Penyusunan RPP Kuriulum 2013
https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B4zhmdo4yiNlejVfbXhUYUlqazA
Pengertian RPP:
  • Rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013: 37)
  • Rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
  • Dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). (Kemdikbud, 2013: 9)

DOWNLOAD LENGKAP MATERI PELATIHAN KURIKULUM 2013


LINK DOWNLOAD

KLIK LANGSUNG UNTUK MENDOWNLOADNYA

kurtilas tahun 2016


SILABUS

  1. Silabus Tematik Terpadu_Versi120216
  2. Silabus PA Islam dan BP SD_versi 120216
  3. Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SD_versi 120216
  4. Silabus Katolik SD_VERSI 140216
  5. Silabus PA Hindu dan BP SD versi 120216
  6. Silabus Pendidikan Agama Buddha dan BP SD_versi 120216
  7. Silabus  Agama Khonghucu SD_Versi 120216
  8. Silabus PPKn SD versi 110216
  9. Silabus B-Indo SD_Versi120216
  10. Silabus Matematika SD_Versi 120216
  11. Silabus IPA SD_Versi 120216
  12. Silabus IPS SD_Versi 120216
  13. Silabus SBdP SD versi 120216
  14. Silabus PJOK SD_versi 120216 
  15. Silabus INTEGRASI KELAS VI KURTILAS

Semoga kedepannya halaman ini selalu di update,,, :)

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bisa sedikit mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam mencari dan mendownload dokumen kurikulum 2013 edisi revisi.

update postingan: 10/6/2016

PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013

Coba cari perangkat pembelajaran promes untuk kurilulum 2013. Dan berikut ini link downloadnya yang saya posting dari kelas 1 sampai kelas 6, silahkan langsung klik dan download,
program semeseter kurikulum 2013

1. Promes Kelas 1 Kurtilas
2. Promes Kelas 2 Kurtilas
3. Promes Kelas 3 Kurtilas
4. Promes Kelas 4 Kurtilas
5. Promes Kelas 5 Kurtilas
6. Promes Kelas 6 Kurtilas
- Promes Kelas 6 Semester 1 k13

PROGRAM TAHUNAN (PROTA) KURIKULUM 2013


program tahunan kurikulum 2013
Download link
1. Prota 1 Kurtilas
2. Prota 2 Kurtilas
3. Prota 3 Kurtilas
4. Prota 4 Kurtilas
5. Prota 5 Kurtilas
6. Prota 6 Kurtilas
- Prota Kelas 6 Semester 1 K13

download Daftar Kompetensi Dasar (KD) Perkelas

BUKU TEKS KURIKULUM 2013 GURU DAN SISWA REVISI DRAFT

Meskipun file ebook buku kurtilas ini masih draft buku ini bisa digunakan Nantinya juga sudah filnal tentunkan akan di posting dan dipajang di situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemdikbud.
buku bse kurikulum 2013 revisi

 Dan berikut ini link downloadnya:

Kelas 1 Tema 1 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 1 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 2 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 2 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 3 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 3 Buku Siswa.pdf
Kelas 1 Tema 4 Buku Guru.pdf
Kelas 1 Tema 4 Buku Siswa.pdf


Kelas 4 Tema 1 Buku Guru
Kelas 4 Tema 1 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 2 Buku Guru
Kelas 4 Tema 2 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 3 Buku Guru
Kelas 4 Tema 3 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 4 Buku Guru
Kelas 4 Tema 4 Buku Siswa
Kelas 4 Tema 5 Buku Guru
Kelas 4 Tema 5 Buku Siswa

Source / Sumber / Upload by:
http://www.opssekolahkita.com/2016/01/download-administarsi-guru-panduan.html
www.google.co.id
http://www.kurikulum2013.net/2016/02/rpp-sd-kurikulum-2013-kelas-1-semua.html
http://www.kurikulum2013.net/2016/06/silabus-sd-revisi-2016-kurikulum-2013.html 
http://www.s3mlah.com/2015/09/download-program-tahunan-dan-program.html 
https://kurikulum2013sd.wordpress.com/category/aplikasi-penilaian-sd/


Kebanyakan file tersebut diatas di simpan di google drive, jika Anda masih belum familiran tentang google drive silahkankan kunjungi postingan tentang: Media Penyimpanan File Online Google Drive

UNTUK DOKUMEN PENENTUAN KKM LENGKAP, SILAHKAN MENUJU LINK BERIKUT:
http://tasadmin.blogspot.co.id/2016/06/aplikasi-untuk-menghitung-kkm-sd.html

oh iya,, like juga ya,, dengan tombol dibawah ini.. biar semangat update... :) makasih...

MEMBUAT SURAT PENGANTAR.

