Format Adminsitrasi Kesiswaan

Dalam rangka pelakasanaan administrasi bidang kesiswaan ada beberapa format yang harus diisi. Berikut ini contoh-contoh format untuk administrasi kesiswaan.

FORMAT ADMIN SISWA

1. Formulir Pendaftaran Siswa Baru

Format ini sebagai alat bantu bagi kepala sekolah dalam menyelesaikan proses administrasi penerimaan siswa baru, juga sebagai sumber data pribadi siswa, dan orang tua/wali yang diisikan pada buku induk.

Catatan:
- Dibuat rangkap 2 dengan formulir yang disediakan sekolah.
- Lembar pertama untuk Kepala Sekolah, sekaligus untuk arsip.
- Lembar kedua untuk orang tua/wali
Diisi oleh orang tua wali, atau kepala sekolah, atau yang ditugasi, dataudiperoleh melalui wawancara
- Untuk data yang sulit/belum tersedia, dapat dilengkapi apabila si anak telah pasti diterima.

Download Format S1
Berikut ini format yang kami dengan format excel.

Link download:

2. Daftar Calon Siswa Baru Kelas 1 (S-2)

Format ini digunakan untuk mengetahui banyak anak yang mendaftar di sekolah, beserta identitas anak masing-masing. Berdasarkan daya tampung dan peminat (animo), maka kepala sekolah menentukan kriteria penerimaan siswa.

Catatan:
Format S-2 dibuat rangkap 3 (tiga) satu lembar untuk arsip di sekolah, lainnya dikirim ke UPT masing-masing satu lembar.

Gambar:

Link download


3. Daftar Siswa Baru (S-3)


Gambar

Link download:


4. Buku Induk Siswa (S-4)

Kegunaan:
Buku Induk Siswa berisisikan data pribadi, perkembangan pendidkan dari siswa yang pernah atau sedang menjad siswa di sekolah itu. Hal ini penting sekali, apabila suatu saat nani seseorang ingin menelusuri masa hidupnya ke belakang, maka ia dengan mudah mendapatkan sebagian dari otobiografinya di sekolah yang tersimpatn rapi. Adapun data siswa yang dimasukan kedalam buku Induk ini, antara lain:

1. Keterangan siswa yang berupa data pribadi dan sejak anak mulai masuk sekolah.

2. Keterangan orang tua dan wali: data mengenai orang tua kandung perlu dicantumkan, bagi yang tidak menjadi tanggung jawab orang tua kandung, dapat juga dilihat identitas walinya.

3. Perkembangan siswa, disimpan selama menjadi siswa di sekolah, terutama dalam hal pendidkan dan juga sebagian kecil perkembangan keaadaan jasmani.

Buku Induk ini, antara lain, dapat diperbungakan sebagai sumber:
1. Data statis: dari formulir pendaftaran siswa baru
b. Data perkembangan siswa: administrasi sekolah (rapor dan sebagainya)

Petunjuk Pengisian
Sebagian besar dari isian ini bersumber dari formulir pendaftaran siswa baru.
Nomor Induk diisi setelah mendapat nomor induk dari sekolah yang penomorannya sesuai dengan urutan di sekolah.

Penempelan pasfoto, dibuat setipienin dengan membelah kertas foto.
Gambar:

Link download

5. Buku klapper (daftar nama siswa menurut abjad) (S-5)

Keguanaan:
Buku kapler ini berisikan beberapa data tentang siswa di antaranya: nama, jenis kelamin, nomor induk siswa, waktu masuk di kelas berapa, kapan keluar, di keas berapa, keterangan meninggalkan sekolah. Daftar ini dikelompokan berdasarkan urutan abjad. dimulai dari A sampai Z.
Buku ini sangat membantu untuk memperoleh informasi dari seorang siswa yang telah diketahui namanya.

Gambar

Link download.

6. Jumlah siswa menurut kelas, asal, dan jenis kelamin (S-6)


Gambar

Link download

7. Jumlah siswa menurut usia, kelas, dan jenis kelamin. (S-7)


Gambar:

Link download

8. Papan Absensi Harian Siswa (S-8)

gambar:
Link download:

9. Buku rekapitulasi absensi harian siswa

gambar 
link download

10. Buku Absensi Bulanan Siswa (S-10)

% Absensi rata-rata bulan ini = jumlah absen siswa dalam sebulan / jumlah siswa x hari sekolah x 100%

11. Buku rekapitulasi bulan absensi siswa

12. Surat permohonan pindah sekolah (S-12)

Catatan
Permohonan dibuat rangkap 3
Lembran pertama untuk lampiran keterangan pindah.
Lemabaran kedua arsip di sekolah.
Lembar ketiga untuk orang tua / wali

13. Surat Keterangan Pindah Sekolah (s-13)

Catatan format ini dibuat rangkap 3 (tiga)
Lembar peratama dan kedua untuk orang tua/wali siswa guna disampaikan ke sekolah tujuan/penerima. Selanjutnya sekolah pereima mengisi dadtar isian pada format tersebut.
Lembar kedua kidirim kembali ke sekolah asal,
Lembar ketiga untuk arsip di sekolah asal.

