Home » , , » Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD

Aplikasi Administrasi Ujian Sekolah SD

Ujian Sekolah merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sekolah. Siswa dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui Ujian Sekolah. Untuk memperlancar kegiatan tersebut dibutuhkan administrasi yang baik pula. Aplikasi Administrasi ujian ini berbasis excel yang bertujuan untuk mempermudah dalam membuat aplikasi ujian sekolah, sehingga dapat memperlancar kegiatan tersebut. Aplikasi ini dikhususkan untuk Sekolah Dasar karena memang saat ini saya bekerja pada sebuah sekolah dasar (SD), yang mungkin masih sangat sederhana. Aplikasi ini terdiri dari beberapa sheet, yang isinya kurang lebih sebagai berikut.
aplikasi format excel administrasi ujian sekolah
menu aplikasi administrasi US


  1.  Daftar Isi Administrasi Ujian Sekolah  (US)
  2. Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah (US)
  3. Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US)
  4. Jadwal Pelaksanaan Ujian Sekolah (US)
  5. Rekapitulasi Peserta Ujian Sekolah (US)
  6. Daftar Peserta Ujian Sekolah (US)
  7. Daftar Pengawas Ujian Sekolah (US)
  8. Denah Lokasi Ruang Ujian Sekolah (US)
  9. Denah Tempat Duduk (US)
  10. Tanda Bel Pelaksanan Ujian Sekolah (US)
  11. Daftar Hadir Peserta Ujian Sekolah (US)
  12. Daftar Peserta yang Tidak Mengikuti Ujian Sekolah (US)
  13. Daftar Hadir Pengawas Ujian Sekolah (US)
  14. ID Card Pengawas (US)
  15. Poster Tempel Ruang Ujian
  16. Poster Tulisan Dilarang Masuk Selain Peserta Dan Pengawas US
  17. Kartu Peserta Ujian Sekolah
  18. Berita Serah Terima Naskah Soal Ujian
Format administrasi ujian sekolah tiap sekolah atau tiap daerah bisa berbeda-beda, namun format diatas adalam format administrasi yang digunakan di tempat saya berkerja. Sebelum dibendel bisa menggunakan snell transparan dahulu, untuk mengantisipasi ada kesalahan atau perbaikan, dan jika kegiatan sudah selesai bisa kita bendel supaya rapi untuk keperluan arsip.

Untuk menggunakanya, kita terlebih dahulu mengisi data identitas sekolah pada shete menu: yaitu Kabupaten, Dinas, UPT, Sekolah, Alamat, Telepon, Website, Nama Sekolah, Nama Administrasi,Tahun Pelajaran, Tanggal pembuatan administrasi, Nama Kepala Sekolah, dan  NIP Kepala Sekolah.

Selanjutnya kita mengisi data pengawas pada sheet data pengawas, yaitu nama dan nip. Data ini akan digunakan pada sheet selanjutnya. seperti pada daftar pengawas, daftar hadir pengawas, id card, dan berita serah terima naskah soal Ujian Sekolah (US).

Setelah itu kita sesuaikan lembar atau sheet berikutnya, beberapa data akan terisi otomatis yang mengambil dari sheet menu dan sheet data pengawas. Aplikasi ini tidak full otomatis, beberapa harus kita entri atau edit manual.

Sebelumnya format administrasi adalah format word, kami coba ke format excel untuk mempermudah memasukan data atau mengkopy paste data, khususnya data siswa. Aplikasi ini masih terdapat banyak kekurangan, dan terlebih format administrasi ujian sekolah masing-masing berbeda.

Download Aplikasi:
Anda dapat mendownloadnya melalui laman berikut ini:
http://deuniv.blogspot.co.id/2017/03/administrasi-ujian-sekolah.html


Itulah yang bisa saya posting, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk isi blog yang lebih baik.

Baca ini?

Diberdayakan oleh Blogger.