Kembali lagi dengan postingan di blog tasADMIN. Pada kesempatan ini saya akan memposting tentang surat pengantar dan contohnya. Pada postingan sebelumnya telah diposting tentang surat keterangan. Sebagai tenaga administrasi tentunya pernah membuat surat pengantar, contohnya surat pengantar laporan pertanggungjawaban keuangan atupun surat pengantar lainnya. Untuk Sekolah mungkin tidak banyak membuat surat pengantar, karena surat pengantar biasamya dibuat untuk menyampaikan surat edaran, ataupun surat keputusan dari lembaga atau instansi atasan seperti Bupati, Dinas, Kementrian, dll.
tulisan surat pengantar

Kata pengantar dibentuk dari kata dasar antar dan awalan peN-. Kata pengantar bermakna:
  1. Orang yang mengantarkan;
  2. Alat untuk mengantar;
  3. Pendahuluan umum secara ringkas sebagai pendaguluan (isi buku, ceramah)

Surat pengantar berfungsi mengantarkan sesuatu. Sesuatu yang diantarakan dapat berupa barang, buku, surat, dan berkas yang lain. Surat pengantar itu dan barang yang diantarkan seperti orang yang berjalan beriringan. Ada bentuk tertentu yang sangat lazim digunakan dalam surat pengantar (yang bukan berbentuk balngko). Bentuk tertentu itu adalah bersama ini atau bersama surat ini. Penggunaannya sebagai berikut.

1. Bersama surat ini kami kirimkan surat tugas atas nama Dra. Ratna Indriani yang Saudara kirimkan beberapa hari yang lalu.

2. Karena siswa-siswi Saudara banyak yang berminat memiliki Lembar Komunikasi, bersama ini kami kirimkan Lembar Komunikasi edisi terakhir.

3. Bersama ini kami sampaikan surat edaran Menteri Pendidkan dan Kebudayaan nomor 37/MPK/1993, tanggal 27 Februari 1993 tentang pekerjaan jasa cetak dokumen pendidikan.

4. Dengan hormat, bersama ini kami sampaikan fotokopi surat Kepala Biro Perlengkapan  Setjen Depedikbud tanggal 12 Juni 1992, nomor 31870/A4/F/1992 agar surat itu diketahui dan dipedomanii dalam pembuatan kebijaksanaan.

5. Berkaitan dengan surat dari Direktur Utama PT Ngestimulya tanggal 23 Mei 1993, nomor 10/NM/V/1992 dan surat dari Direktur Utama PT Bayu Adji Utama tanggal 25 Mei 1992 nomor 49/BA/1992, perihal penawaran perumahan, bersama ini kami sampaikan fotokopi brosur penawaran perumahan yang terletak di dusun Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul dan perumahan Naga Asri Permai di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Dalam contoh kalimat 1 dan 2, digunakan bentuk kami kirimkan dan dalam contoh kalimat 3,4,dan 5 digunakan bentuk kami sampaikan. Karena kata mengirimkan bermakna menyampaikan dan kata menyampaikan dapat bermakna mengirimkan, bentuk  kami kirimkan dan kami sampaikan merupakan sinonim, yaitu dua bentuk yang bermakna sama. Oleh sebab itu, kedua bentuk itu dapat digunakan.

Sesudah mengirimkan sesuatu, subjek surat (pengirim surat) lazim mempunyai harapan-harapan tertentu yang berkaitan dengan pengirimannya. Harapan-harapan semacam itu dapat dituangkan dalam kalimat pentutup surat pengantar seperti berikut ini.
  1. Semoga buku-buku itu dapat melengkapi perpustakaan Saudara.
  2. Mudah-mudahan buku-buku itu bermanfaat.
  3. Mudah-mudahan edaran itu dapat dipedomankan.
  4. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Dan berikut ini adalah contoh surat pengantar.
(belum tersedia)

Demikanlah tentang surat pengantar dengan contohnya, semoga dapat berguna. Terima kasih telah mengunjugi blog ini, semoga bermanfaaat.

Referensi / Source
Buku Bahasa Surat Dinas

Wednesday, June 15, 2016

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kab Purworejo Tahun 2016 Online