14. Buku Mutasi Siswa. (s-14)

Diisi oleh kepala sekolah atau petugas yang ditunjuk dengan membubuhkan tanggal, bulan, dan tahun kemudian ditandatangani oleh kepala sekolah dan diberi cap/stempel sekolah

15. Daftar calon peserta ujian (s-15)


16. Tanda Peserta Ujian (s-16)

Kartu ini dibuat dari kerta tebal (karton), dengan ukuran yang cukup untuk masuk saku, supaya mudah dibawa dan tidak memakan tempat.

17. Daftar Peserta Ujian Sekolah dan prestasinya


18. Daftar siswa masuk smp


19.Daftar Kenaikan Kelas


20. Daftar Rekapitulasi kenikan kelas dan kelulusan.


Demikian yang bisa saya posting. Untuk lebih lengkap mengenai kegunaan fungsi format administrasi siswa bisa membaca postingan sebelumnya
Terima kasih, semoga bermanfaat

Alpeka BOS Aplikasi untuk Pelaporan Keuangan dengan Mudah

Aplikasi dibuat untuk memudahkan pekerjaan, begitupun dengan aplikasi yang bernama "Alpeka BOS" yang digunakan untuk memudahkan pelaporan keuangan khususnya terkait dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang Alpeka BOS yang bersumber dari buku juknis dan website bos. Kalau begitu langsung saja ke paragraf selanjutnya... :)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menyediakan software/perangkat lunak aplikasi untuk membantu menyusun laporan keuangan pada tingkat satuan pendidikan. Aplikasi  ini dinamakan Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS ( Alpeka BOS ) yang dapat didownload secara gratis dari www.bos.kemdikbud.go.id. Oleh karena itu, satuan pendidikan dilarang membeli aplikasi lain yang sejenis dengan menggunakan dana BOS. Yup samapai-sampai di Juknis BOS disebutkan dilarang membeli aplikasi lain. Itu artinya aplikasi ini sangat dianjurkan untuk dipakai yang tentunya kode rekening belanjanya sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku terkait dana BOS,

Untuk di tempat saya sendiri, saat tulisan ini ditulis belum menggunakan aplikasi tersebut. Tentu saja ini untuk menyesuaikan dengan atasan saya, Selain itu belum adanya perintah dari atasan dan sosialisasi terkait aplikasi ini. Namnun apliksai yang saya gunakan masih tetap aplikasi bos yang dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID sebelumnya. Untuk berjaga-jaga sekaligus untuk memahami tak ada salahnya saya untuk sekedar melihat-lihatnya dulu. Ini juga dikarenakan ada teman saya yang sudah sosialisasi terkait aplikasi ini.

Ketika ingin mendownload aplikasi versi terbaru kita langsung saja menujuju webstie  www.bos.kemdikbud.go.id. Pada kesempatan ini saya mengunjungi http://bos.kemdikbud.go.id/home/artikel/11  ada aplikasi  alpeka_BOS_TS-11b.xlsm dan Alpeka BOS 2016_100. Karena baru pertama kali kita bisa langgung gunakan yang terbaru yaitu Alpeka BOS 2016_100. Lho kok kenapa aplikasi versi lama masih ditampilkan? Tentu saja mungkin ada yang pada tahun 2016 sudah mengentrykan pada aplikasi versi sebelumnya untuk itu harus tetap menggunakan versi lama agar bisa membaca datanya. Alpeka BOS 2016_100 merupakan ini hasil revisi Februari 2016, berdasakan versi 2015 | USAID PRIORITAS 20 Februari 2016. Berikut ini tampilan tampilan aplikasi alpeka BOS versi 2016_100:

1. Jenis File Aplikasi Alpeka BOS adalah excel macro.

Karena berformat excel macro (.xlm) maka untuk menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu kita harus menablekan fungsi macronya. Aplikasi ini bisa dibuka di micorosft Excel 2007 maupun 2010, karena pada umumnya pengguna menggunakan versi tersebut. Untuk mengaktifkan macronya caranya pilih option --- pilih enable this conten --- lalu OK. Saat ini saya menggunakan excel 2007.
alpeka bos berformat excel macro
Tampilan enable macro
Setelah macro aktif makan akan muncul seperti gambar dibawah ini, itu artinya aplikasi siap untuk digunakan.
setelah dienable muncul peringatan
aplikasi alpeka bos siap digunakan
 Setelah itu close saja tampilan tersebut, namus setelah diclose muncul tampilan pertanyaan.
ubah setingan regional alpeka bos
Ubah Regional dan Language ke Indonesia
Apakah kita sudah mengatur "Regional dan Languade" pada komputer sudah Indonesia ? Ini penting karena aplikasi menggunakan gormat Indonesia dalam penulisan angka dan tanggal. Jika sudah maka kita piliuh keluar, jika ragu atau belum maka kita pilih tombol "Jika belum silahkan klik tombol ini" maka anda akan diarahkan ke pengaturan regional dan language. Dan berikut ini cara pengaturannya:
cara seting format regional windwos 7
Format regional windows 7
seting regional locatioan windows 7
locatioan regional language

2. Sheet Menu Utama Alpeka BOS


Pada menu ini kita bisa pilih tombol menu yang tersedia beserta alur tahap pengerjaannya. Ada kelompok menu Definisi >>> Data File >>> Laporan Keuangan >>> Laporan BOS.
Menu Definisi.
tampilan utama alpeka bos
menu utama alpeka bos

Pastingan mengisi lengkap dan benar. Karena tahap ini adalah tahap mengisi data utama aplikasi yang akan terhubung dengan tahap-tahap selanjutnya, kalau saya bilang ini merupakan data master dan data referensi program aplikasi alpeka ini.

3. Kelompok Menu Definisi

Data Umum

Untuk memulai menggunakan aplikasi ini anda harus mengisi data umum. Data umum ini berisi Tahun anggaran, nama sekolah, npsn, nss, jumlah siswa, alamat sekolah, nama kepala sekolah beserta nipnya, nama ketua komite sekolah, nama bendahara dan nip bendahara, Tentu saja data ini akan dijadikan sumber untuk mengisi data pada format laporan nantinya.
isi data umum alpeka bos

Program Sekolah

Pada program sekolah ini merupakan data referensi untuk yang gunanya untuk mengelompokan belanja sesuai Program dan Kegiatan Sekolah. Program dan Kegiatan Sekolah ini tentunya sudah dibuat sekolah pada awal tahun pelajaran ataupun revisi pada awal tahun anggaran yang tertuang pada buku Anggaran Pengeluaran dan Belanja Sekolah (APBS)  atau sering disebut RAPBS. RAPBS sebetulnya tahap sebelum APBS, tetapi  tak masalah lah, kita tidak akan membahas soal itu. Idealnya aplikasi harus sesuai program dan kegiatan dalam APBS. Akan tetapi secara umum pengembang sudah membuat dengan baik hal ini. Anda bisa langsung menggunakan nya. Mapping program dan kegiatan ini tentunya bedasarkan peraturan yang berlaku. Ada 8 Standar Nasional Pendidikan dan ada Komponen penggunaan dana yang bisa diambil dari dana BOS.

setinga Program Sekolah alpeka bos

Sub menu data file.

Pada Menu ini ada tombol generate dan update yang mana bisa digunakan setelah data umum diisi dan program sekolah ditentukan.

Generate file

Setelah kita mengisi data umum dan program sekolah maka langkah selanjutnya adalah menggenerate file. Ini digunakan sebagai lembar kerja atau sheet untuk mencatat keuangan bos. Kita klik tombol generate dan tentukan nama filenya misal Aplikasi BOS 2016. Dan jangan lupa untuk untuk menentukan tempat dimana kita menyimpanya. Setelah itu tunggu beberapa saat maka generate lembar kita untuk mencatat pembukuan dana bos selesai dibuat. Setelah berhasil otomatis akan terbuka file tersebut, maka kita bisa langsung melakukan pembukuan.
tombol generate file lembar kerja alpeka bos

Update Data File

Dibawah menu data file ada tombol "update" fungsinya untuk mengadate lembar kerja hasil generate. Data yang dipade disini adalah data referensi program dan kegiatan, namun saya sendiri juga belum paham. Hal ini tidak akan menghapus data pembukuan yang telah dimasukan.

3. Mencatat pembukuan dana BOS.

Setelah kita melakukan generate file, maka untuk mulai mengentrinya kita gunakan file hasil generate. SEKALI LAGI .. file hasil generate. File ini lah lembar kerja untuk melakukan pembukuan. Pada lembar kerja ini terdapat 4 sheet yaitu rencana terima, rencana keluar, realisasi terima, dan realisasi keluar. Pada sheet tersebut cara memasukan datanya tinggal kita ketik seperti biasa, jika ada menu drop list, kita pilih list atau daftar yang tersedia.
catat pada lembar kerja alpeka bos

Sheet rencana terima

Pada sheet ini kita entrykan rencana penerimaan dana per triwulan, misalnya pada triwulan periode Januari - Maret kita akan terima dana bos berapa. Ini tentunya bisa dihitung dari jumlah siswa. Oh iya untuk alokasinya langsung mengambil data dari Aplikasi Dapodik, untuk itu perlu selalu mengupdate data dapodik.

