BAGIAN - BAGIAN SURAT

Daftar Isi
Pada postingan sebelumnya adalah tentang pengertian suarat dinas, selanjutnya kita postingan bagian-bagian surat pada postingan kali ini. Langsung saja ke intinya, hehe


3.2 Bagian-bagian Surat

Sebuah surat tertiri dari bagian-bagian surat. Penempatan bagian-bagian itu berhubungan dengan bentuk surat yang digunakan. Artinya, jika bagian-bagian surat itu diletakan pada margin kiri, terbentuklah bentuk lurus. Jika bagian-bagian surat itu tidak diletakan pada margin kiri, dapat berbentuk surat setengah lurus atau bentuk Indonesia baru.

Surat terdiri atas beberapa bagian, yaitu (a) kepala surat; (b) pembukaan, yang meliputi nomor surat, lampiran, perihal atau hal, tanggal, alamat dalam, dan salam pembuka; (c) isi surat atau tubuh surat; dan (d) penutup, yang meliputi salam penutup, tanda tangan, nama terang, jabatan, tembusan, dan inisial (Sumantri, 1978:19 dan Sudaryono, 1983:31). Dari pembagian itu, diketahui bahwa bagian-bagian surat seperti berikut:
  1. Kepala Surat
  2. Tanggal Surat
  3. Nomor Surat
  4. Lampiran
  5. Hal atau Perihal Surat
  6. Alamat Tujuan
  7. Salam Pembuka
  8. Isi
  9. Salam Penutup
  10. Pengirim Surat
  11. Tembusan
  12. Inisial
Selanjutnya, bagian-bagian surat itu dibicarakan satu persatu di bawah ini. (Lihat Postingan Berikutnya) yaitu KOP Surat. Demikan postingan ini, semoga bisa menambah pengetahuan tentang bagian-bagian surat. Postingan ini saya ketik atau mengutip da buku tentang surat dinas
Nir Singgih
Nir Singgih Seorang operator sekolah yang ingin berpartisipasi memajukan pendidikan dengan membantu Bapak/Ibu Guru membuat administrasi dan menyajikan data valid.

Posting Komentar