PPDB adalah singkatan dari Penerimaan Pesesta Didik Baru, sering disebut juga dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB). Pada tahun ajaran 2015 2016 hampir semua Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Purworejo melaksanakan PPBD secara transparan itu terlihat dari dipajangnya secara online dan realtime jurnal penerimaan peserta didik baru. Orang tua dan siswa bisa memantaunya dari manapun dengan menggunakan komputer, laptop, maupun smart phone.
ppdb online kab purworejo 2016
tampilan website ppdb
Untuk pertamakalinya PPDB di Kabupaten menggunakan sistem online yang saling terintegrasi dengan sekolah-sekolah yang menyelenggarakan PPDB Online ini. Pun sebelumnya untuk SMP di Kabupaten Purworejo dari tahun 2013 mengonlinekan jurnal PPDB secara baik dan tanpa berjalan dengan lancar. Untuk tahun 2016 di Kabupaten Purworejo menggunakan PPDB online menggunakan platform SIAPKU Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan yang diselenggarakan Telkom Indonesia untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Tata cara, junral, maupun jadwal PPDB Online Tahun 2016 Kabupaten Purworejo bisa dilihat langsung melaui alamat link portalnya di https://purworejo.siap-ppdb.com. Secara umum tata cara ppdb online ada 4 (empat) tahapan sebagai berikut:
  1. Calon siswa mengambil dan mengisi formulir pendaftaran;
  2. Calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran, operator melakukan entri data pendaftaran;
  3. Calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran;
  4. Calon siswa melihat secara onlin, kapan saja, dan dimana saja jurnal seleksi PPDB.
Oh iya saya akan sharingkan tambahan point bagi siswa yang berprestasi atau yang memperoleh kejuaraan lomba bidang Akademik maupun Non Akademik yang dikutip dari Juknis atau Pedoman PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Bonus nilai prestasi ini sebagai  penghargaan dan pembinaan prestasi calon peserta didik dan untuk motivasi juga. Bonus prestasi ini berlaku untuk semua jenjang. Dan berikut ini tabel bonus nilai prestasi.
bonus nilai siswa berprestasi

VIDEO

Demikianlah posingan tentang PPDB Online Kab. Puworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga dapat menjadikan lebih mudah dan dapat berjalan dengan lancar. Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

Tuesday, June 14, 2016

APLIKASI UNTUK MENGHITUNG KKM SD LENGKAP

KKM adalah singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM ini selain terdapat pada Kurikulum 2006 (KTSP) juga terdapat pada Kurikulum 2013. Namun untuk kurikulum 2013 cara penentuannya saya belum mengetahui. Karena untuk menentukan KKM tidaklah sembarangan, atau hanya asal. Penentuan harus dihitung dan dirapatkan bersama anatar KS, Guru, dan Tenaga Kependidikan, selaiin itu sekolah juga harus mempunyai bukti fisik akan penentuan KKM ini. Karena terkadan penyusunan KTSP dilakukan namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam penentuan KKM ini termasuk dokumen dan administrasinya. Untuk mermpermudah penentuan KKM ada aplikasi berformat excel yang saya temukan melalui mesin pencari google.
Aplikasi untuk menentukan KKM
Tampilan Aplikasi KKM

Melalui aplikasi kkm yang dibuat menggunakan excel ini, cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya tinggal memasukan angka rentang nilai pada kolom yaitu:
  1. Kompleksitas
  2. Sumber Daya Pendukung Pendidik
  3. Sumber Daya Dukung Sarana dan Prasarana
  4. Intake (Potensi Siswa)
Semua kolom tersebut diisi semua untuk per Kompetensi Dasar dalam satu pelajaran dimaksud. Penentuan KKM ini dilakukan per Mata Pelajaran. Setelah rentang nilai dimasukan per KD makan akan otomatis prosentase ketuntasan KD akan terhitung. Selanjutnya jumlah prosentase ketuntasan KD dibagi dengan jumlah KD yang ada. Dengan itu maka akan terhitung (ketemu bahasa jawane) KKM atau Kompetensi Ketuntusasan Minimal Mata Pelajaran Tersebut.

Dan berikut ini adalah contoh rentang nilai setiap kriteria kompleksitas, daya dukung, dan intake (potensi siswa)
  • Tinggi = 1 Rentang Nilai = 40 - 64
  • Sedang = 2 Rentang Nilai = 65 - 80
  • Rendah = 3 Rentang Nilai = 81 - 100
Selanjutnya saya akan tuliskan link download aplikasi KKM dari kelas I (satu) - VI (enam). Aplikasi ini berformat excel dan di simpan pada google drive.
  1. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas I (satu)
  2. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas II (satu) 
  3. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas III (satu)  
  4. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas IV (satu) 
  5. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas V (satu) 
  6. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas VI (enam
  7. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjasorkes) 1-6
  8. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Agama Islam (PAI ) 1-6
Itulah tentang aplikasi KKM yang dapat saya postkan pada kesempatan ini, mudah-mudahan ini dapat mempermudah dalam menyusun KKM pada Tingkat Satuan Pendidikan, yang nantinya KTSP dapat tersusun dengan tepat waktu dengan dokumen bukti fisik yang lengkap, sehingga jika suatu saat ditanyakan saat akrediatasi sekolah maupun kinerja kepala sekolah sudah siap. Jika link tersebut diatas tidak bisa dibuka Anda bisa memberitahukan kepada kami. Semoga bermanfaat.

APLIKASI PENENTUAN KKM SD KURIKULUM 2016

Berikut ini link downloadnya
Kelas 1, Kelas 2, Kelas 4, Kelas 5 Download
Kelas 3
Download KKM Kelas 6




Source / Sumber / Upload by:
http://kkgjaro.blogspot.co.id/2015/05/aplikasi-kkm-sekolah-dasar-terbaru.html?m=1 
http://www.gurusd.net/2015/12/download-kkm-kurikulum-2013-hasil.html