Sheet rencana keluar

Pada sheet rencana keluar kita entrykan data rencana dana keluar. Disini kita merencanakan per kegiatan yang akan dilaksanakan. Nah lemahnya di satuan pendidikan dasar adalah menentukan rencana ini, meskipun sudah ada APBS, namun terkadang APBSnya sendiri kurang singkron dengan setingan aplikasi. Sehingga untuk melakukan evaluasi cukup sulit dilakukan. Karena tentuan evaluasi dialkukan setelah melihat  perbandingan recana yang sebelumnya dibuat dengan hasil realisasinya.

Realiasasi terima

Disini kita mencatat ralisasi terima baik transaksi internal maupun eksternal. Pada shhet ini andah harus mengisi nomor bukti dengan ketentuan:
Transaksi internal keluar bankdan masuk kas ditulis >>> Int KM XXX, untuk transaki internal uang masuk kas dari bank (pengambilan uang dari bank), transaksi internal uang masuk kas dari bank harus ditulis di realisasi terima.

Untuk transaksi internal, nomor bukti harus diisi>>> BM XXX, untuk transaksi eksternal uang masuk ke Bank contohnya terima uang BOS atau bunga bank.
sheet realisasi terima

Sheet realisasi keluar.

Pada sheet realisasi keluar, kita mencatat pengeluaran. Termasuk pajak yang kita setorkan. Namun untuk dana keluar dari bank untuk mengisi kas tidak kita tulis disini, tetapi pada realisasi terima. Transaksi keluar pada bank disini misalnya biaaya administrasi bank.
Penting: Nomor bukti harus diisi, tidak boleh kosong dengan ketentuan:
Transaksi internal keluar bak dan masuk kas ditulis disini dengan kode Int BK XXX (XXX = nomor urut), untuk transaksi internal, yaitu dana keluar dari bank dan masuk kas.

Untuk transaksi excternal di bank ditulis disini, contohnya uang keluar untuk membayar administrasi bank.
Penulisan bukti transaksi eksternal dari bank ditulis dengan kode BK XXX (xxx=nomor urut), untuk transaksi external uang keluar dari bank.

Untuk jenis belanja modal, harus mengisi kolom volume, pengarang, referensi, dan tanggal terima berwarna hitam bila jenis belanja kosong dan selain belanja modal.
volume belanja modal belum diisi (cukup diisi dengan angka saja) untuk kolom pembuat, referensi, dan tanggal terima lihat keterangan format BOS 07.

Sel yang berwarna kuning harus diisi.

catat realisasi keluar dana bos
Memang untuk aplikasi ini kalau belum terbiasa cukup rumit. Namun kalau sudah biasa dan paham akan mudah. Setelah kita mencatat pembukan melalui lembar kerja excel ini, jangan lupa disimpan,, :). Untuk cara Cetak laporan akan kami posting pada kesempatan berikutnya. Demikian hal yang bisa saya sampaikan mohon maaf jika masih banyak kesalahan, semoga bermanfaat.

link: https://youtu.be/B1D4m8tFcto 

Lainya
  1. Slide 1 Panduan Aplikasi ALPEKA BOS
  2. Slide 2 Panduan Aplikasi Alpeka BOS
  3. Download APLEKA BOS Terbaru
  4. Generate File ALPEKA BOS
  5. Entry Transaksi Keuangan pada ALPEKA BOS
  6. Cetak Laporan ALPEKA BOS
  7. Laporan Dana BOS Online
  8. Bayar Pajak Online EBilling

Pedoman Administrasi Kesiswaan

Sekolah dasar adalah salah satu pendidikan yang ada di antara bermacam-macam satuan pendidikan dalam masyarakat. Sebagai salah satu jenis satuan pendidikan, sekolah dasar merpukan wada pelaksanaan yang berhubungan dengan teknis edukatif, dan tugas-tugas bidang administratif ke arah tujuan pendidikan.

Tujuan akhr pendidikan di sekolah adalah agar siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, dansikap positif melalui penerapan kurikulum yang berlaku. Dengan kata lain, melalui pelaksanaan kurikulum, diharapkan siswa dapat memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif.

gambar tulisan administrasi kesiswaan

Usaha-usaha pelaksanaaan kurikulum ke arah pencapaian tujuan pendidikan seperti tersebut di atas dapat berjalan lancar dan baik, apabila ditunjang oleh sistem administrasi yang baik. Dalam bidang kesiswaan, kepala sekolah berrtanggung jawab atas terlaksananya kegiatan: (1) penerimaan siswa baru, (2) pengelompokan siswa, (3) kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah, (4) penilaian kemajuan siswa, (5) laporan kemajuan siswa, (6) naik tidaknya siswa, (7) bimbingan kepada siswa, (8) pelayanan kesehatan siswa, serta (9) mutasi dan kelulusan siswa.

