Yuk Menyusun Aplikasi Penilaian Raport Kurikulum 2013 Revisi

Terima kasih, telah menyempatkan untuk membaca tulisan ini. Pada postingan ini saya ingin memposting keinginan saya untuk menyusun aplikasi penilian raport kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar (SD). Aplikasi yang ingin disusun adalah aplikasi yang berbasis microsoft excel.

Bedasarkan panduan penilaian yang diterbitkan Kemdikbud, juknis yang terakhir terbit adalah per Desember 2015. Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang komprehensif dan objektif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Panduan ini juga sekaligus pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akutabel dan informative.

Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang teknik-teknik penilaian, dilengkapi contoh serta langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor. Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih professional sehingga pada akhirnya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Sebulum melangkah lebih jauh tentang penyusunan aplikasi ini, saya sampaikan dulu bahwa saya operator sekolah yang tidak mengikuti pelatihan maupun sosialisasi tentang Kurikulum 2013.

1. Tujuan utama aplikasi raport kurtilas ini adalah pembuatan nilai diskripsi otomatis, namun saya masih belum bisa menuliskan rumus logika yang tepat hingga pada akhirnya nilai deksripsi muncul sebagai kalimat yang luwes, dari sisi isi, maupun penulisan yang sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti penggunakan tanda hubung (dan, serta) serta penggunakan tanda baca (titik, koma).

nilai ndeskripsi sikap spiritual kurtilas

Berikut ini isi tentang juknis penulisan deskripsi sikap.
Berikut adalah rambu-rambu rumusan deskripsi nilai sikap selama satu semester:

A. Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya:
... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu
bimbingan dalam hal ...

B. Deskripsi sikap menyebutkan perkembangan sikap peserta didikyang sangat baik danatau baik dan yang mulai atau sedang berkembang.

C. Apabila peserta didik tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap peserta didik tersebut diasumsikan BAIK.

D. Dengan ketentuan bahwa sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilaisikap peserta didikberdasarkan sikap peserta didik pada masa akhir semester. Oleh karena itu, sebelum deskripsi sikap akhir semester dirumuskan, guru muatan pelajaran dan guru kelas harus memeriksa jurnal secara keseluruhan hingga akhir semester untuk melihat apakah telah ada catatan yang menunjukkan bahwa sikap peserta didik tersebut telah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.

E. Apabila peserta didik memiliki catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan peserta didik tersebut belum menunjukkan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap peserta didik tersebut dirapatkan dalam forum dewan guru pada akhir semester.


Dari gambar contoh diatas Guru membuat deksripsi raport.
nilai deskripsi nilai sikap sosial kurikulum 2013

2. Ingin dibua aplikasi untuk masing-masing kelas sehingga supaya mudah digunakan. Tiap kelas terdiri dari beberapa tema yang terdapat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Sya butuh bantuan dari para guru untuk pemetaan KD dari KI-3 per subtema
pemetaan kd persubtema kurtilas


3. Deksripsi pengetahuan dan ketrampilan diambil dari KD nilai maksimum dan minimum Rentang nilai pengetahuan sebagai berikut.
Sangat baik : 86-100
Baik : 71-85
Cukup : 56-70
Perlu bimbingan : ≤ 55
menentukan niali diskripisi kurtilas


4. Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat template raportnya, yang nantiknya kita isikan data menggunakan rumus vlookup.

aplikasi penilaian kurikulum 2013 excel


Demikian keinginan saya untuk menyusun aplikasi raport kurtilas edisi revisi, bagi yang ingin ikut berpartisipasi silahkan inbok, Terima kasih atas perhatiaanya..

=====
HEHEE,, GUA LAGI GAGAL PAHAMM NICH...

SILAHKAN berpartisipasi,
cara menentukan deskripsi raport
dengan menjawab A, B, C, atu D

Kepada bapak Ibu Guru SD Pelaksana Kurikulum 2013 ataupun siapa saja yang berkenan berpartisipasi, kami mohon pencerahannya...

>>>sesuai panduan penilaian untuk SD Th 2015 tertulis sbb:

"Pada penilaian sikap diasumsikan bahwa setiap peserta didik memiliki perilaku
yang baik. Jika tidak dijumpai perilaku yang sangat baik atau kurang baik, maka nilai
sikap peserta didik tersebut adalah baik dan sesuai dengan indikator yang diharapkan.
Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dijumpai selama proses pembelajaran
dimasukkan ke dalam jurnal atau catatan guru."

Selanjutnya saya mau bertanya,
Pada contoh deskripsi panduan tersebut, siswa nomor 4 yaitu Lukito tidak ada catatan kompetensi sikap "Taat Beribadah" dan "Berdoa". untuk itu pada deskripsinya tidak ada penilaian (atau penyebutan) deskripsi untuk kompetensi "Taat Beribadah" dan "Berdoa".

A. Tidak masalah, karena sudah sesuai dengan bunyi juknis.

B. Seharusnya ditulis, karena asumsinya kompetensi sikap Taat "Beribadah" dan "Berdoa", adalah BAIK

C. Tidak Ikut Menjawab

D. Jawaban tersendiri (sebutkan)

SILAHKAN berpartisipasi, dengan menjawab A, B, C, atu D

Terima kasih, semoga bermanfaat


Baca ini?

Diberdayakan oleh Blogger.