Home » » Bayar Pajak melalui e-Billing pengganti SSP

Bayar Pajak melalui e-Billing pengganti SSP

Sekarang untuk membayar pajak/meyetor pajak bisa menggunakan ebiling. Dengan ebiling makat tidak lagi menggunakan SSP Pajak alamat ebillingnya https://djponline.pajak.go.id/
Informasi lengkap mengenai ebilling bisa mengunjungi website pajak http://www.pajak.go.id/e-billing
Dengan menggunakan ebilling pajak, kita mengentrikan langsung pajak yang akan disetorkan. Setelah kita mengentri sampai selesai kita akan memperoleh kode billing. Kode itu kita cetak dan kita tunjukan ke petugas Bank atau kantor pos, sesuai dimana kita akan membayar atau menyetor pajak. Dengan ini kita tidak menggunakan SSP atau surat setoran pajak yang jumlahnya 5 lembar. Namun untuk pelaporan spt masa jadinya kita tidak melampirkan SPP. Untuk menggunakan fasilitas ebilling pajak ini kita harus mendaftarkan dahulu dan meminta nomor efin ke kantor pelayanam pajak di tempat saudara.

pajak online ebilling


 Dan berikut ini cara langkah menyetor pajak melalui ebilling.

1. Kunjungi  https://djponline.pajak.go.id/ dan login. Masukankan NPWP, Password, dan Captha.. untuk langsung menuju ebiling bisa langsung gunakan alamat https://sse2.pajak.go.id/
login djp online pajak
2. Jika sudah berhasil login maka langkah selanjutnya adalah memilih menu Ebiiling. Bisa mengkklik logo ebilinng maupun tulisan ebilling pada tab menu, seperti gambar di bawah ini.
ebilling system pajak
3. Kemudian kita pilih isi SSE. Kita masukan sendiri data pajak yang akan kita setor atau bayar. Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa Pajak, Tahun Pajak, Jumlah Setor, Terbilang. Untuk terbilang tidak dientry manual tapi akan otomatis terisi. Di sini ada catatan : Apabila ada kesalahan dalam isian Kode Billing atau masa berlakunya berakhir, Kode Billing dapat dibuat kembali. Tanggung jawab isian Kode Billing ada pada Wajib Pajak yang namanya tercantum di dalamnya. Oh iya utuk Jenis setoran PPN tidak ada lagi kode 900 adanya 910, 920, dan 930. Ini sesuai dengan peraturan ditjend pajak pertanggal 19 Januari 2016 nomor S-6/PJ.13/2016.
Kode jenis Setoran 910 untuk bendaharawan APBN. Bendaharawab APBN adalah Bendaharawan Pemerintah Pusat pada kantor / satuan kerja kementrian negara / lembaga.
Kode jenis setoran 920 untuk Bendahara APBD. Bendaharawan APBD adalah Bendaharawan Pemerintah Daerah pada kantor/satuan kerja pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota.
Kode setoran 930
untuk Benahadawan Dana Desa. Benadaharawan Dana Desa adalah Bendaharawan Pemerintah Desa yang ditetapkan oleh kepala Desa untuk melaksanakan pengelolaan keuangan desa
isi sse pajak online

4. Isi data pajak dengan lengka, jika suda tekan simpan
isi pajak  ppn online
sipan sse pajak online


5. Setelah itu kita pilih Kode Billing. Disini ada keterangan, Apabila ada kesalahan dalam isian kode billing atau masa berlakunya berakhir, kode billing dapat dibuat kembali. Tanggung jawa isian kode billing ada pada Wajib Pajak yang namanya tercantum di dalamnya.
dapatkan kode billing pajak online
6. Setelah itu akan muncul kode biing dan masa aktif kode biling, kode billin ini adalah kode untuk melakukan pembayaraan.
kode billing untuk bayar pajak


7. Kemudian kita cetak kode billing, akan muncul seperti gambar dibawah ini. Gunakan cetakan kode biling ini untuk ditunjukan saat kita melakunan pembayaran di Bank atau Kantor POS. Dan munkin cetakan kode biling ini digunakan juga daat melaporan SPT masa pajak.
lembar cetak kode ebilling pajak

 Video Rekaman



Klik link untuk melihat langsung di youtube https://youtu.be/Q_tCYMtfnpI

Demikianlah cara membayar pajak melalui eBilling versi 2016. Semoga bermanfaat, dan pajak yang kita bayar/setor benar-benar dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara.

16 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan coba kunjungi blogs yang membahas tentang pajak,, :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Dah sampe ke tahap 2, mau ke tahap 3 di klik 'Ebilling' tapi nggak muncul yang tahap 3.... knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak munculnya keterangannya apa pak? bisa jadi karena koneksinya net putus,

      Hapus
    2. Bendahara sekolah 910/920

      Hapus
  4. Untuk kotak Uraian diisi keterangan mengenai apa yo ? tolong penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. uraian yang sebelah mana ya mas,

      Hapus
    2. oh iya,, ternyata sekarang ada tambahan form tersebut.. kalau di tempat saya disisik uraian bayar pajak apa.. misal ppn pembelian meja

      Hapus
  5. Pak....dalam pembayaran ppn dengan e-billing, NPWP siapa yg di masukkan?
    Bendahara kami PNS jd pada djp ONLINE, e-billing nya ngak aktif. Hanya e-Filling aja yg ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kami masih belum paham betul, apakah pake npwp toko atau sekolahan, tapi kalau kami menggunakan NPWP sekolahan,

      Hapus
  6. Apakah stlah mbayar pakai ebiling perlu melaporkan lagi kekantor pajak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ebillingnya menggunakan ebanking maka tdknperlu ke kantornpajak atau kantor pos.. tetapi spt masa tetap dilaporkan ke kantor pajak.. ini setahu saya

      Hapus
  7. Aww.Allow...{^_^}. Thanks banget infox...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.. terima kasih atas kunjunganya, semoga bermanfaaat

      Hapus

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.

Baca ini?

Diberdayakan oleh Blogger.