Data dan informasi yang menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan siswa baik perorangan maupun kelompok perlu dihimpun, dicatat dan dipelihara secara cermat dan teratur sejak siswa terdaftar di sekolah sampai siswa tersebut meningalkan sekolah. Rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, dan memelihara data atau informasi kesiswaan termasuk dalam bidang pelayanan ketatausahaan sekolah yang harus dikerjakan oleh Kepala Sekolah, Guru, dan stafnya lainnya. Jadi kepala sekolah dan guru kelas bersama-sama memikul tanggung jawab dalam hal mengurus administrasi kesiswaan khususnya dalam menghimpun, mencatat, dan memelihara data atau informasi mengenai seluruh aspek perkembangan siswa/.


Ruang lingkup administrasi kesiswaan.


Administrasi bidang kesiswaan mencakup ruang lingkup pencatatan data dan pelaporan. Ditinju dari segi pembinan maupun segi penerbiatan adminiarasi, masalah pencatatan data dan pelaporan ini sangat penting. Keduany sama penting dan saling berkaitan, dan untuk itu perlu disediakan format yang seragam. Oleh karena itu, Kepala Sekolah daau Guru Perlu menguasai masing-masing format yang dipakai, termasuk cara mengerjakannya.

A. Pencatatan data

Data yang dicatat berasal dari beberapa sumber yang diambil dari kegiatan pecatatan pada tahap berikut:

1. Data Tahun Pelajaran

Seperti yang sudah diketahui bahwa kegiatan yang pending pada awal tahun pelajaran inalah penerimaan siswa baru. Dalam melaksanakan kegiatan itu telah disiapkan format-format yang harus diisi, antara lain:

a. Format S-1 (Formulir Pendadtaran Siswa Baru)
Format ini disediakan oleh sekolah. Setia orang tua/wali yang ingin mendaftarkan anaknya, harus mengisi format tersebut dengan informasi dan latar belakang keluarga anak tersebut.

b. Format S-2 (Formulir Calon Siswa Baru)
Format ini merupakan rangkuman dari format S-1. Data yang dikumpulan dalam format S-2 ini digunakan untuk mengambil keputusan diterima atau tidaknya calon siswa di kelas I.

c. Format S-3 (Daftar siswa baru kelas I)
Siswa yang diterima dari daftar calo siswa format S-2, dimasukan kedalam format S-3. Format S-3 Dilaporkan kepada UPT Pendidikan sebagai bahan dalam menganalisis daya tampuk sekolah-sekolah di wilayahnya, dan juga untuk menghitung jumlah format Buku Laporan Penilaian (Raport) Baru yang diperlukan.

2. Selama Tahun Pelajaran

Selama tahun pelajaran laporan yang perlu disiapkan dan dikerjakan adalah:

a. Penyusunan data pribadi siswa.
(1) Format S-4 (Buku Induk Siswa)
Data pribadi siswa perlu dituangkan dalam Buku Induk Siswa (Format S-4). Buku ini berisi data mengenai identitas siswa, latar belakang orang tua/wali, dan perkembangan siswa selama di sekolah.

(2) Format S-5 (Buku Klapper)
Untuk memperolah informasi/data secara mudah mengenai seorang anak yang tertentu namanya, maka dibuat daftar siswa yang dikelompokan berdasarkan abjad. Daftar ini tersedia dalam format S-5 (buku klapper).

b. Keadaan Siswa Awal Tahun
Keadaan siswa awal tahun diperlukan untuk penyusunan laporan statistik tahuan. Data yang sudah tidak mengalami perubahan dituangkan dalam dua fotmat, yaitu:

(1) Format S-6 (Jumlah siswa menurut asal, kelas, dan jenis kelamin).
Data ini bersumber dari isian format S-3, S-20 (data siswa yang naik kelas dan mengulang) yang diperoleh dari hasil kenaikan kelas (S-20) tahun sebelumnya, dan S-14 (data siswa pindahan) pada tahun berjalan.

