Postingan Pertama Blog tasADMIN

Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Singgih. Saya bekerja sebagai operator sekolah di salah satu Sekolah Dasar Negeri. Sebelumnya saya bekerja sebagai operator warnet. 

Untuk kontak Anda bisa mengunjungi link http://www.tasadmin.id/p/contact.html. Untuk profil bisa mengunjungi http://www.tasadmin.id/p/about.html
blog operator sekolah tasadmin

Ini merupakan postingan pertama di blog ini yang beralamatkan di www.tasadmin.id. Sebelumnya saya telah membuat blog yang content atau isinya kurang begitu bagus dan kurang rapi. Saya membuat blog di sela-sela pekerjaan sebagai tenaga administasi sekolah/operator sekolah. 

Melalui blog ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pekerjaan sebagai tenaga administrasi sekaligus operator sekolah. 

Selain berbagi pengalaman, melalui blog ini saya juga ingin sekaligus belajar dengan cara memposting artikel yang bersumber dari blog lain, maupun buku-buku panduan yang ada, yang tentunya akan selalu berusaha untuk menampilkan sumbernya yang akan ditampikan pada akhir postingan.

Untuk lebih lengkap mengenai blog ini bisa melihatnya di halaman www.tasadmin.id/p/about.html

Isi blog ini berhubungan dengan kegiatan administrasi sekolah, khususnya sekolah dasar. Untuk itu kami sampaikan secara ringkas administrasi di sekolah dapat dikelompokan menjadi beberapa hal sebagai berikut:
  1. Administrasi Kesiswaan
  2. Administrasi Sarana dan Prasarana
  3. Administrasi Personal atau Kepegawaian
  4. Administrasi Keuangan
  5. Administrasi Kurikulum
  6. Adminstrasi Hubungan Masyarakat (Humas)

Kerapihan administrasi tersebut diatas, tentunya untuk mendukung supaya sekolah dapat menacapai Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang dimana terdapat 8 Standar yaitu:
  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses Pendidikan
  4. Standar Pendidik dan Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prarasana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan Pendidikan
  8. Standar Penilaian
Saya berkeinginan memposting tentang hal yang berhubungan dengan kegiatan administrasi sekolah. Termasuk didalamnya aplikasi - aplikasi yang berbasis komputer

Karena sekarang sudah era online dan komputerisasi. Termasuk pendataan yang saat ini dikenal dengan DAPODIK atau Data Pokok Pendidikan. 

Didalam dapodik ini terdapat banyak isi data, yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan. 

Entitas Data Dapodik adalah objek data pendidikan yang meliputi satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan substansi pendidikan. Pemberlakuan dapodik ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan yang telah ditetapkan sekaligus diundangan pada tanggal 31 Desember 2015

Selain dapodik kami juga menyediakan tutorial pembuatan website elearning menggunakan moodle. Semakin berkembanya teknologi kita sudah tidak asing lagi dengan hal yang serba online seperti belanja online, ojek online, laporan online. Tak ada salahnya pendidikan menggunakan TIK yaitu eleraning online yang bisa menggunakan program gratis moodle.

Update alamat domain dot id
Setelah beberapa waktu kami membuat atau memutuskan untuk menyewa domain dot id (.id) yang kemudian yang tadinya menggunakan alamat www.tasadmin.blogspot.com berubah menjadi www.tasadmin.id. Deskripsi blog ini adalah "Blog personal tenaga administrasi sekolah atau operator. Sharing aplikasi excel, dapodik, kurikulum, elearning, dan keadministrasian". Adapun kata kunci yang coba kami buat untuk menemukan blog / website ini adalah TAS ADMIN, Dapodik, PMP, Administrasi Sekolah, Aplikasi Excel, Kurikulum 2013, Keuangan Sekolah, Elearning Moodle. Semoga dengan alamat baru ini dapat menambah kesan profesional, dan yang utama tentu pengunjung atau pembaca betah dalam membaca setiap ketikan huruf  yang dapat dipertanggungjawabkan.

Isi blog ini tentunya masih sangat banyak kekurangan, terutama isinya yang dikarenakaan kurangnya pengetahuan saya akan hal tersebut. Untuk itu kiranya pembaca dapat memberikan komentar kritik, saran, dan koreksi yang bermanfaat agar isi dari sebuah tulisan di blog ini menjadi lebih baik. Anda bisa menyampaikannya melalui kotak komentar yang tersedia, atau bisa langsung kontak saya.

Itulah hal-hal yang bisa saya posting dalam kesempatan ini. Semoga blog ini bisa bermanfaat khusunya untuk diri saya peribadi, dan pembaca pada umummya. Terima kasih

Wassalamualaikaum Wr. Wb.

Diperbaharui tanggal: 8 Oktober 2020
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Sahabat GTK