(2) Format S-7 ( Jumlah siswa menurut usia, Kelas, dan Jenis Kelamin)
Data tentang usia siswa, tertuama kelompok 7-12 tahun diperlukan dalam rangka pelaksanaan program wajib belajar.

c. Absensi Siswa
Kehadiran siswa dicatat setiap hari untuk menilai tingkat kerajinan siswa. Ada 4 Jenis format untuk mencatat kehadiran siswa secara perorangan, yaitu:

(1) Format S-8 (Papan Absensi Harian Siswa)
Papan ini yang berukuran 30 cm x 50 cm ditempelkan di dinding ruang belajar. Papan itu diisi nama siswa yang tidak masuk hari itu secara berututan lengkap dengan alasannya.
(2) Format S-9 ( Buku Rekapitulasi Absensi Harian Sisa Sekolah)
Buku absensi ini merupakan rekapitulasi papan absen siswa tiap kelas. Buku ini berada di ruang Kepala Sekolah.
(3) Format S-10 (Buku Absensi Bulanan Siswa)
Setia guru memiliki buku absensi harian untuk mencatat ketidakhadiran tiap harinya. Data absensi siwa diperlukan sebagai bahan yang akan dimuat dalam laporan pendidikan.
(4) Format S-11 (Buku Rekapitulasi Tahuan Absensi Siswa)
Data ini diperlukan kepala sekolah  dan Kepala UPT Kecamatan, terutama untuk meningkatakn pembinaan selanjutnya.

d. Mutasi Siswa
Mutasi siswa atau pndahan siswa atar sekolah harus dicatat secara tertib. Untuk keperluan ini disediakan tiga jenis fotmat, yaitu:

(1) Format S-12 (Surat Permohonan Pindah Sekolah)
Dengan format ini orang tua atau wali sisa dapat mengajukan permohonan pindah sekolah bagi siswa yang menjadi tanggung jawabnaya. Format surat permohonan ini disediakan oleh sekolah yang harus diisi oleh orang tua/wali siswa atau kalu tidak memungkinkan data juga boleh diisi oleh kepala sekolah.

(2) Format S-13 (Surat Keterangan Pindah Sekolah)
Setelah mempelajari alasan permohonan pindah sekolah S-12 dan menyetujuinya, kemudan Kepala Sekolah mengeluarkan surat pindah sekolah untuk siswa yang bersangkutan. Format ini diisi serta ditandatangani oleh kepala sekolah.

(3) Format S-14 (Mutasi siswa)
Format ini dipergunakan sebagai laporan mengenai jumlah siswa yang pindah (keluar/masuk, putus sekolah, dan meninggal).

3. Akhur Tahun Pelajaran

Beberapa kegiatan penting yang dikerjakan pada akhir tahu pelajaran adalah:

a. Pelaksanaan Ujian
Pelaksanaan Ujian Sekolah diatur oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk keperluan Ujian disediaan tiga jenis format, yaitu

(1) Format S-15 (Daftar Calon Peserta Ujian)
Format ini merupakan bahan masukan kepada Panitia Penyelenggaraan Ujian sebagai bahan laporak kepala Sekolah kepada atasannya. Pada saat tulisan ini ditulis, Data Ujian Sekolah bersumber dari aplikasi Nasional yang bernamakan Dapodik. Setelah itu data dikelola oleh masing-masing provinsi. Dinas provinsilah yang mengelola data termasuk nilai ujian yang selanjutnya mencetak ijazah ataupun surat keterangan hasil ujian.

(2) Format S-16 (Tanda Peserta Ujian)
Tanda peserta ujian berisi keterangan/identitas peserta. Tanda ini berfungsi sebagai tanda pengenal siswa kepada pengawas sebelum memasuki ruangan ujian.

(3) Format S-17 (Daftar Peserta dan Prestasi Ujian)
Dari daftar ini dapat diketahui nama dan prestasi perserta Ujian. Daftar ini juga berfungsi sebagai bahan laporan penggunaan blangko STTB. Blangko yang tidak terpakai dikembalikan.

(4) Format S-18 (Pendaftaran Masuk SMP/MTs)
Format ini merupakan bentuk pelayanan yang akhir terhadap anak didik yang mengantarkanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Secara kolektif Kepala Seklah mendaftarkan siswa yang akan melanjutkan ke SMP di wilayahnya lengkap dengan nama, umur, alamat, nilai, dan sekolah yang diinginkannya.

b. Kenaikan Kelas
Penilaian akhir selruh aspek perkembangan seorang wali siswa dari tahun ke tahun meruipakan bahan penentu naik datu tidaknya dan lulus atau tidaknya sekorang siswa. Data mengenai hal terebut dicantumkan dalam promat:

(1) Format S-19 ( Daftar Naik Kelas)
Daftar ini berisi semua nama siswa yang naik dan yang tidak naik kelas.

(2) Format S-20 (Rekapitulasi Berhadil Tidaknya Siswa)
Format ini memberikan gambaran siswa menyeluruh mengenai keberhadilan/kegagalan siswa dalam satu tahuAdmin pelajaran.

B. Pelaporan Administrasi Bidang Kesiswaan

Administrasi bidang kesiswaan selain berfungsi sebagai pencatatan data di sekolah juga mempunyai fungsi lain yang aman penting artinya, yaitu sebagai format laporan.
Disetiap unit kerja pengelola pendidikan, data/informasi diperlukan dalam perencanaan pendidikan, mulai dari unit kerja yang paling rendah dampai dengan nasional. Laporan data siswa sekolah dilaporak ke UPT Kecamatan.

Demikanlah postingan tentang pedoman administrasi kesiswaan tingkat sekolah dasar. Informasi tersebut diatas sangat mungkin kurang update karena ini bersumber dari buku Keputusan Bersama Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudyaan. dam Dorektur Jendar pemerinthanan umum dan otonomi daeraj departemen dalam negeri nomor: 15a/C/Kep/TU/97 nomor 422-208 Tanggal 3 Maret 1997 tentang Pedoman Administrasi Sekolah Dasar. Cover buku ini berwarna hijau. Namun saya pernah searching di google ditemukan buku pedoman dengan tahun lebih baru. Namun untuk mendownload atau membaca keseluruhan berbayar. Tapi saya tetap merasa postingan tersebut diatas masih berguna untuk saya. Sekian, terimakasih.

Aplikasi SKHU Sementara SD dan Olah Nilai Ijazah Tahun 2016

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini, melalui blog tasADMIN ini, saya akan sedikit sharing tentang aplikasi yang berfungsi untuk mengolah nilai akhir yang akan dijadikan sebagai nilai ijazah. Selain nilai ijazah, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)  Sementara dan Surat Pengumuman Kelulusan. SKHU Sementara biasa digunakan untuk proses mendaftar di SMP. Karena pada umumnya SKHU yang asli belum selesai dibuat saat pendaftaran siswa baru di SMP sudah dimulai.
aplikasi skhu sementara sd dan olah nilai ijazah
Tampilan Menu Aplikasi  Cetak SKHU Sementara

Apabila kita melakukan pencarian di Internet melalui mesin pencari google maupun yang lain, kita bisa temukan banyak aplikasi seperti tersebut diatas. Aplikasi aplikasi tersebut dibuat oleh tangan-tangan kreatif Pendidik maupun Tenaga Kependidikan. Banyak blog yang juga telah memposting dan menyebarkan aplikasi tersebut agar lebih bermanfaat untuk membantu pengolahan nilai. Walaupun sudah banyak, saya akan tetap posting untuk menambah referensi saja. Selanjutnya saya akan coba untuk mendiskripsikan aplikasi SKHU Sementara dan Olah Nilai Ijazah ini.

Tentang Aplikasi SKHUS SD dan Olah Nilai Ijazah 2016

Aplikasi SKHU Sementara ini dibuat menggunakan Microsoft Excel 2007. Tentunya penggunaan akan lebih mudah karena sudah banyak yang familiar dengan aplikasi excel. Meskipun dibuat menggunakan microsoft excel 2007, tentunya dapat dioperasikan pada excel yang lebih tinggi versinya yaitu excel 2010 maupun Excel 2013. Format aplikasi ini adalah Excel Binarry (.xlb). Pada aplikasi ini menambahkan beberapa fungsi macro agar aplikasi dapat digunakan secara maksimal. Untuk itu sebelum menggunakannya harus mengktifkan ataupun mengenablekan macronya terlebih dahulu.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa sheet yaitu sheet untuk menu utama, sheet untuk entry nilai raport dari semester 7 - 11, sheet untuk rekap daftar nilai, sheet untuk cetak skhu sementara, dan sheet yang lainnya. Pada shett menu utama terdapat tombol-tombol navigasi untuk menuju sheet lainnya, dan terdapat menu pengaturan bobot nilai. Sheet untuk entry nilai berupa tabel nilai yang dibuat sedemikan rupa sehingga memberikan suasana yang nyaman saat entry nilai. Sheet daftar nilai juga berupa tabel nilai yang merpukan hasil pengolahan dari nilai-nilai yang dientrykan. Untuk sheet SKHU Sementara berisi format SKHU yang tentunya bisa berbeda di seteiap sekolah atau daerah, sehingga silahkan diedit sesuai keperluan dan hati-hati supaya rumus formula nilai agar tidak berubah. Rumus yang digunakan adalah vlookup yang mengambil data dari sheet daftar nilai. Selain cetak SKHU Sementara aplikasi ini terdapat format untuk Surat Pengumuman Kelulusan beserta amplopnya.

Panduan penggunaan aplikasi SKHU Sementara dan Pengolah Nilai

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah karena berbasis excel. Pertama Anda harus menuju sheet utama terlebih dahulu untuk melengkapi data sekolah. Tombol yang mngarah ke sheet entry juga terdapat pada sheet ini. Beberapa tombol pada aplikasi ini menggunakan macro, sehingga harus dienablekan macronya. Jangan lupa untuk mengatur prosentase bobot nilai ujian sekolah dan nilai raport, yang diatur pada sheet menu utama. Selain bobot nilai tetnukan juga format nilainya apakah menggunakan puluhan atau satuan. Setelah itu tentukan juga jumah angka dibelakang koma. Namun untuk mengentry nilai pada aplikasi ini harus menggunakan nilai puluhan rentang nilai yang bisa dimasukan adalah 10 sampai dengan 100. Untuk penampakan tampilan aplikasi Anda bisa melihatnya di video berikut: https://youtu.be/Hh-oO7brxNc

Download Aplikasi SKHU Sementara Tahun 2016

Untuk mendownloadnya aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan klik link berikut 
Setelah di downloah extrak terlebih dahulu filenya, dikarenakan file diupload dalam bentuk .rar. Nama filenya adalah Aplikasi_SKHUS_SD_2016_SIAP_03.rar. Ukuran filenya: 217 Kb

Kritik dan Saran

Tentunya masih banyak kekeurangan yang terdapat dalam aplikasi ini. Kritik, saran, dan koreksi dari pembaca sangat kami harapkan supaya aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan SKHU Sementara dan Pengolahan Nilai Ijazah. Anda dapat menyampaikanya melalui kotak komentar yang tersedia ataupun langsung kotak sms ke nomor yang tertera pada aplikasi tersebut.

Kiranya ini saja yang bisa saya sampaikan pada postingan ini, banyak kekurangya mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Postingan Pertama Blog tasADMIN

Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Singgih. Saya bekerja sebagai operator sekolah di salah satu Sekolah Dasar Negeri. Sebelumnya saya bekerja sebagai operator warnet. Untuk kontak Anda bisa mengunjungi link http://tasadmin.blogspot.co.id/p/contact.html. Untuk profil bisa mengunjungi http://tasadmin.blogspot.co.id/p/about.html
blog operator sekolah tasadmin
Ini merupakan postingan pertama di blog ini yang beralamatkan di www.tasadmin.blogspot.com. Sebelumnya saya telah membuat blog yang content atau isinya kurang begitu bagus dan kurang rapi. Saya membuat blog di sela-sela pekerjaan. Dengan blog ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pekerjaan sebagai operator sekolah. Selain berbagi pengalaman, melalui blog ini saya juga ingin sekaligus belajar dengan cara memposting artikel yang bersumber dari blog lain, maupun buku-buku panduan yang ada, yang tentunya akan selalu berusaha untuk menampilkan sumbernya yang akan ditampikan pada akhir postingan.
Untuk lebih lengkap mengenai blog ini bisa melihatnya di halaman http://tasadmin.blogspot.co.id/p/about.html

Isi blog ini berhubungan dengan administrasi sekolah, khususnya sekolah dasar. Untuk itu kami sampaikan secara tingkas administrasi di sekolah dapat dikelompokan menjadi beberapa hal sebagai berikut:
  1. Administrasi Kesiswaan
  2. Administrasi Sarana dan Prasarana
  3. Administrasi Personal atau Kepegawaian
  4. Administrasi Keuangan
  5. Administrasi Kurikulum
  6. Adminstrasi Hubungan Masyarakat (Humas)

Kerapihan administrasi tersebut diatas, tentunya untuk mendukung supaya sekolah dapat menacapi sekolah yang sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang dimana terdapat 8 Standar yaitu:
  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses Pendidikan
  4. Standar Pendidik dan Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prarasana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan Pendidikan
  8. Standar Penilaian
Saya berkeinginan memposting tentang hal yang berhubungan dengan kegiatan administrasi sekolah. Termasuk didalamnya aplikasi - aplikasi yang berbasis komputer. Karena sekarang sudah era online dan komputerisasi. Termasuk pendataan yang saat ini dikenal dengan DAPODIK atau Data Pokok Pendidikan. Didalam dapodik ini terdapat banyak isi data, yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan. Entitas Data adalah objek data pendidikan yang meliputi satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan substansi pendidikan. Pemberlakuan dapodik ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan yang telah ditetapkan sekaligus diundangan pada tanggal 31 Desember 2015

Isi blog ini tentunya masih sangat banyak kekurangan, terutama isinya yang dikarenakaan kurangnya pengetahuan saya akan hal tersebut. Untuk itu kiranya pembaca dapat memberikan komentar kritik, saran, dan koreksi yang bermanfaat agar isi dari sebuah tulisan di blog ini menjadi lebih baik. Anda bisa menyampaikannya melalui kotak komentar yang tersedia, atau bisa langsung kontak saya.

Itulah hal-hal yang bisa saya posting dalam kesempatan ini. Semoga blog ini bisa bermanfaat khusunya untuk diri saya peribadi, dan pembaca pada umummya. Terima kasih

Baca ini?

Diberdayakan oleh Blogger.